Menangkap Makna Teks Balasan Kritis Cukup Umur Dan Game Online

Teks jawaban kritis merupakan salah satu jenis teks yang berada pada genre (teks) tanggapan. Dua jenis teks lain yakni teks jawaban pribadi dan teks reviu. Sebagai teks yang berada di dalam kelompok teks tanggapan, teks jawaban kritis mempunyai tujuan untuk menanggapi pesan yang ada di dalam teks. Agar pesan di dalam teks itu sanggup dipahami, kau harus sanggup menangkap makna teks jawaban kritis. Untuk sanggup menangkap makan dalam teks jawaban kritis harus mengetahui makna kosakata yang berada di dalam teks tersebut. Pada Tugas goresan pena ini diharapkan sanggup menangkap makna teks jawaban kritis wacana dewasa dan game online. Bacalah teks berikut ini, kemudian pahamilah isinya.

Teks Tanggapan Kritis
Teks jawaban kritis yakni teks yang berisi jawaban baiklah atau tidak baiklah yang disampaikan secara kritis melalui bahasa yang gampang dipahami. Kekritisan jawaban yang disampaikan sangat ditentukan oleh fakta, data, dan alasan yang sanggup meyakinkan orang lain. Tanggapan kritis yang disampaikan itu semakin bermanfaat kalau disampaikan dengan data dukung lengkap yang sanggup meyakinkan orang lain.

Teks jawaban kritis mempunyai tiga potongan struktur, yaitu evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang.
  1. Evaluasi merupakan potongan awal teks yang berisi pernyataan umum wacana apa duduk kasus yang disampaikan penulis. Evaluasi ini sama maksudnya dengan penyataan umum dalam teks eksposisi. 
  2. Deskripsi teks merupakan potongan tengah teks yang berisi gosip wacana alasan yang mendukung pernyataan dan yang menolak pernyataan. 
  3. Sementara itu, penegasan ulang merupakan potongan selesai teks yang bersisi penegasan ulang terhadap apa yang sudah dilakukan dan diputuskan.
Teks Tanggapan Kritis Remaja dan Game Online
 Teks jawaban kritis merupakan salah satu jenis teks yang berada pada genre  Menangkap Makna Teks Tanggapan Kritis Remaja dan Game Online
StrukturKalimat dalam Teks
EvaluasiKemajuan teknologi gosip menciptakan banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet. Banyak belum dewasa dan dewasa menghabiskan waktunya di depan komputer atau telepon berakal untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan imbas terhadap anak dan lingkungannya.
Deskripsi TeksGame online banyak dimainkan oleh belum dewasa dan dewasa terutama di kota-kota besar. Game online sanggup memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game online ini. Berikut ini hal-hal yang sanggup memengaruhi anak dan lingkungan kalau anak atau dewasa bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lain yang sesungguhnya tidak disarankan untuk dilihat secara pribadi oleh anak-anak.

Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Wanita yang berpakaian tidak pantas dan serba terbuka sudah lazim ditemui di gamegame yang beredar. Anak yang bermain game online secara berlebihan sanggup menciptakan anak itu menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh lantaran itu, banyak di antara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak sanggup dihindari apabila anakanak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online.

Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu dihentikan menurut asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang sanggup dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak kalau mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang sanggup diterima kalau game online dijadikan hobi belum dewasa dan dewasa kita.

Alasan pertama, Greenfield menyampaikan bahwa 􀀃􀀃game online sanggup memengaruhi kemampuan anak ke arah positif menyerupai merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.

Alasan berikutnya yakni data yang menyatakan bahwa ada kekerabatan negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. Anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 menyampaikan bahwa ada kekerabatan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan sosial, yaitu kekerabatan negatif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.

Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat sanggup diselesaikan kalau orang bau tanah dan belum dewasa selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta kapan dan di mana anak harus bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.
Penegasan UlangSecara umum saya sebagai penanggap setuju dengan alasan yang menyampaikan bahwa game online mempunyai dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya kalau mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.

Untuk itu, kiprah orang bau tanah dalam memperlihatkan instruksi dan bimbingan wacana kewajiban mencar ilmu dan kesadaran pemenuhan hobi mempunyai porsi masing-masing. Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
Diolah dari sumber: http//www/danu-pungky-w.blog.ugm.ac.id

Teks jawaban kritis “Remaja dan Game Online” di atas mempunyai beberapa kata yang maknanya sulit untuk dipahami. Untuk itu, tentukanlah deskripsi makna kata-kata berikut. Untuk membantu dalam mengerjakan kiprah sanggup memakai Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai contoh dalam mendeskripsikan maknanya.
No.Kata-kata SulitDeskripsi Makna
1.teknologikeseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diharapkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia;
2.game onlinejenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet), 
3.dampakpengaruh besar lengan berkuasa yang mendatangkan akhir (baik negatif maupun positif);
4.mengusungmengangkut (membawa)
5.hasratkeinginan (harapan) yang kuat:
6.komprehensifluas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi);
7.ranahelemen atau unsur yang dibatasi; bidang disiplin;
8.akademisbersifat ilmiah; bersifat ilmu pengetahuan; bersifat teori, tanpa arti mudah yang langsung:
9.proporsionalsesuai dengan proporsi; sebanding; seimbang; berimbang:
10.kecanduankejangkitan suatu kegemaran (hingga lupa hal-hal yang lain):

Untuk memperdalam pemahaman wacana penggunaan kata-kata yang maknanya sudah ditulis itu, buatlah kalimat dengan memakai kata-kata tersebut dengan memakai kata-kata sendiri.
No.KataKalimat
1.teknologiSebagai pelajar, kau harus mengikuti perkembangan teknologi lantaran sanggup membantu perkembangan pendidikanmu.
2.game onlineBiasanya game online disediakan sebagai pemanis layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau sanggup diakses pribadi melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. 
3.dampakArus globalisasi yang melanda seluruh dunia mempunyai dampak bagi bidang sosial budaya suatu bangsa.
4.mengusungDari 15 kawasan itu, 12 kawasan di antaranya disebabkan lantaran tidak ada titik temu dalam mengusung calon yang sama.
5.hasratSamheru menyampaikan bahwa Hendarji punya hasrat politis meraih kekuasaan, lantaran ia pernah kalah bersaing di Pemilu Kepala Daerah DKI Jakarta 2012.
6.komprehensifAsuhan kebidanan komprehensif yakni suatu investigasi yang dilakukan secara lengkap dengan adanya investigasi laboratorium sederhana dan konseling.
7.ranahRanah Psikomotor berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik menyerupai goresan pena tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.;
8.akademisTidak semua penerima didik mempunyai keunggulan akademis lantaran ada juga yang justru menonjol di bidang seni dan olahraga. 
9.proporsionalPenerapan sistem proporsional terbuka dalam pemilihan calon anggota legislatif berpotensi melanggengkan praktik politik berbiaya tinggi.
10.kecanduanSemenjak 2009 terus menelurkan album, singles, dan EP setiap tahun, musisi jazz berparas anggun ini semakin kecanduan musik.

Tentukan pula kalimat utama di dalam potongan struktur yang membangun teks jawaban kritis “Remaja dan game online” di atas. Jika potongan struktur teks itu mempunyai lebih dari satu paragraf, kalimat utama potongan struktur teks itu juga lebih dari satu. Kerjakanlah kiprah tersebut sesuai dengan format berikut!
No.Struktur TeksKalimat Utama
1.EvaluasiKemajuan teknologi gosip menciptakan banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet.
2.Deskripsi Teks
  1. Game online banyak dimainkan oleh belum dewasa dan dewasa terutama di kota-kota besar. 
  2. Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak. 
  3. Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar.
  4. Alasan pertama, Greenfield menyampaikan bahwa 􀀃􀀃game online sanggup memengaruhi kemampuan anak ke arah positif.
  5. Alasan berikutnya yakni data yang menyatakan bahwa ada kekerabatan negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. 
  6. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat sanggup diselesaikan
3.Penegasan Ulang
  1. Secara umum saya sebagai penanggap setuju dengan alasan yang menyampaikan bahwa game online mempunyai dampak negatif. 
  2. Untuk itu, kiprah orang bau tanah dalam memperlihatkan instruksi dan bimbingan wacana kewajiban mencar ilmu dan kesadaran pemenuhan hobi mempunyai porsi masing-masing. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel