Soal Penilaian Tema 6 Subtema 1 Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat

Tema enam subtema satu Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat kelas vi sekolah dasar kurikuluk 2013 terdiri dari beberapa mata pelajaran. Matematika membahas wacana memahami kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapat isu tertentu. Mengumpulkan data memakai kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai. Serta menarik kesimpulan menurut data hasil pengamatan yang diolah memakai statistik sederhana, tabel, dan grafik.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia membahas wacana mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan pemeriksaan wacana ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta adonan dan larutan secara berdikari dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku. Sedangkan PPkn membahas tenatng memperlihatkan pola pelaksanaan nilai-nilai dan susila Pancasila dalam kehidupan seharihari di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Berikut ini pola soal penilaian tema enam subtema satu.

1. Kamu akan melaksanakan survei wacana olahraga yang paling digemari oleh siswa kelas 6, rancang kuesioner untuk survei tersebut.
Olah raga apa yang paling kalian gemari?
Beri tanda √ pada kotak berikut
Senam LantaiBulu TangkisSepak BolaVoli Bal

2. Menurutmu apa syarat dari sebuah kuesioner yang baik?
  1. Tampilan kuesioner harus ditampilkan dalam bentuk yang rapi disertai instruksi, dan kumpulan pertanyaan yang disiapkan dengan banyak sekali alternatif pilihan jawaban.
  2. Menyusun pertanyaan secara logis dan rapi dan memudahkan partisipan untuk menjawab.
  3. Bahasa yang dipergunakan harus diadaptasi dengan kemampuan responden.

3. Dayu melaksanakan survei ke teman-teman satu kelasnya wacana atlet badminton yang paling digemari. Berikut ialah data yang dihasilkan Dayu. Dari kuesioner yang diajukan didapatkan data sebagai berikut
Pemain Bulu TangkisLaki-lakiPerempuan
Rudi Hartono64
Susi Susanti34
Alan Budikusuma26
Liem Swie King45
Icuk Sugiarto53
Taufik Hidayat46
Yang lainnya12
Buatlah grafik menurut data tersebut!
 Tema enam subtema satu Lingkungan Sehat Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 1 Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat
Apa kesimpulanmu wacana data tersebut?
Pemain bulutangkis yang paling digemari siswa ialah Rudihartono dan Taufik Hidayat masing-masing dipilih oleh 10 orang siswa.

4. Perhatikan grafik berikut!
 Tema enam subtema satu Lingkungan Sehat Soal Evaluasi Tema 6 Subtema 1 Lingkungan Sehat, Masyarakat Sehat
a. Apakah penyajian grafik tersebut sudah benar? Mengapa? Grafik garis biasa digunakan untuk melihat perubahan pada periode waktu tertentu.  Periode waktu bisa dalam bentuk detik, jam, bulan, triwulan, semester sampai tahun. 

b. Berapa tinggi tubuh Siti pada usia 2, 5, dan 9 tahun? 70 cm, 80 cm, dan 140 cm.
c. Pada usia berapa tinggi tubuh Siti mengalami penambahan paling banyak? Usia 6 - 7 tahun.
d. Pada usia berapa tinggi tubuh Siti mengalami penambahan paling sedikit? Usia 3 - 4 tahun.

5. Kerja sama dalam mewujudkan masyarakat sehat sangat diharapkan di lingkungan kawasan tinggal kita. Sebutkan contoh-contoh kolaborasi tersebut.
  • Setiap pekarangan rumah ditanami aneka flora untuk bumbu dapur dan flora obat, menyerupai jahe, sereh, kumis kucing, pare, dan banyak sekali flora lainnya. 
  • Warga bekerja bakti untuk membersihkan sampah di selokan, balai warga, kolam sampah umum, serta merapikan pepohonan di kawasan umum. 
  • Setiap hari Minggu pagi diadakan senam sehat bersama. 
  • Warga yang mempunyai bayi dan balita secara rutin tiba ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk mendapat penyuluhan mengenai makanan dan minuman sehat serta imunisasi gratis. 
  • Warga yang mempunyai bayi dan balita secara rutin tiba ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk mendapat penyuluhan mengenai makanan dan minuman sehat serta imunisasi gratis. 
  • Warga  aktif mengolah sampah dapur dan daun kering menjadi kompos, untuk  dipakai memelihara tanaman.

6. Sebutkan dan jelaskan 3 pola perilaku masyarakat yang bijak terhadap alam sehingga memberi manfaat bagi kesehatan banyak orang. Membuang sampah pada tempatnya serta mengolah sampah menjadi pupuk dan barang kerajinan. Menanam flora obat dan bunga dilingkungan rumah. Membuat lobang biopori dan membersihkan lingkungan sekitar.

7. Sebutkan dan jelaskan pula pola masyarakat yang tidak bijak terhadap alam sehingga memperlihatkan imbas yang tidak baik terhadap kesehatan masyarakat. Contoh masyarakat yang tidak bijak terhadap lingkungan diantaranya ialah membuang sampah sembarangan sehingga menjadikan banjir dan mengakibatkan banyak sekali macam penyakit. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel