Soal Penilaian Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Tema dua subtema dua Bekerjasama mencapai tujuan untuk kelas vi sekolah dasar terdiri dari beberapa mata pelajaran. Matematikaa membahas perihal mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan daerah bermain dengan satuan derajat. IPA membahas perihal mengidentifikasi cara makhluk hidup mengikuti keadaan dengan lingkungan. PKn membahas perihal menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada Masa Penjajahan, Pergerakan Nasional dan Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini yaitu soal penilaian tema dua subtema dua kelas vi kurikulum 2013.

Gotong Royong
Peluh membasahi seluruh tubuhnya. Kaosnya mulai berair oleh keringat. Bongkahan-bongkahan kerikil besar berantakan menjadi kepingan-kepingan kecil ditimpa ayunan besi dari para warga desa. Batu-batu yang berantakan itu lalu berjajar rapi membentuk barisan yang tampak bagaikan sungai yang berliku membelah hijaunya hamparan hutan dan perkebunan di desa.

Warga desa Kenongo kecamatan Gucialit hari ini sedang bergotong royong membangun jalan di desa mereka. Mereka setuju secara swadaya membangun jalan untuk mempermudah kehidupan warga. Dengan kecintaan akan desanya serta semangat persatuan, mereka bergotong royong membuatkan kiprah untuk mewujudkan jalan desa harapan mereka. Sebagian warga bertugas menyiangi rumput yang masih tersisa, sebagian lagi bergantian memecah kerikil dan menyusunnya di sepanjang jalanan yang telah terbuka.

Waktu makan yaitu ketika yang ditunggu-tunggu oleh para warga. Mereka bahu-membahu menggelar daun pisang dan menikmati kuliner yang telah disiapkan oleh para ibu di dapur umum. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Itulah peribahasa yang sempurna untuk menggambarkan semangat persatuan dan kolaborasi para warga desa.

Jawab pertanyaan berikut!
  1. Apa yang dilakukan oleh warga desa Kenongo? Bergotong royong membangun jalan desa.
  2. Bagaimana nilai-nilai persatuan warga desa tersebut? Mereka bergotong royong membuatkan kiprah untuk mewujudkan jalan desa harapan mereka.
  3. Bagaimana kekerabatan antara kemerdekaan dengan aktivitas warga desa tersebut? Jelaskan! Kegiatan warga desa membangun jalan desa merupakan bentuk warga negara dalam melakukan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.
  4. Apakah tujuan mereka tercapai? Jelaskan! Mereka berhasil membangun jalan dengan cara gotong royong.

2. Tuliskan kembali kisah tersebut dalam bentuk ringkasan!
Warga desa Kenongo Kecamatan Gucialit bergotong royong membangun jalan desa mereka. Mereka bergotong royong membuatkan kiprah untuk mewujudkan jalan desa harapan mereka. Sebagian warga ada yang memecah kerikil menjadi pecahan-pecahan kecil, ada yang menyiangi rumput, dan menyusun batu-batu di sepanjang jalan. Saat makan mereka menggelar daun pisang dan menikmati kuliner oleh para ibu di dapur umum. Semangat persatuan mereka bisa mencapai tujuan membangun sebuah jalan.

3. Sudut di sekitarku
Temukan besar sudut berikut tanpa memakai busur!
 Tema dua subtema dua Bekerjasama mencapai tujuan untuk kelas vi sekolah dasar terdiri dar Soal Evaluasi Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Besar sudut a = sudut a sudut dalam sepihak jumlahnya 180° sehingga a = 180° - 119° = 61°
Besar sudut b = sudut b sudut sehadap besarnya sama yaitu 131°
Besar sudut c = sudut c sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 120°
Besar sudut d = sudut d sudut dalam berseberangan besarnya sama yaitu 106°
Besar sudut e = sudut e sudut dalam berseberangan besarnya sama  yaitu 51°
Besar sudut f = sudut f sudut sehadap sama besarnya yaitu 59°
Besar sudut g = sudut g sudut sehadap sama besarnya yaitu 79°
Besar sudut h = sudut dalam sepihak sepihak jumlahnya 180° sehingga h = 180° - 125° = 55°
Besar sudut j = sudut dalam sepihak sepihak jumlahnya 180° sehingga j = 180° - 105° = 75°
Besar sudut m = sudut m berseberangan dengan n sehingga m = 103°
Besar sudut n = sudut n sudut berpelurus jumlahnya 180° sehingga n = 180° - 77° = 103°
Besar sudut p = sudut p sudut bertolak belakang dengan q sehingga p = 138°
Besar sudut q = sudut p sudut luar sepihak sehingga q = 180° - 42° = 138°
 Tema dua subtema dua Bekerjasama mencapai tujuan untuk kelas vi sekolah dasar terdiri dar Soal Evaluasi Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan
4. Ceritaku perihal sudut
  1. Buatlah soal kisah perihal sudut dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Tukarlah soal kisah yang telah kau buat untuk dijawab oleh temanmu.
  3. Periksa tanggapan temanmu dan diskusikan bersama!
5. Bandingkan sistem pembiasaan dua jenis binatang berikut!
Gambar HewanSistem Adaptasi
 Tema dua subtema dua Bekerjasama mencapai tujuan untuk kelas vi sekolah dasar terdiri dar Soal Evaluasi Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Bentuk paruhParuh itik ibarat sudu dan pangkal bergerigi mempunyai kegunaan untuk menyaring kuliner dari air dan lumpur.
Bentuk kakiFungsi ciri khusus angsa mempunyai kaki berselaput yaitu memudahkan angsa dalam berenang.
Jenis makananHewan kecil
Tempat hidupAir
 Tema dua subtema dua Bekerjasama mencapai tujuan untuk kelas vi sekolah dasar terdiri dar Soal Evaluasi Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan
Bentuk paruhParuh ayam  pendek, tebal, runcing, dan tajam sesuai dengan makanannya yaitu binatang kecil dan biji-bijian
Bentuk kakiJari kaki panjang mempunyai kegunaan untuk mengais maknan yang ada di dalam tanah.
Jenis makananBiji-bijian
Tempat hidupDarat
a. Adakah kekerabatan antara bentuk penggalan badan dengan jenis kuliner serta daerah hidupnya? Jelaskan! Bebek mempunyai paruh ibarat sudu sebab mencari kuliner dalam air dan lumpu, ayam mempunyai paruh pendek, tebal dan runcing sesuai makanannya yaitu biji-bijian dan binatang kecil. Bebek mempunyai kaki berselaput sebab biasanya mencari makan dalam air, ayam mempunyai jari kaki panjang untuk mengais kuliner dalam tanah.

b. Simpulkanlah apa fungsi dari sistem pembiasaan hewan! Sistem pembiasaan binatang mempunyai kegunaan untuk mengikuti keadaan dengan daerah hidupnya dan untuk mencari maknan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel