Kegiatan Literasi Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1
Monday, February 10, 2020
Edit
Berbeda dengan subtema 1–3, acara disini diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Rancangan acara merupakan kegiatan-kegiatan besar yang membuka kesempatan bertanya dan menggali gosip yang erat dengan keseharian siswa. Guru sebaiknya membaca seluruh pembelajaran terlebih dahulu serta Perhatikan kebutuhan alat dan materi dimana acara pada ahad ke-4 dari Subtema 4 ini yaitu Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi.
Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) yaitu sebuah model pembelajaran yang memakai proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Dalam acara ini, siswa melaksanakan eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan sintesis gosip untuk memperoleh banyak sekali hasil berguru (pengetahuan, keterampilan, dan sikap).
Sedangkan literasi yaitu kemampuan individu di dalam mengolah serta memahami gosip pada dikala menulis ataupun membaca. Istilah literasi dalam bahasa latin disebut sebagai Literatus yang artinya yaitu orang yang belajar, namun National Institut for Literacy sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi yaitu kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan duduk perkara pada tingkat keahlian yang diharapkan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.
Pada tema 8 subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 1, siswa diarahkan untuk melaksanakan wawancara kepada warga sekolah: kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah. Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai informasi-informasi berikut.
Hasil wawancara dicatat dalam tabel berikut.
Nama : _____________________
Kegiatan ekonomi dalam keluarga:
Dari data yang didapat, siswa menganalisis data tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
Mempertanyakan dan Menganalisis
Dari tabel hasil wawancara, siswa mengidentifikasi acara yang terbanyak memakai air. Siswa sanggup menuliskan dalam tabel berikut atau menyajikannya dalam bentuk diagram.
Diagram :
Dari analisis acara ini, siswa memperoleh gagasan wacana apa yang perlu dikaji lebih jauh. Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti dengan mengumpulkan gosip yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melaksanakan hal tersebut dengan banyak sekali macam cara, antara lain.
1. Membaca buku-buku rujukan dari perpustakaan.
2. Berdiskusi.
3. Bertanya kepada guru.
Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) yaitu sebuah model pembelajaran yang memakai proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Dalam acara ini, siswa melaksanakan eksplorasi, penilaian, interpretasi, dan sintesis gosip untuk memperoleh banyak sekali hasil berguru (pengetahuan, keterampilan, dan sikap).
Sedangkan literasi yaitu kemampuan individu di dalam mengolah serta memahami gosip pada dikala menulis ataupun membaca. Istilah literasi dalam bahasa latin disebut sebagai Literatus yang artinya yaitu orang yang belajar, namun National Institut for Literacy sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi yaitu kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan duduk perkara pada tingkat keahlian yang diharapkan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.
Pada tema 8 subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 1, siswa diarahkan untuk melaksanakan wawancara kepada warga sekolah: kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah. Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai informasi-informasi berikut.
- Kegiatan ekononomi dalam keluarga (misalnya: dalam perdagangan, pertanian, industri, peternakan, atau jasa).
- Kegiatan sehari-hari yang memakai air, baik untuk keperluan rumahtangga maupun acara ekonomi.
- Perkiraan banyak air yang dipakai untuk setiap kegiatan.
- Sumber air yang dipakai (sumur, PDAM, atau sumber lain).
Hasil wawancara dicatat dalam tabel berikut.
Nama : _____________________
Kegiatan ekonomi dalam keluarga:
Kegiatan yang Menggunakan Air | Perkiraan Banyak Air yang Digunakan (dalam liter) | Sumber Air |
---|---|---|
Pertanian | 4.000 | Sungai |
Peternakan | 1.000 | Sumur |
Perikanan | 5.0000 | Sungai |
Perkebunan | 2.500 | Sumgai |
Industri | 3.000 | PDAM |
Dari data yang didapat, siswa menganalisis data tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
- Kegiatan apa saja yang membutuhkan banyak air? Perikanan
- Mengapa acara itu memerlukan banyak air? Air merupakan daerah hidup ikan, tanpa air ikan tidak bisa hidup.
- Apa fungsi air dalam acara itu? Air berfungsi sebagai daerah hidup ikan.
- Apa fungsi dari acara itu? Dengan acara perikanan maka kebutuhan gizi terutama protein akan sanggup terpenuhi.
Mempertanyakan dan Menganalisis
Dari tabel hasil wawancara, siswa mengidentifikasi acara yang terbanyak memakai air. Siswa sanggup menuliskan dalam tabel berikut atau menyajikannya dalam bentuk diagram.
No. | Kegiatan yang Membutuhkan Air | Banyaknya Air (l) |
---|---|---|
1. | Pertanian | 4.000 |
2. | Peternakan | 1.000 |
3. | Perikanan | 5.0000 |
4. | Perkebunan | 2.500 |
5 | Industri | 3.000 |
Dari analisis acara ini, siswa memperoleh gagasan wacana apa yang perlu dikaji lebih jauh. Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti dengan mengumpulkan gosip yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melaksanakan hal tersebut dengan banyak sekali macam cara, antara lain.
1. Membaca buku-buku rujukan dari perpustakaan.
2. Berdiskusi.
3. Bertanya kepada guru.