Sikap Kepahlawanan Balaputradewa

Sriwijaya disebut Kerajaan Nusantara pertama sebab wilayah Kerajaan Sriwijaya, yaitu hampir seluruh pulau Sumatera, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Semenanjung Melayu, Selat Malaka, Selat Karimata, Selat Sunda. Sriwijaya dikenal sebagai kerajaan maritim sebab mempunyai angkatan bahari yang tangguh dan wilayah perairan yang luas. Sriwijaya dikenal sebagai sentra pendidikan dan penyebaran agama Buddha sebab Sriwijaya terdapat Perguruan Tinggi agama Buddha. Sriwijaya dikenal sebagai sentra perdagangan sebab Palembang sebagai jalur perdagangan nasional dan internasional sehingga banyak kapal yang singgah sehingga menambah pemasukan pajak.

Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada ketika pemerintahan Raja Balaputradewa, Raja Balaputradewa, bahwa Raja Balaputradewa yakni seorang raja yang berani yang hidup di masa kerajaan agama Buddha. Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Balaputradewa berjuang membangun armada bahari yang kuat. Hal itu bertujuan agar jalur pelayaran yang melalui Sriwijaya merasa aman. Banyak pedagang merasa kondusif ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak maupun laba dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berubah menjadi kerajaan yang besar dan makmur.
 Sriwijaya disebut Kerajaan Nusantara pertama sebab wilayah Kerajaan Sriwijaya Sikap Kepahlawanan Balaputradewa
Wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya hampir mencakup seluruh Pulau Sumatra, Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Selat Sunda. Dengan mempunyai wilayah yang luas itu, Sriwijaya disebut sebagai Kerajaan Nusantara yang pertama.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
  • Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas.
  • Balaputradew mengakibatkan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim sebab kekuatan angkatan bahari yang tangguh dan wilayah perairan yang luas.
  • Balaputradewa mengakibatkan Sriwijaya sebagai sentra penyebaran agama Budha dengan banyaknya akademi tinggi Budha.
  • Baplaputrdewa mengakibatkan Sriwijaya sebagai sentra perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah
Jelaskan apa yang akan terjadi kalau Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!
Jika Kerajaan Sriwijaya tidak dipimpin oleh Raja Balaputradewa, kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan mungkin tidak akan tercapai sebab tidak ada yang membangun armada bahari yang kuat. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melaksanakan hal tersebut.
Apa hasil dari usaha Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya?
Hasil usaha Balaputradewa antara lain kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang mempunyai armada bahari yang berpengaruh dan kejayaan Sriwijaya dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.
Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa yakni berani dan pantang mengalah dalam membangun armada bahari sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.
Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa sanggup disebut sebagai jagoan pada masa Kerajaan Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu!
Sangat setuju, bahwa Raja Balaputradewa yakni jagoan bagi rakyatnya sebab dia telah berani dan pantang mengalah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup kondusif dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya juga mencapai puncak kejayaana dibawah kepemimpinan Balaputradewa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel