Pintar Pelajaran Inilah Pengertian Pertumbuhan Tanaman



Pengertian pertumbuhan tanaman - Tumbuhan kelapa berkembang biak dengan biji. Jika biji berada pada persemaian yang sesuai, tumbuhlah bibit flora kelapa. Setelah bibit tersebut ditanam, flora akan bertambah tinggi, besar, berbunga dan berbuah. Perubahan itu disebabkan oleh adanya fase-fase pertumbuhan dan perkembangan. Tumbuhan kelapa yang telah tumbuh tersebut tidak akan sanggup kembali ke bentuk semula.

Pertumbuhan adalah proses pertambahan volume yang irreversible (tidak sanggup balik) lantaran adanya pembesaran sel dan pertambahan jumlah sel atau pembelahan sel (pembelahan mitosis) atau keduanya. Pertumbuhan pada flora sanggup dinyatakan secara kuantitatif lantaran pertumbuhan sanggup diketahui dengan mengukur besar dan tinggi batang, menimbang massa sel baik berupa berat kering maupun berat basahnya, menghitung jumlah daun, jumlah bunga, maupun jumlah buahnya.

Selama pertumbuhan, flora juga mengalami proses diferensiasi, pematangan organ, serta peningkatan menuju kedewasaan. Pada ketika itulah, flora mengalami proses yang disebut perkembangan. Serangkaian proses perubahan bentuk flora ini disebut juga morfogenesis. Dari hasil perkembangan inilah flora menjadi semakin sampaumur dan lengkap organnya. Proses pembentukan organ tersebut disebut sebagai organogenesis, yang merupakan serpihan dari proses perkembangan atau morfogenesis.

Perkembangan tidak sanggup dinyatakan secara kuantitatif, tetapi dilihat dengan adanya peningkatan menuju pada kesempurnaan. Pertumbuhan dan perkembangan tersebut berjalan secara simultan (bersama). Salah satu fase atau tahapan dari pertumbuhan dan perkembangan yaitu poses perkecambahan.

1. Perkecambahan

2. Pertumbuhan dan Perkembangan

Anda kini sudah mengetahui Pertumbuhan Tanaman. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel