Pembelajaran 6 Subbtema 2 Perubahan Energi
Sunday, November 24, 2019
Edit
Kalian sudah mempelajari bahwa perubahan energi selalu terjadi kapanpun dan di manapun. Seringkali kita tidak menyadari terjadinya perubahan energi. Contohnya, ketika menonton televisi. Kalian tidak menyadari bahwa telah terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya.
Perubahan energi lainnya yang sering tidak disadari, contohnya ketika buah jatuh. Saat buah jatuh juga terjadi perubahan energi. Perubahan tersebut energi gerak menjadi energi bunyi. Perubahan energi yakni insiden yang setiap ketika sanggup diamati. Sekarang, susunlah info perubahan energi. Mulai dari bangkit tidur hingga kau datang di sekolah. Lihat tabel berikut untuk membantumu!
Ayo Berdiskusi
Energi yakni karunia Tuhan yang sangat besar. Manusia tidak bisa membuat energi. Manusia juga tidak bisa memusnahkannya. Manusia hanya bisa mengubah bentuknya. Perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Perubahan inilah yang sanggup dimanfaatkan.
Siapapun berhak memanfaatkan energi yang ada di muka bumi ini. Namun, bila ada hak, maka akan ada kewajiban yang harus ditunaikan. Contohnya kita berhak memakai listrik. Akan tetapi kita juga berkewajiban membayar rekening listrik.
Sekarang, lengkapi tabel berikut! Isi dengan hak dan kewajiban yang saling berhubungan. Selain itu juga yang terkait dengan penggunaannya. Diskusikan bersama temanmu!
Ayo Berlatih
Lama dan besarnya penggunaan energi listrik mempengaruhi besarnya biaya yang harus dibayar. Tentukan usang penggunaan alat-alat listrik pada soal-soal berikut! Kemudian, bandingkan penggunaan alat-alat tersebut dari yang paling usang hingga yang paling besar biaya listriknya. Selesaikan soal-soal berikut! Kerjakan di buku tugasmu!
1. Hari Minggu, ibu menyalakan mesin air dari pukul 04.30 hingga dengan pukul 05.00 atau 04.30-05.00. Pada hari senin ibu menyalakan mesin air dari pukul 04.45 hingga dengan pukul 06.15. Pada hari apakah ibu lebih usang menyalakan mesin air?
Hari Minggu :
04.60 (pinjam 1 jam (60 menit))
04.30 -
00.30 (30 menit)
Hari Senin :
05.75 (pinjam 1 jam (60 menit))
04.45 -
01.30 (1 Jam 30 menit)
Kaprikornus hari Senin ibu menyalakan mesin air lebih lama.
2. Ketika pulang sekolah, Fahmi duduk beristirahat sambil membaca buku cerita. Dia membaca dari pukul 13.30–14.30. Pada sore hari sepulang mengaji, Fahmi melanjutkan membaca buku dari pukul 17.00–17.30. Kapan Fahmi membaca lebih lama?
Siang hari :
14.30
13.30 -
01.00 ( 1 jam)
Sore hari
17.30
17.00 -
00.30 (30 menit)
Kaprikornus Fahmi membaca paling usang ketika membaca di siang hari.
3. Setiap pagi, ibu mencuci pakaian memakai mesin cuci. Selanjutnya, ibu melicinkannya dengan seterika listrik. Hari ini, ibu mulai mencuci dari pukul 06.30 - 07.15. Kegiatan menyeterika dilakukan dari pukul 14.00-15.30. Kegiatan mana yang lebih singkat?
Mencuci :
06.75 (pinjam 1 jam (60 menit))
06.30 -
00.45 (45 menit(
Menyetrika :
15.30
14.00 -
01.30 ( 1 jam 30 menit)
Kaprikornus acara yang lebih singkat yakni mencuci baju.
4. Ibu menyiapkan nasi goreng, roti panggang, dan susu untuk sarapan. Ibu menyiapkan nasi goreng dari pukul 05.30–05.45. Setelah itu, ibu menyiapkan roti panggang dan susu. Pukul 05.55 sarapan sudah siap di meja. Mana yang lebih usang dilakukan ibu? Menyiapkan nasi goreng atau menyiapkan roti panggang dan susu?
Menyiapkan nasi goreng :
05.45
05.30 -
00.15 (15 menit)
Menyiapkan roti panggang :
05.55
05.30 -
00.25 (25 menit)
Kaprikornus yang lebih usang dilakukan yakni menyiapkan roti panggang.
Perubahan energi lainnya yang sering tidak disadari, contohnya ketika buah jatuh. Saat buah jatuh juga terjadi perubahan energi. Perubahan tersebut energi gerak menjadi energi bunyi. Perubahan energi yakni insiden yang setiap ketika sanggup diamati. Sekarang, susunlah info perubahan energi. Mulai dari bangkit tidur hingga kau datang di sekolah. Lihat tabel berikut untuk membantumu!
No. | Peristiwa/kegiatan | Perubahan energi |
---|---|---|
1. | Menyalakan lampu kamar tidur. | Perubahan energi listrik menjadi energi cahaya. |
2. | Menyalakan pompa air untuk mengisi kolam mandi | Perubahan energi listrik menjadi energi gerak, |
3. | Ibu memasak nasi memakai penanak nasi listrik | Perubahan energi listrik menjadi energi panas. |
4. | Berangkat ke sekolah naik sepeda | Perubahan energi kimia menjadi energi gerak. |
5. | Penjaga sekolah membunyikan bel listrik | Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi. |
Ayo Berdiskusi
Energi yakni karunia Tuhan yang sangat besar. Manusia tidak bisa membuat energi. Manusia juga tidak bisa memusnahkannya. Manusia hanya bisa mengubah bentuknya. Perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Perubahan inilah yang sanggup dimanfaatkan.
Siapapun berhak memanfaatkan energi yang ada di muka bumi ini. Namun, bila ada hak, maka akan ada kewajiban yang harus ditunaikan. Contohnya kita berhak memakai listrik. Akan tetapi kita juga berkewajiban membayar rekening listrik.
Sekarang, lengkapi tabel berikut! Isi dengan hak dan kewajiban yang saling berhubungan. Selain itu juga yang terkait dengan penggunaannya. Diskusikan bersama temanmu!
No. | Hak | Kewajiban |
---|---|---|
1. | Mendapatkan makanan dan minuman untuk memperoleh energi. | Menghabiskan makanan yang sudah diambil atau diberikan. |
2. | Menggunakan lampu listrik pada ketika berguru di malam hari. | Membayar rekening listrik setiap bulannya kepada PLN. |
3. | Menggunakan angkutan umum ketika berangkat ke sekolah | Membayar biaya / ongkos naik angkutan umum |
4. | Menggunakan penyejuk ruangan ketika berguru di ruang kelas | Merawat penyejuk ruangan semoga tetap sanggup dipakai dengan baik. |
5. | Menggunakan alat / media berguru di sekolah | Menggunakan dan merawatnya dengan baik |
Ayo Berlatih
Lama dan besarnya penggunaan energi listrik mempengaruhi besarnya biaya yang harus dibayar. Tentukan usang penggunaan alat-alat listrik pada soal-soal berikut! Kemudian, bandingkan penggunaan alat-alat tersebut dari yang paling usang hingga yang paling besar biaya listriknya. Selesaikan soal-soal berikut! Kerjakan di buku tugasmu!
1. Hari Minggu, ibu menyalakan mesin air dari pukul 04.30 hingga dengan pukul 05.00 atau 04.30-05.00. Pada hari senin ibu menyalakan mesin air dari pukul 04.45 hingga dengan pukul 06.15. Pada hari apakah ibu lebih usang menyalakan mesin air?
Hari Minggu :
04.60 (pinjam 1 jam (60 menit))
04.30 -
00.30 (30 menit)
Hari Senin :
05.75 (pinjam 1 jam (60 menit))
04.45 -
01.30 (1 Jam 30 menit)
Kaprikornus hari Senin ibu menyalakan mesin air lebih lama.
2. Ketika pulang sekolah, Fahmi duduk beristirahat sambil membaca buku cerita. Dia membaca dari pukul 13.30–14.30. Pada sore hari sepulang mengaji, Fahmi melanjutkan membaca buku dari pukul 17.00–17.30. Kapan Fahmi membaca lebih lama?
Siang hari :
14.30
13.30 -
01.00 ( 1 jam)
Sore hari
17.30
17.00 -
00.30 (30 menit)
Kaprikornus Fahmi membaca paling usang ketika membaca di siang hari.
3. Setiap pagi, ibu mencuci pakaian memakai mesin cuci. Selanjutnya, ibu melicinkannya dengan seterika listrik. Hari ini, ibu mulai mencuci dari pukul 06.30 - 07.15. Kegiatan menyeterika dilakukan dari pukul 14.00-15.30. Kegiatan mana yang lebih singkat?
Mencuci :
06.75 (pinjam 1 jam (60 menit))
06.30 -
00.45 (45 menit(
Menyetrika :
15.30
14.00 -
01.30 ( 1 jam 30 menit)
Kaprikornus acara yang lebih singkat yakni mencuci baju.
4. Ibu menyiapkan nasi goreng, roti panggang, dan susu untuk sarapan. Ibu menyiapkan nasi goreng dari pukul 05.30–05.45. Setelah itu, ibu menyiapkan roti panggang dan susu. Pukul 05.55 sarapan sudah siap di meja. Mana yang lebih usang dilakukan ibu? Menyiapkan nasi goreng atau menyiapkan roti panggang dan susu?
Menyiapkan nasi goreng :
05.45
05.30 -
00.15 (15 menit)
Menyiapkan roti panggang :
05.55
05.30 -
00.25 (25 menit)
Kaprikornus yang lebih usang dilakukan yakni menyiapkan roti panggang.