Ciri Ciri Bahasa Iklan Elektronik
Tuesday, January 28, 2020
Edit
Televisi merupakan media iklan elektronik yang paling efektif. Melalui televisi kreativitas penyampaian para pembuat iklan akan lebih maksimal. Penuangan kreativitasnya pun bisa dalam banyak sekali bentuk, kreasinya sanggup berupa animasi dua dimensi ataupun tiga dimensi, testimoni, dan lagu produk yang diiklankan. Kreativitas penyampaian iklan sangat memilih menarik tidaknya sebuah iklan.
Iklan elektronik yaitu iklan yang penyebarannya memakai media elektronik. Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga jenis iklan elektronik yaitu iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Salah satu unsur yang sanggup dipakai untuk menarik pelanggan yaitu kalimat iklan. Perhatikan teladan iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.
“Segar nyatanya memang menyegarkan”
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas. Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya.
Contoh iklan selanjutnya yaitu iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kau lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jikalau lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.
Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan bisa menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jikalau menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata sampai berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menawarkan adanya pilihan kata yang dipakai untuk menawarkan target iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan warta yang dipentingkan.
Berdasarkan kedua teladan iklan televisi di atas, sanggup dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang bisa menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.
Ayo Berlatih
Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang bisa menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.
1. Produk yang diiklankan:
Mi Sedap Instant
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas
2. Produk yang diiklankan:
Bimbingan Belajar
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menonjolkan warta yang dipentingkan, dan jelas
3. Produk yang diiklankan:
Mobil
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, pilihan kata yang tepat, dan jelas
Dalam pembuatan iklan sangat diharapkan adanya kolaborasi antara jasa pembuat iklan dan pemilik produk yang diiklankan. Semua pihak terkait hendaknya sanggup bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan iklan yang bagus.
Kerja sama tidak hanya diharapkan dalam dunia perjuangan ibarat perjuangan periklanan. Kerja sama juga diharapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerja sama sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
Iklan elektronik yaitu iklan yang penyebarannya memakai media elektronik. Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga jenis iklan elektronik yaitu iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet. Salah satu unsur yang sanggup dipakai untuk menarik pelanggan yaitu kalimat iklan. Perhatikan teladan iklan televisi berikut! Perhatikan iklan dari segi bahasanya.
“Segar nyatanya memang menyegarkan”
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, dan jelas. Bahasa iklan pada iklan minuman di atas juga menarik bagi khalayak yang melihatnya untuk ikut menikmati kesegarannya. Orang yang melihat iklan minuman itu pun akan tersugesti dengan kesegarannya dan segera ingin menikmatinya.
Contoh iklan selanjutnya yaitu iklan mi instan. Kamu tentu pernah melihat iklan mi instan. Iklan yang kau lihat itu terkadang ada lagunya. Bisa jadi yang melihat iklan tersebut ikut menyanyi jikalau lagunya menarik dan musiknya energik. Khalayak pun tersugesti ingin menikmati sensasi rasa mi instan yang diiklankan.
Bahasa iklan produk makanan yang sangat menarik akan bisa menggugah selera makan khalayak. Setelah tergugah, khalayak akan memuaskan rasa laparnya jikalau menikmati mi instan tersebut. Pengulangan kata sampai berkali-kali pada lagu dalam iklan sering terjadi. Pengulangan kata pada lagu menawarkan adanya pilihan kata yang dipakai untuk menawarkan target iklan. Selain itu, pengulangan kata pada lagu dalam iklan juga menonjolkan warta yang dipentingkan.
Berdasarkan kedua teladan iklan televisi di atas, sanggup dipahami adanya beberapa ciri bahasa iklan elektronik yang bisa menarik perhatian khalayak atau masyarakat umum. Beberapa ciri bahasa iklan yang dimaksud sebagai berikut.
- Pilihan kata yang dipakai menarik, tepat, logis, dan sopan.
- Pilihan kata yang dipakai mempunyai sugesti bagi khalayak.
- Pilihan kata yang dipakai menonjolkan warta yang dipentingkan.
- Pilihan kata yang dipakai menawarkan sasaran.
Ayo Berlatih
Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang bisa menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.
1. Produk yang diiklankan:
Mi Sedap Instant
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas
2. Produk yang diiklankan:
Bimbingan Belajar
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menonjolkan warta yang dipentingkan, dan jelas
3. Produk yang diiklankan:
Mobil
Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:
Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, pilihan kata yang tepat, dan jelas
Dalam pembuatan iklan sangat diharapkan adanya kolaborasi antara jasa pembuat iklan dan pemilik produk yang diiklankan. Semua pihak terkait hendaknya sanggup bekerja sama dengan baik untuk menghasilkan iklan yang bagus.
Kerja sama tidak hanya diharapkan dalam dunia perjuangan ibarat perjuangan periklanan. Kerja sama juga diharapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kerja sama sangat penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.