Unsur Unsur Iklan Dan Ciri Ciri Bahasa Iklan
Tuesday, January 28, 2020
Edit
Iklan ialah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan biar orang tertarik untuk membeli dan memakai barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan sanggup disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.
Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan Ikmedia cetak. Iklan cetak ialah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.
Sedangkan eklan elektronik ialah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll. Iklan baik media cetak maupun elektronik mempunyai unsur-unsur berikut.
Iklan yang baik tentu harus memakai bahasa yang baik. Agar sanggup menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak mempunyai ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.
Ayo Berlatih
Untuk memperdalam pengetahuan kau perihal iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.
Ciri Bahasa
Secara sederhana, pengertian teks iklan ialah sebagai pesan yang mengatakan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. Namun, untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang biar membeli.
Berdasarkan media yang dipakai iklan sanggup dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan Ikmedia cetak. Iklan cetak ialah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.
Sedangkan eklan elektronik ialah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll. Iklan baik media cetak maupun elektronik mempunyai unsur-unsur berikut.
- Nama produk.
- Gambar yang menarik.
- Kalimat iklan.
- Keunggulan produk.
- Harga produk.
- Nomor telepon.
- Alamat pengiklan.
Iklan yang baik tentu harus memakai bahasa yang baik. Agar sanggup menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak mempunyai ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
- Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
- Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti.
- Menggunakan kata konotasi positif.
- Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.
Ayo Berdiskusi
Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.
No. | Unsur Iklan |
---|---|
1. | Nama Produk (Payung Lukis) |
2. | Gambar yang menarik |
3. | Kalimat iklan (Kerajinan khas Tasikmalaya Jawa Barat) |
Ayo Berlatih
Untuk memperdalam pengetahuan kau perihal iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.
No. | Unsur Iklan |
---|---|
1. | Nama Produk (Totota Termurah New Avanza) |
2. | Gambar yang menarik |
3. | Kalimat iklan (Free hadiah tanpa undian) |
4. | Keunggulan Produk (DP murah Angsuran Ringan Proses cepat dan Mudah) |
5. | Nomor telepon (0221866667777) |
Ciri Bahasa
No. | Ciri Bahasa Iklan |
---|---|
1. | Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. |
2. | Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik |
3. | Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti |
Secara sederhana, pengertian teks iklan ialah sebagai pesan yang mengatakan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. Namun, untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang biar membeli.