Pembelajaran 2 Subtema 3 Energi Alternatif
Sunday, November 24, 2019
Edit
Gerak Angin sebagai Energi Alternatif
Udin dan kawan-kawan sedang mencar ilmu wacana angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Mereka menentukan bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga sanggup angin yang cukup.
Angin diharapkan untuk menerbangkan layang-layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain layang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan menentukan bermain di sore hari. Karena angin pada siang hingga sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang.
Zaman dahulu angin sudah dipakai dalam kehidupan manusia. Angin dipakai untuk menggerakkan bahtera layar. Angin juga dipakai untuk menggerakkan roda penggilingan padi.
Gerak angin sanggup dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif ialah energi pengganti materi bakar minyak. Gerak angin sanggup diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini dipakai sebagai pengganti materi bakar minyak.
Energi angin sanggup dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB). Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik memakai kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.
Ayo Berlatih
Cobalah mewawancarai sobat atau orang cukup umur di sekitarmu!
Tanyakan beberapa hal berikut ini!
Tuliskan laporan hasil wawancara pada daerah yang tersedia!
Sampaikan laporan hasil wawancara di depan teman-temanmu!
Ayo Mencoba
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang gampang didapat dari alam. Angin juga sanggup dipakai untuk menerbangkan layang-layang. Bermain layang-layang sangat menyenangkan.
Bermain layang-layang memakai tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga sanggup dipakai untuk permainan lainnya.
Mari mencoba bermain tali. Membentuk karakter memakai tali sambil menggerakkan badan. Ikutilah gerakan berikut ini!
Ayo Membaca
Menikmati energi yang tersedia ialah hak manusia. Kewajiban insan ialah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang.
Anak-anak mempunyai hak untuk bermain. Kewajiban anak ialah membagi waktu bermain dan mencar ilmu dengan benar.
Memberi kesempatan kepada semua sobat biar sanggup ikut bermain, termasuk pola perilaku memenuhi hak.
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.
Ayo Berlatih
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua sobat mau bermain denganmu. Ini artinya kau sudah mendapat hak bermain. Sebutkan 5 kewajibanmu dikala bermain!
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Menerima hak dan melaksanakan kewajiban sesuai kemampuanmu. Agar semua hal sanggup berjalan dengan baik.
Udin dan kawan-kawan sedang mencar ilmu wacana angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Mereka menentukan bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga sanggup angin yang cukup.
Angin diharapkan untuk menerbangkan layang-layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain layang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan menentukan bermain di sore hari. Karena angin pada siang hingga sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang.
Zaman dahulu angin sudah dipakai dalam kehidupan manusia. Angin dipakai untuk menggerakkan bahtera layar. Angin juga dipakai untuk menggerakkan roda penggilingan padi.
Gerak angin sanggup dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif ialah energi pengganti materi bakar minyak. Gerak angin sanggup diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini dipakai sebagai pengganti materi bakar minyak.
Energi angin sanggup dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB). Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik memakai kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.
Ayo Berlatih
Cobalah mewawancarai sobat atau orang cukup umur di sekitarmu!
Tanyakan beberapa hal berikut ini!
- Apakah mereka mengetahui wacana Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB)?
- Darimana mereka mengetahui hal tersebut?
- Apa laba dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif?
- Apa kesulitan dari penggunaan angin bayu sebagai sumber energi alternatif?
Tuliskan laporan hasil wawancara pada daerah yang tersedia!
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa orang ternyata mereka sudah mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu. Mereka mengetahui PLTB dari beberapa sumber menyerupai buku dan juga dari Internet. Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu memang sangat mengunungkan. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu mempunyai sumber energi yang jumlahnya besar dan terus menerus ada di alam. Namun sayangnya untuk menghasilkan energi alternatif dari Angin membutuhkan biaya yang sangat besar. Sampai dengan dikala ini masih belum banyak dipakai alasannya ialah membutuhkan biaya yang besar.
Sampaikan laporan hasil wawancara di depan teman-temanmu!
Ayo Mencoba
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang gampang didapat dari alam. Angin juga sanggup dipakai untuk menerbangkan layang-layang. Bermain layang-layang sangat menyenangkan.
Bermain layang-layang memakai tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga sanggup dipakai untuk permainan lainnya.
Mari mencoba bermain tali. Membentuk karakter memakai tali sambil menggerakkan badan. Ikutilah gerakan berikut ini!
- Siapkan dua pasang bambu seukuran pensil untuk masing-masing pemain.
- Ikatkan tali pada ujung pensil. Ukuran tali lebih panjang dari pensil
- Gerakan pertama ialah berlatih menggerakkan tali. Caranya ialah menggerakkan tangan ke kiri dan ke kanan.
- Gerakan kedua meliukkan tubuh dari kiri ke kanan. Sambil meliukkan badan, tangan menggerakkan bambu ke kiri dan ke kanan. Lakukan aktivitas kombinasi gerakan berikut! Gerakan tubuh menyerupai menirukan gerak daun tertiup angin
- Gerakan keempat berjalan sambil meliuk dan mengayun tali. Langkah pertama mulai dari kaki sebelah kiri. Kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Badan meliuk ke arah kiri. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kiri. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.
- Gerakan kelima kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Badan meliuk ke arah kanan. Saat meliukkan badan, ayunkan kedua tangan ke arah kanan. Ayunkan tangan untuk menggerakkan tali.
Ayo Membaca
Menikmati energi yang tersedia ialah hak manusia. Kewajiban insan ialah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang.
Anak-anak mempunyai hak untuk bermain. Kewajiban anak ialah membagi waktu bermain dan mencar ilmu dengan benar.
Memberi kesempatan kepada semua sobat biar sanggup ikut bermain, termasuk pola perilaku memenuhi hak.
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.
Ayo Berlatih
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua sobat mau bermain denganmu. Ini artinya kau sudah mendapat hak bermain. Sebutkan 5 kewajibanmu dikala bermain!
- Meminta ijin kepada orang bau tanah sebelum berangkat bermain bersama teman.
- Bermain sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
- Bermain dengan hati-hati biar tidak terjadi kecelakaan atau hal-hal yang merugikan.
- Membersihkan mainan atau merapikan mainan sehabis digunakan.
- Mematuhi tata tertib dikala bermain dengan teman.
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Menerima hak dan melaksanakan kewajiban sesuai kemampuanmu. Agar semua hal sanggup berjalan dengan baik.