Soal Penilaian Tema 5 Subtema 1 Kelas Vi

Materi tema lima kelas VI sekolah dasar subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan terdiri dari enam mata pelajaran yaitu IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, PKn, IPS, dan SBdP. Pada tamat subtema biasanya diadakan penilaian pembelajaran. Evaluasi merupakan suatu proses berkelanjutan wacana pengumpulan dan penafsiran gosip untuk menilai keputusan-keputisan yang dibentuk dalam merancang suatu sistem pembelajaran. Evaluasi berkenaan dengan proses yang berafiliasi dengan pengumpulan gosip yang memungkinkan kita memilih tingkat kemajuan pengajaran, ketercapaian tujuan pembelajaran.

Berikut ini beberapa soal penilaian tema lima subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan.

1. Kamu sudah mempelajari dongeng beberapa pelaku wirausaha yang meraih sukses, dan telah mewawancarai beberapa pelaku wirausaha di sekitarmu. Tuliskan peranan perilaku kerja keras, jujur, dan pantang mengalah pada aktivitas wirausaha. Tuliskan juga pendapatmu wacana pentingnya sikap-sikap tersebut dalam hidupmu sehari-hari. Perhatikan kerapian tulisan, penggunaan kosakata baku, serta penggunaan tanda baca dengan tepat.

Dalam wirausaha perilaku kerja keras, jujur, dan pantang mengalah sebab bisa menciptakan seseorang menjadi lebih berkerja keras untuk menuntaskan sesuatu dan perilaku jujur sanggup menumbuhkan kepercaya diri atau menciptakan optimis.
  1. Bagi seorang wirausaha, perilaku pantang mengalah dan giat ialah perilaku yang tidak gampang patah semangat dalam menghadapi banyak sekali rintangan, selalu bekerja keras untuk mewujudkan tujuan, menganggap rintangan/hambatan selalu ada dalam setiap aktivitas yang harus dihadapi. Seseorang dikatakan mempunyai perilaku ulet, jikalau mempunyai kepribadian tangguh, kuat, tidak gampang putus asa, mempunyai harapan tinggi. Selain itu, seorang yang dikatakan giat ialah mereka yang mencurahkan tenaga, pikiran, waktu serta harta untuk tercapainya keberhasilan.
  2. Kejujuran merupakan sebuah jalan untuk mencapai kemajuan di dalam berwirausaha. Kejujuran dalam segala aktivitas wirausaha, contohnya menimbang barang, mengukur, membagi, berjanji membayar utang akan menciptakan ketenangan lahir dan batin menambah iktikad para pelanggan. Berwirausaha harus dilandasi oleh kejujuran, apabila seorang wirausaha jujur maka ia akan menerima laba dan kesuksesan.

2. Tuliskan pola sebanyak mungkin wacana perubahan sifat benda jawaban imbas suhu dalam kehidupan sehari-hari. Kamu sanggup membuatnya dalam bentuk peta pikiran, tabel, atau bentuk goresan pena lainnya.
No.BendaPerlakuanPerubahan
1.MentegaDipanaskan di atas apiMeleleh
2.AirDimasak dalam panciMenguap
3.AirDimasukan dalam kulkasMembeku
4.Gula pasirDImasukan dalam air panasMelebur
5.LilinDipanaskanMeleleh
6.GaramDimasukan ke dalam airMelebur
7.Embun Udara lembab dan dinginMengembun
8.Minyak kelapaDibiarkan di udara dinginMembeku
9.Es KrimDibiarkan di udara terbukaMencair
10.Es BatuDibiarkan di udara terbukaMencair

3. Pak Jono, seorang pelaku wirausaha kacang goreng pedas. Ia ingin merancang sebuah kemasan untuk produk jualannya. Volume kemasan yang diharapkan untuk paket kacangnya ialah antara 1000-1500 cm³
.
Bantulah Pak Jono untuk menciptakan sebuah rancangan kemasan memakai berdiri adonan balok dan kubus. Buatlah dengan bentuk yang menarik, dengan tetap memperhatikan kebutuhan volume
yang diinginkan Pak Jono.

Buatlah skema kemasan, ukuran sisi-sisi, serta perhitungan volumenya.
Volume Balok = p x l x t = 12 x 8 x 8 = 768 cm³
Volume Kubus = s³ = 8³ = 512 cm³
Volume Keseluruhan = 768 + 512 = 1.280 cm³
 Materi tema lima kelas VI sekolah dasar subtema  Soal Evaluasi Tema 5 Subtema 1 Kelas VI
4. Buatlah jaring-jaring bangun-bangun penyusun kemasan tersebut pada kertas berpetak.
 Materi tema lima kelas VI sekolah dasar subtema  Soal Evaluasi Tema 5 Subtema 1 Kelas VI
Evaluasi mempunyai fungsi : Kurikuler (alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran), instruksional (alat ukur ketercapaian tujuan proses berguru mengajar), diagnostik (mengetahui kelemahan siswa, penyembuhan atau penyelesaian banyak sekali kesulitan berguru siswa), placement (penempatan siswa sesuai dengan talenta dan minatnya, serta kemampuannya) dan administratif BP (pendataan banyak sekali permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhanya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel