Pintar Pelajaran Inilah Titik Tumbuh Akar Pada Tanaman

Dimanakah letak titik tumbuh pada tumbuhan?

Pada tahun 1758, Henri Louis dkk dilaporkan sebagai orang yang pertama kali mengamati pertumbuhan sel di tempat akar, dengan menyisipkan perak tipis pada akar. Pada tahun 1980, Erickson dan Silk melaporkan hasil percobaannya bahwa pada tempat pemanjangan jarak tinta semakin berjauhan. Pada bab meristem apikal (meristem ujung), akar tumbuhan dilindungi oleh tudung akar (kaliptra). Tudung akar juga berfungsi untuk menembus tanah lantaran sel-sel di bab ini mengeluarkan cairan polisakarida. Akibat cairan inilah tanah menjadi lunak. Titik tumbuh akar adalah pada bab jaringan meristem yang mempunyai tudung akar.

Berdasarkan strukturnya, titik tumbuh akar dibedakan menjadi daerah pembelahan sel, tempat pemanjangan sel dan tempat diferensiasi.

Daerah pembelahan sel terdapat pada bab ujung, di belakang tudung akar. Pada tempat ini terdapat meristem primer dan meristem apikal dengan sel-sel yang aktif membelah (meristematik). Meristem primer terdiri atas tiga sistem jaringan yaitu protoderm (lapisan terluar yang akan menjadi jaringan epidermis), meristem dasar (lapisan kedua yang berada di sebelah dalam protoderm dan akan menjadi jaringan dasar), dan prokambium (merupakan lapisan dalam yang akan menjadi stele atau silinder pusat). Meristem apikal merupakan sentra pembelahan sel.

Daerah pemanjangan sel terdapat di belakang tempat pembelahan. Sel-sel pada tempat ini mempunyai kemampuan untuk membesar dan memanjang. Perhatikan Gambar 1.1.
Dimanakah letak titik tumbuh pada tumbuhan Pintar Pelajaran Inilah Titik Tumbuh Akar pada Tanaman
Gambar 1.1. Irisan membujur tempat pertumbuhan akar
Pada tempat diferensiasi, sel-sel pada tiga sistem jaringan meristem mengalami proses diferensiasi, sehingga mempunyai struktur dan fungsi khusus. Epidermis pada tempat diferensiasi sudah terdiferensiasi dan tumbuh bulu-bulu akar yang berfungsi untuk menyerap unsur-unsur hara dari dalam tanah. Oleh alasannya ialah itu, tempat diferensiasi dikatakan mengalami organogenesis secara sempurna.

Anda kini sudah mengetahui Titik Tumbuh Akar. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Rochmah, S. N., Sri Widayati, Mazrikhatul Miah. 2009. Biologi : Sekolah Menengan Atas dan MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 282.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel