Peranan Dan Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi (operating system atau OS) yaitu perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memperlihatkan kemudahan untuk pemakai dalam penggunaan komputer. Sistem Operasi yang umum dipakai oleh personal komputer mencakup tiga kelompok besar yaitu keluarga microsoft windows, keluarga unix dan keluarga Mac OS.Dalam struktur sistem komputer,

A. Struktur Sistem Komputer
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor, multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Struktur komputer yaitu cara-cara dari setiap komponen yang saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, sanggup digambarkan dalam diagram blok pada gambar dibawah.
 yaitu perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur Peranan dan Fungsi Sistem Operasi
Secara umum struktur komputer terdiri dari Hardware komputer, Operating System, Utilities, dan Aplication Program.

1. Computer Hardware
Computer hardware yaitu semua serpihan fisik dari komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan aba-aba untuk perangkat keras dalam menuntaskan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram bila berbicara mengenai firmware, sebab firmware ini yaitu perangkat lunak yang "dibuat" atau di tanam ke dalam perangkat keras.

2. Operating System
Sistem operasi atau operating system/OS yaitu komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem Operasi merupakan perangkat lunak lapisan pertama yang diletakkan pada media penyimpan (hard disk) di komputer. Sementara itu perangkat lunak lainnya berada pada lapisan ke dua. 

3. Utilities
Utilities merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Utilitas memfokuskan penggunaannya pada optimalisasi fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Fungsi tersebut antara lain backup data, pemulihan sistem atau data, kompresi data, penanganan virus dll.

4. Aplication Programs
Aplication programs yaitu perangkat lunak aplikasi yang memanfaatkan kemampuan komputer eksklusif untuk melaksanakan tugas-tugas yang diinginkan pengguna. Pengguna sanggup melaksanakan banyak sekali hal dengan komputer ibarat mengetik, melaksanakan permainan, merancang gambar dll. Beberapa acara aplikasi digabung bersama menjadi suatu paket yang disebut paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya yaitu Microsoft Office dan OpenOffice.org,

B. Fungsi dan Peranan Sistem Operasi
Sistem Operasi memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam sistem komputer. Peranan dan fungsi sistem operasi tersebut antara lain ialah :
  1. Sebagai kernel, yaitu acara yang secara terus-menerus berjalan (running) selama komputer dijalankan.
  2. Sebagai Guardian: yaitu menyediakan kontrol kanal yang melindungi file dan memperlihatkan pengawasan kepada proses pembacaan, penulisan atau sanksi data dan program..
  3. Sebagai Gatekeeper: mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang sanggup mereka kerjakan dikala telah log dalam sistem.
  4. Sebagai Optimizer: Mengefisienkan perangkat keras komputer sehingga nyaman untuk dioperasikan oleh pengguna, menjadwal input oleh pengguna, pengaksesan basis data, proses komunikasi, dan pengeluaran (output) untuk meningkatkan kegunaan.
  5. Sebagai Coordinator : menyediakan kemudahan sehingga acara yang kompleks sanggup diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.
  6. Sebagai Programm Controller acara pengontrol yaitu acara yang dipakai untuk mengontrol acara aplikasi lainnya.
  7. Sebagai Server: untuk menyediakan layanan yang sering diharapkan pengguna, baik secara eksplisit maupun implisit, ibarat prosedur kanal file, kemudahan interupt.
  8. Sebagai Accountant: mengatur waktu CPU (CPU time), penggunaan memori, pemanggilan perangkat I/O (masukan/keluaran), disk storage dan waktu koneksi terminal.
  9. Sebagai interface (antar muka) yang menjembatani pengguna dengan perangkat keras, menyediakan lingkungan yang dekat dan gampang dipakai (User Friendly). Sehingga pengguna tidak dirumitkan oleh bahasa mesin atau perangkat level bawah
  10. Sistem resources manager : yaitu sebagai pengelola seluruh sumber daya sistem komputer.
  11. Sebagai Virtual Machine, yang menyediakan layanan ibarat menyembunyikan kompleksitas pemrograman dan menyajikan kemudahan yang lebih gampang untuk memakai hardware.

Sistem operasi memiliki peranan yang penting dalam sistem komputer. Fungsi dan peranan sistem operasi antara lain yaitu sebagai kernel, guardian, gatekeeper, optimizer, coordinator, acara controller, acountant, interface, resources manager dan virtual machine. Perkembangan sistem operasi sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Perkembangan sistem operasi berkaitan erat dengan perkembangan arsitektur perangkat lunak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel