Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran

Media adonan yaitu dua atau lebih media yang dipakai dalam karya tunggal seni, contohnya logam dan kayu, atau logam, kayu dan batu. Dalam pembuatan produk kerajinan dengan memakai satu jenis materi terkadang banyak menemui kendala. Kendala yang biasa didapat mirip terbatasnya materi baku, bentuk produk yang monoton, dan kurang terlihat modern.

Sebagai pengrajin perlu juga meningkatkan inspirasinya untuk melaksanakan perubahan perubahan bentuk pada produk kerajinan. Salah satunya yaitu dengan memakai media campuran. Adapun prinsip perubahan strateginya yaitu sebagai berikut :
  1. Merupakan penggabungan dari banyak sekali materi yang tidak mempunyai reaksi kimia tertentu saat dilakukan penggabungan, contohnya materi yang dipakai sanggup menciptakan materi lainnya terkikis atau berkarat dan sebagainya.
  2. Bahan yang dipakai terdiri dari banyak sekali jenis. Tidak hanya satu saja melainkan lebih dari satu, sanggup dua, tiga atau lebih. Semua bergantung kepada rancangan kebutuhan dari produk kerajinan yang akan dibuat.
  3. Bahan sanggup terdiri dari materi homogen, atau heterogen. Misalnya materi alam dengan materi alam, materi buatan dengan materi buatan, sanggup pula materi alam dengan buatan. Tidak terjadi perubahan fisik pada salah satu materi yang digabungkan, contohnya terjadi lelehan sehabis direkatkan dan sebagainya.
  4. Masing-masing materi mempunyai karakteristik sendiri yang saling mendukung terwujudnya keindahan (estetika) dari sebuah produk kerajinan yang dibuat.
  5. Penggabungan materi yang dilakukan harus sanggup menyatu dengan materi lainnya, sehingga terjadi kesatuan dan harmonisasi.

A. Menyederhanakan Bentuk dengan Mengurangi atau Menambah Bentuk Produk Kerajinan Berbasis Media Campuran (Stilasi)
Menyederhanakan bentuk dengan cara mengurangi atau menambah bentuk, prinsip yang harus dilakukan dalam tahap perancangan yaitu sebagai berikut:
  1. Pesan eksplisit pada produk harus jelas, apakah sebagai produk fungsional ataukah sebagai produk hias,
  2. Pesan yang bersifat implisit pun harus diperhatikan, apakah produk kerajinan membawa pesan infomatif atau prestige,
  3. Bahan yang tersedia semenjak awal sanggup menjadi modal perancangan produk kerajinan, namun sanggup pula materi yang diharapkan disiapkan sehabis perancangan,
  4. Produk kerajinan sebagai materi asal untuk dilakukan penyederhanaan bentuk harus disiapkan, apakah bentuknya gambar ataupun bentuk langsung,
  5. 5) perhatikan penghematan bahan, biar produksi sanggup dilakukan
  6. sebanyak mungkin dengan banyak sekali bentuk rancangan.

TUGAS 3
Identifi kasi Produk Kerajinan Berbasis Media Campuran dengan Penyederhanaan Bentuk
  1. Beraneka bentuk karya kerajinan berbasis media adonan yang disederhanakan bentuknya dan karakteristik apa saja yang sanggup kalian jelaskan.
  2. Jika menemui hal lain tambahkanlah pada kolom baru.
  3. Ungkapkan perasaan yang timbul terhadap karunia Tuhan menurut produk kerajinan berbasis media adonan tersebut.

LEMBAR KERJA-1 (LK-1)
BentukFungsiApa yang dikurangi
atau ditambah
Teknik
Hiasan Kepala Penari baliFungsi hiasDisederhanakan menjadi hiasan ruangan sekaligus kap lampuPaduan materi logam dan kayu serta besi sebagai penyangga.
Hiasan Meja dari KerangFungsi hiasTambahan aksen seperlunya sebagai hiasan lemari atau mejaDitambah bentuknya menjadi mempunyai kaki sehingga sanggup berdiri
Pot BungaFungsi hiasTambahan aksen seperlunya sebagai hiasan ruanganDitambah bentuknya menjadi mempunyai kaki sehingga sanggup berdiri
Sandal KayuFungsi pakaiDisederhanakan menjadi hiasan ruanganPaduan materi kayu dan logam besi sebagai penyangga hiasan
Teko KeramikFungsi pakaiDisederhanakan menjadi hiasan ruanganPaduan materi keramik dan rotan sebagai pegangan hiasan
Ungkapan Perasaan :
Merasa besar hati dan bersyukur kepada Tuhan YME dan bangsa,

B. Merubah Bentuk Produk Kerajinan Berbasis Media Campuran (Deformasi)
Selain dengan cara menyederhanakan bentuk, kerajinan berbasis media adonan sanggup pula dilakukan dengan memakai cara merubah bentuk sampai menjadi bentuk yang benar-benar baru. Deformasi yaitu perubahan bentuk yang terjadi secara permanen.

Beberapa teladan merubah bentuk kerajinan berbasis media adonan antara lain sebagai berikut :
Media adonan yaitu dua atau lebih media yang dipakai dalam karya tunggal seni Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran
  1. Produk kerajinan terbuat dari materi kayu. Meskipun tidak terlihat terperinci paduan materi yang digunakan, namun sesungguhnya bangku ini mempunyai adonan materi kayu yang dibuat sedemikian rupa sampai tidak nampak. Fungsinya sebagai kursi, namun bentuknya sudah dirubah sehingga tidak mirip bangku yang sebenarnya.
  2. Produk kerajinan berbasis media campuran. Karya ini terbuat dari keramik, fungsinya sebagai mangkuk, namun bentuknya sudah diubah terutama pada bab dekorasi bab dalamnya, sehingga tidak maksimal berfungsi sebagai mangkuk. Namun keramik ini tetap dipakai sebagai wadah bunga atau lilin.

TUGAS 4
Cari tahu perihal produk kerajinan berbasis media adonan Lakukan bersama kelompok, carilah warta sebanyak-banyaknya dari banyak sekali media informasi.

Piring Hias Keramik Pajangan Dinding

Piring yaitu alat makan yang berbentuk datar dan juga ada yang sedikit cekung, di mana masakan disajjkan, terbuat dari kaca, rotan, porselen, batu, plastik, logam, atau gelas bahkan yang semakin berkembang terbuat dari melamin. Kadang-kadang kayu juga digunakan. Ada juga piring yang berfungsi sebagai penghias ruangan, biasanya berupa piring yang banyak hiasannya atau berbahan logam mulia atau kerikil mulia.

Piring juga ada majemuk ukuran. Untuk piring sekali pakai biasanya dipakai materi dari kertas atau styrofoam. Seiring perkembangan zaman, piring tidak hanya menjadi alat makan. Piring juga sanggup dipakai untuk keperluan lain mirip sebagai souvenir, plakat, dan media promosi.
Media adonan yaitu dua atau lebih media yang dipakai dalam karya tunggal seni Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran
Mendekorasi dinding dengan piring bekerjsama bukan sesuatu yang baru. Banyak yang menentukan piring-piring sebagai penghias dinding alasannya yaitu selain akan mempercantik ruangan juga menjadikannya lebih unik. Terutama bila kau punya koleksi piring yang antik.

Piring fungsi utamanya yaitu sebagai peraltan makan, namun dengan menambahkan sedikit hiasan benbentuk bunga ternyata piring sanggup dipakai sebagai hiasan dinding yang sangat menarik.

LEMBAR KERJA-2 (LK-2)
Mencari warta produk kerajinan berbasis media adonan yang dikerjakan dengan proses disederhanakan atau diubah bentuk.
  1. Carilah warta dari sumber bacaan dan media online perihal karya kerajinan berbasis media adonan yang disederhanakan atau diubah bentuknya.
  2. Kumpulkan catatan pertanyaan yang harus kalian cari tahu terkait dengan produk kerajinan berbasis media campuran.
  3. Buatlah gambar atau ambil foto dari produk kerajinan berbasis media adonan yang disederhanakan atau diubah bentuknya.
  4. Catatlah semua inovasi yang didapatkan.
  5. Buatlah laporan hasil inovasi kelompokmu dan sajikan secara menarik dan artistik.
  6. Presentasikan di depan kelas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel