Peran Listrik Dalam Globalisasi

Penemuan listrik sangat besar lengan berkuasa terhadap proses globalisasi. Benda-benda memakai energi listrik yang berperanan sampai terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer. Pengaruh listrik terhadap globalisasi yaitu memperlihatkan tugas yang sangat besar terhadap saluran gosip ke aneka macam belahan dunia. Listrik menjadi hal penting terhadap terjadinya globalisasi, alasannya dengan adanya listrik kemudian terjadi arus gosip yang dengan cepat sanggup diakses oleh waga di aneka macam penjuru dunia. Beragam benda elektronik yang berperanan terhadap terjadinya globalisasi, antara lain televisi, radio, telepon genggam, dan internet melalui media komputer.

1. Globalisasi
Globalisasi ialah proses interaksi saling keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar insan di seluruh dunia melalui aneka macam bidang, sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi merupakan tatanan masyarakat yang populer diseluruh dunia dan tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi besar lengan berkuasa di semua bidang kehidupan menyerupai bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan pendidikan.

Teknologi gosip dan komunikasi ialah faktor pendukung utama terjadinya globalisasi. Perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala gosip dalam aneka macam bentuk sanggup tersebar luas dan begitu gampang didapatkan di seluruh dunia. Globalisasi membawa efek bagi kehidupan suatu negara di dunia termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut mencakup efek konkret dan negatif. Dampak konkret globalisasi:
  1. Bidang ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara sehingga akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
  2. Bidang sosial budaya, kita sanggup memalsukan tumpuan pikir yang baik menyerupai etos kerja yang tinggi dan disiplin dan penggunaan IPTEK bangsa lain yang lebih maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa.
  3. Bidang politik, sistem pemerintahan yang lebih terbuka dan demokratis alasannya pemerintahan ialah bab besar dari negara. Jika suatu negara di jalankan secara higienis dan jujur makan akan meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap negara.

Dampak negatif globalisasi:
  1. Globalisasi sanggup merubah nilai-nilai masyarakat Indonesia. Khususnya anak muda dikhawatirkan akan lupa dengan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, alasannya gaya hidup yang cenderung memalsukan budaya barat. Jika hal tersebut terus terjadi maka tidak menutup kemungkinan nilai-nilai pancasila dan rasa nasionalisme akan hilang.
  2. Munculnya perilaku individualisme yang menjadikan ketidakpedulian antar sesama warga, sehingga orang tidak lagi peduli dengan kehidupan bangsa
  3. Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri alasannya banyak produk luar negeri membanjiri Indonesia.
 Penemuan listrik sangat besar lengan berkuasa terhadap proses globalisasi Peran Listrik dalam Globalisasi
Dampak Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Globalisasi
Bagi masyarakat kini teknologi gosip dan komunikasi merupakan suatu kebutuhan khusus yang telah membawa manfaat luar biasa. Teknologi dianggap sanggup menuntaskan dilema pada ketika ini bahkan sebagian masyarakat memuja kecanggihan yang di tawarkan oleh teknologi. Masyarakat meyakini teknologi sanggup memperlihatkan kesejahteraan dan aneka macam kebutuhan lainnya namun teknologi juga mendatangkan malapetaka bagi kehidupan bangsa kita.

Dampak konkret teknologi gosip dan komunikasi:
  1. Komunikasi semakin mudah, cepat, murah dan nyaman melalui kemudahan email, chatting, bahkan bertatap muka melalui internet.
  2. Komunikasi sanggup dilakukan dengan siapapun, di manapun, kapanpun dengan handphone ataupun internet.
  3. Beragam gosip terbaru gampang didapat melalui internet. Internet juga sanggup dipakai sebagai media pertukaran data. Para pengguna internet di seluruh dunia sanggup saling bertukar gosip dengan cepat dan murah.
  4. Berbelanja lebih gampang dilakukan memakai internet. Kemudahan bertransaksi bisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju daerah penjualan.

Dampak negatif perkembangan teknologi informasi:
  1. Munculnya budaya plagiarisme (penjiplakan hasil karya orang lain).
  2. Pemanfaatan jasa gosip dan telekomunikasi oleh jaringan t*roris.
  3. Membuat orang lupa waktu.
  4. Munculnya porn*grafi.
  5. Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
  6. Munculnya kejahatan yang merugikan orang lain menyerupai hacker atau cracker.
  7. Meluasnya perj*dian di dunia maya.

Perangkat Teknologi Informasi di Sekitar Kita
Perangkat teknologi gosip merupakan segala jenis peralatan yang dipakai untuk mendapat gosip yang diharapkan baik melalui media cetak atupun elektronik yaitu :
  1. Televisi sanggup dipakai sebagai hiburan dan sumber informasi
  2. Laptop, biasa dipakai untuk mengelola atau menyimpan data dan sanggup di tampilkan lain waktu.
  3. Radio. sanggup dipakai sebagai hiburan dan sumber informasi.
  4. Kamera digital, dipakai untuk mengambil sebuah gambar atau video dengan metode penyimpanan atau disk.

Kesimpulan
  1. Teknologi ialah suatu rancangan atau desain alat untuk memenuhi kehidupan manusia. Teknologi juga dipakai untuk memajukan dan membangun suatu negara.
  2. Informasi ialah sekumpulan data ihwal aneka macam hal yang berasal dari fakta yang di catat dan diolah sehingga mempunyai kegunaan dan bermanfaat bagi pemakainya. Beragam gosip menciptakan masyarakat mengetahui aneka macam hal tanpa perlu melihatnya secara langsung.
  3. Teknologi gosip merupakan alat untuk mengelola data (memproses, mendapatkan, menyusun, mempublikasikan data). Teknologi gosip memungkinkan kita memperoleh gosip dari seluruh dunia tanpa harus mengunjunginya.
  4. Dampak yang terjadi dalam masyarakat dengan adanya teknologi gosip kemudian memudahkan insan dalam berkomunikasi memakai kemudahan email, chatting.
  5. Selain memperlihatkan dampak positif, teknologi juga memperlihatkan dampak negatif. Misalnya penipuan di internet, penculikan, meningkatkan plagiarisme dan mengurangi sifat sosial.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel