Penggunaan Benda Konduktor Dan Isolator
Tuesday, February 11, 2020
Edit
Kamu sudah tahu, bahwa panas sanggup berpindah dari satu daerah ke daerah lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ingat kembali, apa yang dimaksud dengan konduksi, konveksi, dan radiasi? Pikirkan bersama dalam kelompok kecil! Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu?
Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap
udara. Udara yaitu isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.
Terbuat dari apakah panci? Panci terbuat dari materi logam, contohnya aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke kuliner yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kau tidak akan kepanasan dikala memegangnya.
Mesin kendaraan beroda empat dan motor terbuat dari materi yang sanggup menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Karena itu, mesin dibentuk dari materi konduktor sebagai penghantar panas. Dari uraian di atas, kau sudah tahu mana materi yang bersifat konduktor dan isolator. Selain selimut, dan panci, tentu kau dengan gampang menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kau pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kau baca. Tuliskan pada daerah yang telah disediakan.
Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kau tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan sobat sebangkumu! Buatlah diagrammu pada daerah yang disediakan di bawah ini.
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!
Kesimpulan :
Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Selimut memerangkap
udara. Udara yaitu isolator, sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat.
Terbuat dari apakah panci? Panci terbuat dari materi logam, contohnya aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke kuliner yang dimasak. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kau tidak akan kepanasan dikala memegangnya.
Mesin kendaraan beroda empat dan motor terbuat dari materi yang sanggup menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin yang ideal. Karena itu, mesin dibentuk dari materi konduktor sebagai penghantar panas. Dari uraian di atas, kau sudah tahu mana materi yang bersifat konduktor dan isolator. Selain selimut, dan panci, tentu kau dengan gampang menjumpai penggunaan benda yang bersifat konduktor dan isolator dalam kehidupan sehari-hari.
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kau pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kau baca. Tuliskan pada daerah yang telah disediakan.
Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kau tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kotak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan sobat sebangkumu! Buatlah diagrammu pada daerah yang disediakan di bawah ini.
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!
Nama Benda/Alat di Sekolah | Sifat Hantaran | Kegunaan |
---|---|---|
Bel Listrik | Konduktor | Penanada waktu masuk atau istirahat |
Sarung tangan | Isolator | Menjaga tangan tetap hangat |
Thermos Es | Isolator | Menjaga es tidak mencair |
Jaket | Isolator | Menjaga tubuh tetap hangat |
Solder | Konduktor | Menyambung/memasang komponen elektronik |
Nama Benda/Alat di Rumah | Sifat Hantaran | Kegunaan |
---|---|---|
Setrika | Konduktor | Merapikan baju |
Panci | Konduktor | Memasak dan merebus air |
Thermos | Isolator | Menjaga air tetap panas |
Spatula | Isolator | Mengambil masakan dari wajan |
Selimut | Isolator | Menjaga tubuh tetap hangat |
Kesimpulan :
Panas sanggup berpindah dari satu daerah ke daerah lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan panas sanggup dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari,