Cara Menciptakan Potpourri

Potpourri yaitu adonan bunga, tumbuhan kering, atau rempah-rempah kering yang dipakai sebagai penghias dan pewangi ruangan. Potpourri memberi aroma lembut, biasanya diletakkan di wadah kayu atau dikemas memakai kantong kain kecil. Potpourri sangat cocok diletakkan di banyak sekali kawasan di dalam sebuah rumah, ibarat kamar tidur, kamar mandi, termasuk ruang keluarga. Baunya yang menenteramkan hati akan memperlihatkan kenyamanan seluruh penghuni dan meningkatkan gambaran ruang keluarga di rumah.

Kita pun sanggup menciptakan potpouri dengan cara mengeringkan sendiri banyak sekali jenis bunga, buah, dan rempah yang ada di sekitar kita. Beberapa langkah yang sanggup kita lakukan untuk menciptakan potpouri sendiri antara lain sebagai berikut.

A. Alat dan Bahan
Alat dan materi yang dipakai untuk menciptakan popouri sendiri terdiri dari alat dan materi yang sanggup kita temukan di sekitar kita. Berikut yaitu materi dan cara mengolahnya menjadi pewangi ruangan.
  1. Minyak aroma terapi.
  2. Jeruk Nipis. Jeruk nipis dan jeruk limo sanggup diolah menjadi pewangi ruangan dan ditata dengan indah menjadi potpourri. Terdapat dua cara dalam melaksanakan pengolahan: mengiris tipis seluruh bab jeruk dan mengupas dan memakai kulit jeruk
  3. Daun Pandan. Daun pandan mempunyai aroma yang sangat wangi, lembut, dan tidak menyengat. Cara mengolah daun pandan yaitu dengan dipotong halus.
  4. Daun Salam. Daun salam mempunyai wangi gabungan herbal (daun) dan floral (bunga) Daun yang dikenal sebagai bumbu masak ini sanggup dijadikan pilihan untuk menciptakan potpourri.
  5. Pinus. Bagian pinus yang biasa dipakai untuk potpourri yaitu buahnya. Pinus mempunyai bentuk buah yang unik.
  6. Mawar. Mawar mempunyai wangi menarik dan lembut. Cara mengolahnya yaitu dengan cara merontokkan kelopak bunga dan kemudian dikeringkan.
  7. Melati. Bunga melati mempunyai aroma yang khas. Cara mengolah bunga melati untuk dijadikan potpourri yaitu dengan cara dikeringkan
  8. Kayu Manis. Kayu manis sering dikenal sebagai bumbu masak. Kayu manis juga sering dipakai untuk potpourri. Sesuai namanya, kayu manis mempunyai aroma yang manis yang tajam dan khas.
  9. Cengkeh. Cengkeh mempunyai aroma yang sedikit keras dan segar. Cengkeh yang dipakai untuk potpourri yaitu yang sudah dikeringkan.
  10. Serai. Serai sering kita kenal sebagai bumbu dapur. Untuk potpourri, serai sanggup dipotong dan dikeringkan. Serai juga mempunyai aroma yang khas
rempah kering yang dipakai sebagai penghias dan pewangi ruangan Cara Membuat Potpourri
Sedangkan alat yang dipakai antara kain berupa wadah tersebut sanggup menyimpan bahan-bahan potpourri dan memungkinkan aroma keluar dengan bebas. Banyak benda di rumah yang sanggup dipakai untuk menyimpan potpourri, ibarat baki, mangkuk, keranjang, toples, dan piring. Untuk mengeringkan materi potpouri sanggup memakai nampan.

B. Langkah-langkah Membuat Potpouri
Sebelum menciptakan potpouri semua alat dan materi yang diharapkan terlebih dahulu harus dipersiapkan. Setelah semua alat dan materi tersedia proses pembuatan potpouri sanggup dimulai dengan cara sebagai berikut.

Pengeringan Bahan
Bila melihat potpourri, kita akan menemukan bahan-bahan kering yang berasal dari bunga-bunga, dedaunan, atau kayu-kayuan tertentu. Uniknya, aromanya tetap terjaga. Hal ini alasannya yaitu proses pengeringannya. Jika proses pengeringan bahan-bahan potpourri tidak tepat, kesudahannya pun tidak maksimal.

Proses pengeringan sanggup dilakukan dengan meletakkan bunga dan bahanbahan lainnya dalam suatu nampan. Keringkan di dalam ruangan yang kering dan sirkulasi udara yang baik. Hindari pengeringan di bawah sinar matahari langsung. Pengeringan di bawah sinar matahari sanggup menciptakan bunga menjadi kering dengan cepat, tetapi aroma wangi turut hilang. Pengeringan dalam ruangan memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, cara ini menciptakan aroma bunga yang dikeringkan tetap terjaga.

Cara lainnya yaitu menggantung bunga segar secara terbalik. Pastikan kuncup bunga menghadap seluruhnya ke bawah. Setelah itu, tengadahkan kembali kalau bunga sudah kering. Agar bab dalam tangkai kering, pilahlah masing-masing tangkai untuk dikeringkan secara alami dalam wadah datar. Lama proses pengeringan ini bervariasi. Jika kondisi udara dalam rumah tergolong panas dan kering, pengeringan berlangsung lebih cepat.

Wadah dan Penataan
Wadah potpourri mempunyai aneka bentuk. Mulai kotak transparan, wadah kayu, hingga kain transparan yang diikat dengan pita yaitu jenis-jenis wadah potpourri. Karena bentuknya unik dan lucu, maka potpourri selain berfungsi sebagai pewangi juga sanggup dijadikan penghias ruangan. Amati dan pilah bahan-bahan alam yang telah kau keringkan. Tatalah bahan-bahan tersebut pada nampan ibarat beberapa pola berikut. Kamu juga sanggup berkreasi sesuai keinginganmu.
rempah kering yang dipakai sebagai penghias dan pewangi ruangan Cara Membuat Potpourri
Secara umum proses pembuatan potpouri yaitu sebagai berikut.
  1. Keringkan bunga, buah, dan rempah di kawasan yang tidak terkena matahari langsung
  2. Simpan bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan ke dalam kantung bersih
  3. Pilih bunga, buah, dan rempah yang telah dikeringkan untuk ditempatkan di wadah (mangkuk) cantik.
  4. Tambahkan minyak aroma terapi beberapa tetes. Jangan terlalu banyak alasannya yaitu akan berbau terlalu menyengat.
  5. Tempatkan potpourri di ruang yang kau inginkan (ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi).
  6. Kamu juga sanggup menyimpan potpourri ke dalam kantung bagus untuk dihadiahkan pada kerabat dan orang tercinta atau untuk dijual.

Potpourri merupakan perpaduan dari banyak sekali jenis tumbuhan yang sebelumnya sudah dikeringkan kemudian ditaruh di dalam toples atau wadah yang lain yang sanggup mempercantik ruangan. Potpouri di ruang tamu atau ruang berkumpul keluarga. Aroma dari rempah-rempahnya sanggup menghidupkan suasana di rumah kau menjadi lebih segar dan fresh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel