Soal Penilaian Tema 5 Kelas Vi Wirausaha

Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu. Tujuan itu ialah supaya siswa mengalami perubahan yang positif. Penilaian berarti perjuangan untuk mengetahui sejauh mana perubahan itu telah terjadi melalui aktivitas berguru mengajar. Evaluasi sanggup diartikan suatu pengamatan terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah lakunya. Kegiatan mengukur, menilai, dan mengevaluasi sangatlah penting dalam dunia pendidikan. Kegiatan tersebut merupakan suatu tolak ukur yang diperlukan untuk mengetahui sejauhmana pencapaian pendidikan telah terlaksana.

Pada bab selesai setiap tema yang ada di buku siswa kelas VI sekolah dasar biasanya diadakan evaluasi. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa sehabis mengikuti pembelajaran dan menuntaskan tema tersebut. Berikut ini ialah soal penilaian Tema V Kelas VI sekolah dasar.

1. Apakah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) itu?
MEA ialah bentuk integrasi ekonomu ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN.

2. Apa manfaat dari MEA bagi Indonesia dan negara ASEAN lainnya?
  • MEA membuka kesempatan bagi seluruh pekerja di tempat Asia Tenggara untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka alasannya ialah lapangan pekerjaan yang banyak tersedia.
  • Produk – produk baik dari Indonesia dan negara lainnya sanggup diperdagangkan dengan bebas dan legal tentunya. Karena sudah banyak produk Indonesia yang di akui khususnya di tempat Asia Tenggara.
  • MEA juga sanggup mendorong peningkatan ekspor dan impor dengan adanya sistem yang bebas tarif dan bebas hambatan.
  • MEA juga sanggup mendorong pertumbuhan investasi abnormal yang sanggup memperkuat ketahanan modal di dalam negeri.

3. Apa yang perlu dipersiapkan oleh tenaga kerja Indonesia semoga bisa berpartisipasi dalam di MEA?
Kualitas sumber daya insan Indonesia harus terus ditingkatkan semoga bisa ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asin. Untuk menghadapi pesaing yang tidak hanya tiba dari dalam negeri, para pekerja harus menguasai bahasa abnormal minimal Bahasa Inggris, meningkatkan pofesionalisme menyerupai tekun, kerja keras, dan fokus.

4. Apa yang kau ketahui wacana sifat-sifat magnet dan medan magnet? Jelaskan.
Magnet mempunyai beberapa sifat, antara lain sebagai berikut :
  1. Magnet mempunyai gaya tarik sehingga sanggup menarik benda-benda lain. Gaya tarik magnet terkuat berada di kutub-kutubnya.
  2. Magnet mempunyai dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub magnet tidak sesama tarik menarik dan sesama akan menolak 
  3. Magnet mempunyai gaya yang sanggup menembus benda.
  4. Sifat kemagnetan bisa hilang bila terbakar, dipukul-pukul atau dibanting.
  5. Jika digantung bebas magnet akan mengatakan arah kutub utara dan selatan. Sifat ini dimanfaatkan dalam pembuatan kompas.

Medan magnet adalah ruang di mana sebuah benda yang berada di dalam ruang itu menerima gaya magnet. Medan magnet digambarkan sebagai garis-garis lengkung yang disebut garis gaya magnet.

5. Sebutkan masing-masing 5 referensi benda magnetis dan benda nonmagetis yang ada di sekitarmu?
Benda magnetis ialah benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet. Benda ini biasanya terbuat dari logam besi atau baja. Contoh benda magnetis yang biasa kita temukan sehari-hari ialah pisau, paku, gunting, palu, penjepit kertas dan masih banyak lagi..

Benda nonmagnetis ialah benda-benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet. Biasanya benda nonmagnetis ini tidak mengandung logam, contohnya pensil, karet pengapus, penggaris kayu, baskom plastik dan buku.

6. Sebutkan 3 cara menciptakan magnet.
Ada tiga cara menciptakan magnet, yaitu dengan cara menggosok, dengan cara induksi, dan dengan cara mengalirkan arus listrik.

Membuat Magnet dengan Gosokan
Besi yang semula bukan magnet, sanggup dijadikan magnet. Caranya besi digosok dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan dibentuk searah semoga magnet elementer yang terdapat pada besi letaknya menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Apabila magnet elementer besi telah teratur dan mengarah ke satu arah, dikatakan besi dan baja telah menjadi magnet.
Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu Soal Evaluasi Tema 5 Kelas Vi Wirausaha
Membuat Magnet dengan Induksi
Besi dan baja sanggup dijadikan magnet dengan cara induksi. Caranya ialah besi dan baja diletakkan di erat magnet tetap. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh atau terinduksi magnet tetap yang mengakibatkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet sehingga sanggup menarik serbuk besi yang berada di dekatnya.

Membuat Magnet Dengan Cara Arus Listrik
Besi dan baja sanggup juga dijadikan magnet dengan arus listrik. Caranya besi dan baja dililiti kawat yang dihubungkan dengan baterai. Magnet elementer yang terdapat pada besi dan baja akan terpengaruh aliran arus searah (DC) yang dihasilkan baterai. Hal ini mengakibatkan magnet elementer letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet dan sanggup menarik serbuk besi yang berada di dekatnya.

7. Sebutkan contoh-contoh formulir yang kau ketahui dan isu penting apa yang biasa dituliskan pada formulir tersebut?

Beberapa referensi formulir beserta isu penting yang harus dituliskan anatara lain sebagai berikut
  1. Formulir Pendaftaran Lomba : Informasi penting : Nama, Tempat Tanggal Lahir, Asal Sekolah, dan bidang lomba yang diikuti.
  2. Formulir Pendaftaran Ekstrakurikuler : Informasi Penting : Nama, Umur, Kelas, Nomor Induk Siswa
  3. Formulir Daftar Riwayat Hidup : Informasi penting : Nama, Alamat, Jenis Kelamin, Kewarganegaraan, Agama, Riwayat Pendidikan dan Kecakapan yang dimiliki
  4. Formulir Pengiriman Barang Dalam Negeri : Informasi penting : Nama, Alamat, Alamat penerima, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kode Pos.
  5. Formulir Ujian Sekolah : Informasi penting : Nama, Nomor Peserta, Tempat dan tanggal lahir, Nama mata pelajaran

8. Apa yang dimaksud dengan daftar riwayat hidup? Apa saja yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup?
Daftar riwayat hidup ialah sebuah dokumen yang menggambarkan diri langsung secara singkat, pendidikan, serta mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. Beberapa isu penting yang dicantumkan antara lain Nama, Alamat, Jenis Kelamin, Kewarganegaraan, Agama, Riwayat Pendidikan dan Kecakapan yang dimiliki.

9. Bagaimana kau menghargai keberagaman perjuangan dan ekonomi yang ada di sekitarmu?
Cara menghargai keberagaman ekonomi orang lain antara lain sebagai berikut
1. Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
2. Menghormati orang yang sedang bekerja.
3. Menghargai pekerjaan orang lain.

10. Apa manfaat keberagaman ekonomi bagimu dan keluargamu?
Dengan adanya keberagaman ekonomi kebutuhan ekonomi kita sanggup terpenuhi alasannya ialah tidak semua kebutuhan sanggup dicukupi sendiri namun membutuhkan santunan dari orang lain.

11. Selesaikan soal-soal di bawah ini.
Hitunglah volume berdiri adonan berikut.

a. Hitunglah volume berdiri di bawah ini
Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu Soal Evaluasi Tema 5 Kelas Vi Wirausaha
Bangun di atas merupakan berdiri adonan antara kubus dan balok
Volume kubus = s³ = 8³ = 512 cm³
Volume Balok = p x l x t = 16 x 8 x 5 = 640 cm³
Volume adonan = 512 cm³ + 640 cm³ = 1.152 cm³

b. Hitunglah volume berdiri di bawah ini
Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu Soal Evaluasi Tema 5 Kelas Vi Wirausaha
Bangun tersebut terdiri dari prisma segi tiga dan balok
Volume Prisma Segitiga
= Luas Alas x Tinggi
= (½ ganjal x tinggi)  x tinggi
= (½ x 6 x 4) x 10
= 12 x 10
= 120 m³

Volume Balok
Volume = p x l x t
= 10 x 6 x 0,5
= 30 m³

Volume adonan = 120 m³ + 30 m³ = 150 m³

c. Hitunglah Volume berdiri di bawah ini
Program pengajaran dirancang dan dilaksanakan untuk tujuan tertentu Soal Evaluasi Tema 5 Kelas Vi Wirausaha
Bangun tersebut merupakan adonan berdiri tabung dan kerucut
Volume Tabung = Luas Alas x Tinggi
= πr² x tinggi
= 3,14 x 5² x 12
= 78,5 cm²  x 12
= 942 cm³

Volume Kerucut
Volume = 1.3 x Luas Alas x Tinggi
= ⅓ x πr² x tinggi
= ⅓ x 3,14 x 5² x 12
= ⅓ x 78,5 cm² x 12
= ⅓ x 942 cm³
= 314 cm²

Volume Gabungan = 942 cm³ + 314 cm³ = 1.256 cm³

Sebuah bola mempunyai diameter 18 cm. berapakah volume bola tersebut?
V = ⁴⁄₃πr³
V = ⁴⁄₃ x 3,14 x 9³
V = ⁴⁄₃ x 3,14 x 729
V = ⁴⁄₃ x 2.289,06 cm³
V = 3.052,08 cm³

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel