Pengaruh Listrik Terhadap Kehidupan Masyarakat Di Lingkunganku

Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik. Dengan adanya listrik, berbagai manfaat yang sanggup kita peroleh. Listrik menciptakan orang hidup lebih nyaman sebab banyak pekerjaan yang sanggup terbantu. Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia.

Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar mencicipi pendidikan di sekolah. Dengan usaha keras dan semangat pantang menyerah, beliau akhirnya berhasil menciptakan alat sederhana pertama yang sanggup menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Indonesia mempunyai kebutuhan listrik yang besar, dikala ini listrik tidak hanya ada di kota besar saja. Namun energi listrik ada di pelosok desa sehingga listrik sudah masuk desa. Listrik yakni kebutuhan utama rakyat Indonesia, tanpa listrik roda ekonomi di Indonesia sanggup macet total. Pasalnya banyak pabrik dan industri besar yang memakai listrik dan bergantung pada listrik.

Dalam kehidupan sehari-hari pun insan mengandalkan listrik, mulai dari memasak, berguru dan masih banyak lagi lainnya. Manusia membutuhkan energi listrik untuk kehidupannya. Banyak sekali manfaat energi listrik untuk kehidupan ini,

Ayo Mengamati
Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan sesudah ada listrik?
Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik Pengaruh Listrik terhadap Kehidupan Masyarakat di Lingkunganku
Sebelum ditemukan listrik (dulu)Setelah ditemukan listrik (sekarang)
  1. Menyetrika baju memakai setrika arang
  2. Komunikasi hanya dilakukan secara tatap muka di satu wilayah saja.
  3. Masyarakat hanya bekrja di siang hari.
  4. Belajar penerangannya  memakai lampu minyak.
  5. Kegiatan pentas seni tradisional dan sejenisnya hanya dilakukan di siang hari.
  1. Menyetrika baju memakai setrika listrik
  2. Bisa melaksanakan komunikasi jarak jauh, jalan masuk gosip semakin tinggi.
  3. Kegiatan bekerja sanggup dilakukan di malam hari.
  4. Belajar lebih nyaman dengan adanya lampu listrik
  5. Kegiatan pentas seni tradisional dan sejenisnya sanggup dan banyak dilakukan di malam hari.
Sekarang amati lingkungan sekitarmu!
Temukan sebanyak mungkin efek listrik dalam kehidupan di bidang sosial dan budaya di lingkungan kawasan tinggalmu! Kamu sanggup memakai tabel hasil diskusi kelompok, atau melaksanakan wawancara dengan guru, pegawai sekolah, dan petugas lainnya yang ada di sekolah. Tuliskan dalam peta pikiran berikut:
Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik Pengaruh Listrik terhadap Kehidupan Masyarakat di Lingkunganku
Meski diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, kita dilarang boros begitu saja dalam memakai energi listrik. Hal itu dikarenakan biaya listrik akan semakin mahal, kalau sudah mahal kita sendiri yang akan menanggung akibatnya. Saat ini, anggaran pemerintah untuk listrik membengkak. Kaprikornus pemerintah sering mengadakan pemadaman listrik bergilir. Hal itu untuk menghemat anggaran pemerintah untuk listrik. Meski tidak lama, pemadaman listrik bergilir itu sering menciptakan banyak orang kacau dalam menjalankan aktivitasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel