Menyajikan Data Dalam Bentuk Tabel Dan Grafik

Untuk membuat lingkungan sehat, kolaborasi antar anggota keluarga dan masyarakat sangat dibutuhkan. Beberapa kolaborasi dan acara masyarakat dalam rangka membuat lingkungan sehat antara lain bekerja sama membersihkan sampah yang ada di lingkungan rumah, bekerja sama membersihkan jalan masuk air semoga terhindar dari penyakit menular, dan bekerja sama menanam pohon semoga lingkungan asri.

Untuk mengumpulkan data wacana acara masyarakat yang ada di sekitar kawasan tinggalmu sehubungan dengan upaya membuat lingkungan sehat. Data yang dikumpulkan akan disajikan dalam bentuk tabel. Untuk acara pengumpulan data harus terlebih dahulu membuat kuesioner. Kuesioner yakni suatu daftar yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab atau dikerjakan oleh responden atau orang tua/ anak yang ingin diselidiki. Berikut ini rujukan kuesioner.

Lembar Kuesioner

Berilah tanda cek (√) untuk acara yang pernah dilakukan (dalam 2 ahad terakhir) dan tanda silang (X) untuk acara yang tidak pernah dilakukan.
No.KegiatanYaTidak
1.Keluargaku membuang sampah pada tempatnya
2.Keluargaku menanam pohon dan bunga di sekitar rumah
3.Keluargaku melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan rumah:
4.Keluargaku berolahraga bersama
5.Keluargaku memilah sampah
6.Keluargaku mendaur ulang sampah

Data primer yakni data yang kau kumpulkan sendiri. Data sekunder yakni data yang dikumpulkan oleh orang lain. Data sekunder merupakan data yang sudah tersedia sehingga kita tinggal mencari dan mengumpulkan; sedang data primer yakni data yang hanya sanggup kita peroleh dari sumber orisinil atau pertama. Jika data sekunder sanggup kita peroleh dengan lebih gampang dan cepat sebab sudah tersedia, contohnya di perpustakaan, atau buku-buku; maka data primer harus secara pribadi kita ambil dari sumber aslinya, melalui nara sumber yang sempurna dan yang kita jadikan responden dalam penelitian kita.

Turus yakni istilah untuk menggambarkan angka berupa simbol tertentu dengan tujuan untuk mempermudah pembacaan angka, terutama angka yang berjumlah cukup banyak. Simbol yang dipakai umumnya berupa garis-garis vertikal, dimana setiap kelipatan lima memakai empat garis horizontal dan satu diagonal.

Setelah mengumpulkan data wacana acara dalam membuat lingkungan sehat. Berikut yakni hasil survei yang dilakukan kepada 36 siswa kelas VI di sebuah sekolah yang disajikan dalam bentuk turus dan angka.
KegiatanBanyak siswa
TurusAngka
Siswa selalu membuang sampah pada tempatnyaIIII IIII IIII IIII IIII25
Siswa yang menanam pohon dan bunga di sekitar rumahnyaIIII IIII IIII II17
Siswa selalu melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan rumah bersama wargaIIII IIII IIII IIII II22
Siswa yang berolahraga bersama minimal sekali semingguIIII IIII IIII IIII IIII III28
Siswa yang memilah sampah di rumahIIII IIII IIII14
Siswa yang mendaur ulang sampahIIII III8

Posyandu Kampung Sehat Melati selalu melaksanakan pencatatan terhadap perkembangan berat tubuh bayi yang ada di kampung tersebut dan menyajikan dalam bentuk grafik. Amati grafik perkembangan berat tubuh seorang bayi yang tercatat di Posyandu Kampung Melati berikut ini.
No.PertanyaanGambar
1.Apa yang ditunjukkan oleh grafik tersebut? Grafik Perkembangan Berat Badan Seorang Bayi
 kolaborasi antar anggota keluarga dan masyarakat sangat diharapkan Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel dan Grafik
2.Bagaimana perbandingan berat tubuh bayi pada usia 3 bulan dan 6 bulan? Usia 3 bulan berat tubuh bayi 6,5 kg Usia 6 bulan 7,5 kg.
3.Pada usia berapa bayi tersebut memiliki berat tubuh tertinggi? Pada usia 8 bulan.
4.Apakah ada permasalahan dalam perkembangan berat tubuh bayi tersebut? Jelaskan. Usia 9 bulan berat tubuh bayi menurun.
5.Buat 4 pertanyaan lainnya yang sanggup kau jawab dari grafik tersebut.
6.Tukarkan pertanyaan tersebut dengan teman di sebelahmu dan minta mereka menjawab.

Data grafik tersebut sanggup disajikan ke dalam tabel sebagai berikut.
UmurBerat Badan
14
25,5
36,5
46,8
57,5
67,5
78
88,5
98,2

Setelah selesai membuat potpourri, seorang siswa melaksanakan pendataan mengenai bahan-bahan yang paling banyak terdapat dalam potpourri yang dibentuk teman satu kelas.

Kuesioner
Bahan apa yang paling banyak ada dalam potpourri kamu?
Beri tanda √ pada kotak berikut
SerehMawarDaun KeringMelati

Dari kuesioner yang diajukan didapatkan data sebagai berikut
BahanLaki-lakiPerempuan
Sereh93
Mawar25
Daun kering63
Melati75

Grafik
 kolaborasi antar anggota keluarga dan masyarakat sangat diharapkan Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel dan Grafik
Kesimpulan :
Bahan yang paling banyak dipakai dalam potpouri yakni Bunga Pinus dan Melati.

Setelah kau membaca grafik dan tabel, manakah yang lebih memudahkan kau mengetahui informasi? Grafik atau tabel. Jelaskan jawabanmu.

Tabel yakni daftar berisi ikhtisar dari sejumlah fakta dan informasi. Biasanya fakta atau gosip itu hanya berupa nama dan bilangan yang tersusun dalam urutan kolom dan baris.Tabel berfungsi menjelaskan suatu fakta atau gosip secara singkat, jelas, dan lebih menarik daripada kata-kata. Sajian gosip yang memakai tabel lebih gampang dibaca dan disimpulkan. 

Grafik merupakan gambar yang terdiri atas garis dan titik-titik koordinat. Dalam grafik terdapat dua jenis garis koordinat, yakni garis koordinat X yang berposisi horisontal dan garis koordinat Y yang vertikal. Pertemuan antara setiap titik X dan Y membentuk baris-baris dan kolom-kolom. Grafik dipakai untuk memperjelas suatu bacaan. Grafik memungkinkan penyampaian gosip yang kompleks secara lebih mudah. Grafik dipakai untuk membandingkan jumlah data. Selain itu, dipakai pula untuk memperlihatkan fluktuasi suatu perkembangan jumlah, contohnya dalam rentang waktu lima tahun, enam tahun, sepuluh tahun, atau lebih. Dengan grafik, perbandingan serta naik turunnya suatu jumlah data akan lebih jelas.

Siswa kelas 6 SD Negeri Melati ingin mengetahui jajanan siswa SD di beberapa sekolah di Jakarta. Untuk itu, mereka mencoba menggali gosip dari sebuah hasil survei. Apa saja jajanan yang digemari siswa SD dari hasil survei tersebut?
No.Jenis JajananJumlah Siswa yang sering membeli
1.Es Sirop100
2.Es Krim123
3.Mie Ayam74
4.Mie Bakso61
5.Nasi uduU101
6.Cakwe105
7.Batagor165
8.Siomay186
9.Bakso Goreng53
 kolaborasi antar anggota keluarga dan masyarakat sangat diharapkan Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel dan Grafik
Diskusikan tanggapan untuk pertanyaan berikut secara berkelompok yang terdiri atas 4-5 orang.
  1. Apa gosip penting yang kau temukan dari tabel dan grafik tersebut? Jelaskan! Jenis-jenis jajanan siswa sekolah dasar di Jakarta.
  2. Apa masakan yang paling sering dibeli oleh siswa? Siomay (186 siswa)
  3. Berapa jumlah siswa yang menawarkan tanggapan dalam survei tersebut? Bagaimana cara kau mengetahuinya? Menjumlahkan siswa yang membeli jajanan yaitu es sirop 100, es krim 123, mie ayam 74, mie bakso 61, nasi uduk 101, cakwe 105, batagor 165, siomay 186, dan bakso goreng 53 sehingga jumlah seluruhnya yakni 968 siswa.
  4. Tulis hasil analisa kelompokmu terhadap tabel dan grafik tadi beserta komentar dan saran. Pada jumlah siswa dalam grafik akan lebih terang dipahami kalau memakai interval yang lebih kecil contohnya 10 sehingga data dalam grafik lebih gampang dipahami.
  5. Menurutmu, apakah semua jajanan yang mereka beli sehat? Jelaskan alasan jawabanmu! Belum tentu sebab harus diperhatikan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat jajanan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel