Unsur Unsur Iklan Media Elektronik

Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup dikelompokkan menjadi iklan iklan media cetak dan iklan media elektronik. Pada goresan pena ini hanya akan dibahas mengenai iklan media elektronik saja. Iklan elektronik yaitu iklan yang penyebarannya memakai media elektronik. Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yaitu iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.

1. Televisi
Sebagai salah satu media elektronik, televisi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Televisi berfungsi untuk menghibur, mendidik, dan memberi informasi. Televisi menawarkan banyak informasi bagi pemirsa. Salah satu bentuk informasi yang ditayangkan televisi yaitu iklan.

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi potongan yang tidak sanggup dipisahkan dari masyarakat pada umumnya. Televisi memiliki banyak keunggulan dalam memberikan iklan. Oleh sebab itu, iklan melalui televisi lebih menarik dan memiliki nilai pesan yang tinggi. Televisi sebagai media audio visual menayangkan iklan yang sanggup dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks, sehingga sanggup menarik perhatian masyarakat.

2. Radio
Sama halnya dengan televisi, radio juga memiliki fungsi penting bagi masyarakat umum. Fungsi radio yaitu sebagai sarana penerangan, pendidikan, hiburan, dan sarana propaganda. Bukti bahwa radio memiliki fungsi sebagai sarana propaganda terlihat dengan banyaknya pemasangan iklan yang menentukan siaran radio sebagai sarana pemasangan iklannya. Iklan radio berupa kombinasi dari bunyi dan kata-kata (voice) dan dampak bunyi (sound effect). Iklan radio hanya sanggup didengar tidak sanggup dilihat menyerupai iklan televisi. Oleh sebab itu, radio dikenal sebagai media audio.

3. Komputer
Seperti televisi dan radio, komputer juga sebagai media elektronik. Komputer yaitu suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa tugas. Komputer bisa mendapatkan input, memproses input sesuai aba-aba yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Ketika dihubungkan dengan layanan internet, komputer bisa menjadi sarana promosi atau iklan bisnis. Banyak perusahaan besar, pribadi, dan pengusaha yang memakai layanan internet di komputernya untuk mempromosikan atau mengiklankan produknya. Layanan internet di komputer sebagai sarana promosi atau iklan sanggup menjangkau wilayah yang sangat luas dengan biaya murah.

Televisi, radio, dan layanan internet di komputer ternyata memiliki salah satu fungsi yang sama, yaitu sebagai sarana promosi atau iklan. Oleh sebab itu, ada istilah iklan elektronik. Berdasarkan media yang menyajikan iklan elektronik, televisi radio, dan layanan internet di komputer sanggup disebut sebagai unsur iklan elektronik.

Ayo Berlatih
Apakah yang dimaksud iklan elektonik? Tuliskan dalam kolom berikut.
Iklan elektornik yaitu iklan yang ditayangkan melalui alat-alat/media elektronik.

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan supaya menarik perhatian masyarakat menyerupai berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan supaya menarik.

1. Perhatian (Attention)
Iklan yang baik harus sanggup menarik perhatian masyarakat umum.

2. Minat (Interest)
Setelah menerima perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Keinginan (Desire)
Iklan hendaknya meliputi cara untuk menggerakkan cita-cita konsumen.

4. Rasa Percaya (Conviction)
Untuk menerima rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang aneka macam acara peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya menyerupai pembuktian atau sebuah kata-kata.

5. Tindakan (Action)
Tindakan merupakan tujuan final dari produsen untuk menarik konsumen supaya membeli atau memakai produk dan jasanya.

Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan acara dengan mengisi kolom berikut.
Unsur Iklan Elektronik
No.RadioTelevisiInternet
1.RadioTelevisiInternet
2. PerhatianPerhatianPerhatian
3. MinatMinatMinat
4. KeinginanKeinginanKeinginan
5. Rasa PercayaRasa PercayaRasa Percaya
6. TindakanTindakanTindakan

Beri evaluasi terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar. Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronik.

Iklan 1
Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup dikelompokkan menjadi iklan iklan media cetak Unsur Unsur Iklan Media Elektronik
Penilaian:
Iklan di atas kurang memenuhi unsur-unsur iklan elektronik.

Alasan:
Iklan tersebut tidak menjelaskan keunggulan produk dan nama produk sehingga kurang menarik

Iklan 2
Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup dikelompokkan menjadi iklan iklan media cetak Unsur Unsur Iklan Media Elektronik
Penilaian:
Iklan di atas cukup menarik

Alasan:
Iklan tersbut cukup menarik sebab didalamnya terdapat klarifikasi keunggulan produk dan ada juga nama dan gambar produk.

Iklan 3
Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup dikelompokkan menjadi iklan iklan media cetak Unsur Unsur Iklan Media Elektronik
Penilaian:
Iklan tersebut sangat menarik perhatian.

Alasan:
Iklan berisi keunggulan produk dan nama dan gambar produk sehingga menarik perhatian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel