Soal Penilaian Tema 8 Subtema 2 Bumiku Dan Musimnya
Tuesday, March 17, 2020
Edit
Tema delapan subtema dua kelas 6 sekolah dasar kurikulum 2013 terdiri dari beberpa kompetensi dasar. Bahasa Indonesia dengan KD Menyajikan teks klarifikasi (eksplanasi) ilmiah wacana penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis dengan menentukan dan memilah kosakata baku.
PPKn dengan KD Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam
membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan. Matematika dengan KD Menentukan mekanisme pemecahan problem dengan menganalisis kekerabatan antar simbol, gosip yang relevan, dan mengamati pola.
Sedangkan SBdP dengan KD Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi menurut hasil pengamatan. Mata Pelajaran IPA dengan KD Melaksanakan percobaan
wacana hantaran dan perubahan benda akhir efek suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut.
Mata pelajaran IPS dengan KD Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya. Berikut ini pola soal penilaian tema 8 subtema 2 Bumiku dan Musimnya.
Amatilah gambar di atas.
1. Tuliskan keragaman yang kau ketahui dari gambar tersebut!
Keragaman profesi yang ada di masyarakat mengakibatkan kekerabatan saling ketergantungan antar profesi yang satu dengan yang lainnya.
2. Apa yang terjadi jikalau semua orang mempunyai profesi yang sama?
Semua kebutuhan insan tidak akan terpenuhi dan akan saling berebut lapangan pekerjaan.
3. Tuliskan cara yang sanggup dilakukan biar seluruh masyarakat hidup rukun dan sejahtera meskipun mempunyai keragaman pekerjaan!
Cara yang sanggup dilakukan biar seluruh masyarakat hidup rukun mesti beberda profesi yakni dengan saling menghargai profesi masing-masing alasannya yakni setiap profesi diharapkan untuk kelangsungan hidup suatu masyarakat.
4. Bagaimana saling ketergantungan antarprofesi?
Antara profesi yang satu dengan yang lainya saling membutuhkan. Seorang guru membtuthkan tukang sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sedangkan tukang sayur membutuhkan seorang guru untuk mendidik anaknya. Guru dan penjual sayur juga bergantung pada petani dan nelayan.
5. Apa yang dimaksud dengan revolusi Bumi? Apa pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.
6. Apa yang kau ketahui wacana pemuaian?
Pemuaian yakni bertambahnya ukuran suatu benda alasannya yakni efek perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda alasannya yakni mendapatkan kalor. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas
7. Bagaimana efek suhu terhadap perubahan benda?
Suhu tinggi maupun rendah akan besar lengan berkuasa terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Jadi, ukuran, bentuk dan wujud benda dipengaruhi oleh suhu, baik suhu panas atau suhu dingin. Perubahan suhu akan menjadikan perubahan terhadap benda (padat, cair, dan gas).
8. Sebutkan penyakit menular dan tidak menular yang sanggup timbul alasannya yakni perubahan suhu dan kurangnya menjaga kebersihan diri!
9. Tuliskan cara yang sanggup dilakukan sehari-hari untuk memelihara kebersihan dan kesehatan diri!
Kebersihan diri mencakup kebersihan seluruh anggota tubuh, termasuk gigi, rambut, serta pakaian yang dikenakan. Untuk menjaga kebersihan diri sanggup dilakukan dengan: Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi
10. Perhatikan pola bentuk di bawah ini!
Buatlah tabel data masuk dan keluar menurut gambar di atas!
Pola apa yang kau temukan? Jelaskan. Pola yang ada dalam tabel di atas yakni data keluar = data masuk x 2 - 1
11. Perhatikan kedua gambar bentuk di bawah ini!
Pola apa yang kau temukan untuk gambar 1? Jelaskan.
Pola yang ada pada bangkit 1 yakni data keluar = data keluar +3
Pola apa yang kau temukan untuk gambar 2? Jelaskan.
Pola yang ada pada bangkit 2 yakni data keluar = data masuk x 2
12. Perhatikan data berikut!
Gambarkan data di atas pada kertas berpetak. Gambarkan juga bentuk yang ke-6. Data keenam yakni 6 x 2 = 12
PPKn dengan KD Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam
membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan. Matematika dengan KD Menentukan mekanisme pemecahan problem dengan menganalisis kekerabatan antar simbol, gosip yang relevan, dan mengamati pola.
Sedangkan SBdP dengan KD Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi menurut hasil pengamatan. Mata Pelajaran IPA dengan KD Melaksanakan percobaan
wacana hantaran dan perubahan benda akhir efek suhu, serta mengidentifikasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut.
Mata pelajaran IPS dengan KD Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan insan dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita,tulisan atau media lainnya. Berikut ini pola soal penilaian tema 8 subtema 2 Bumiku dan Musimnya.
Amatilah gambar di atas.
1. Tuliskan keragaman yang kau ketahui dari gambar tersebut!
Keragaman profesi yang ada di masyarakat mengakibatkan kekerabatan saling ketergantungan antar profesi yang satu dengan yang lainnya.
2. Apa yang terjadi jikalau semua orang mempunyai profesi yang sama?
Semua kebutuhan insan tidak akan terpenuhi dan akan saling berebut lapangan pekerjaan.
3. Tuliskan cara yang sanggup dilakukan biar seluruh masyarakat hidup rukun dan sejahtera meskipun mempunyai keragaman pekerjaan!
Cara yang sanggup dilakukan biar seluruh masyarakat hidup rukun mesti beberda profesi yakni dengan saling menghargai profesi masing-masing alasannya yakni setiap profesi diharapkan untuk kelangsungan hidup suatu masyarakat.
4. Bagaimana saling ketergantungan antarprofesi?
Antara profesi yang satu dengan yang lainya saling membutuhkan. Seorang guru membtuthkan tukang sayur untuk memenuhi kebutuhan gizinya, sedangkan tukang sayur membutuhkan seorang guru untuk mendidik anaknya. Guru dan penjual sayur juga bergantung pada petani dan nelayan.
5. Apa yang dimaksud dengan revolusi Bumi? Apa pengaruhnya dalam kehidupan kita? Jelaskan.
Revolusi Bumi yakni peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi mengelilingi matahari pada orbitnya sekali dalam waktu 365¼.hari. Pengaruh revolusi bumi antara lain Perbedaan usang siang dan malam, Gerak Semu Tahunan Matahari, Perubahan Musim, dan Perubahan Kenampakan Rasi Bintang
6. Apa yang kau ketahui wacana pemuaian?
Pemuaian yakni bertambahnya ukuran suatu benda alasannya yakni efek perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda alasannya yakni mendapatkan kalor. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas
7. Bagaimana efek suhu terhadap perubahan benda?
Suhu tinggi maupun rendah akan besar lengan berkuasa terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Jadi, ukuran, bentuk dan wujud benda dipengaruhi oleh suhu, baik suhu panas atau suhu dingin. Perubahan suhu akan menjadikan perubahan terhadap benda (padat, cair, dan gas).
8. Sebutkan penyakit menular dan tidak menular yang sanggup timbul alasannya yakni perubahan suhu dan kurangnya menjaga kebersihan diri!
Nama Penyakit | Jenis Penyakit | Gejala | Penyebab | Cara Pencegahan |
---|---|---|---|---|
Influenza | Menular | Menggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggi | Virus | Mengkonsumsi air putih sebanyak - banyaknya dan istirahat yang cukup |
Demam Berdarah | Menular | Demam secara datang – tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulit | Nyamuk Aedes Aegypti | Penyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat |
Diare | Menular | Gejala luka, alergi zat tertentu, penyakit dari makanan, kelebihan mengkonsumsi vitamin C | Virus | Mengkonsumsi cairan oralit |
Tuberkulosis | Menular | Batuk lebih dari 2 minggu. Rasa nyeri di dada. Batuk yang mengeluarkan dahak bercampur dengan darah. Penurunan berat tubuh tanpa ada suatu alasan yang jelas. Mengalami demam, terutama sore hari. Keringat di malam hari. Menurunnya nafsu makan. | Bakteri | Mencegah kontak pribadi dengan penderita dan Pemberian vaksin BCG |
Cacar | Menular | Demam, sakit kepala, nyeri tubuh dan ruam. | Virus Varicella Zoster | Menjaga kebersihan dan Vaksinasi yakni cara terbaik untuk mencegah cacar air. |
Malaria | Menular | Menggigil, demam tinggi, dan berkeringat., Nyeri pada otot, tulang, dan sakit kepala. Rasa lemah dan gampang lelah. Badan menjadi kuning, Anemia, Mual, muntah, dan nafsu makan menurun. | Parasit Plasmodium | Membersihkan kolam mandi dan menabur serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk. Menyingkirkan atau menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk. |
Disentri | Menular | Di samping diare, tanda-tanda disentri lainnya mencakup kram perut, mual atau muntah, serta demam. | Bakteri | Senantiasa mencuci tangan dengan air bersih. Selalu mencuci tangan sebelum makan, memasak, serta menyiapkan makanan Jangan memakai handuk atau peralatan makan yang sama dengan pengidap. |
Kebersihan diri mencakup kebersihan seluruh anggota tubuh, termasuk gigi, rambut, serta pakaian yang dikenakan. Untuk menjaga kebersihan diri sanggup dilakukan dengan: Cara Menjaga dan Memelihara Kesehatan Pribadi
- Mandi dua kali sehari
- Menggosok gigi saat hendak tidur dan pagi hari sehabis bangkit tidur
- Memelihara kebersihan rambut, kuku, hidung, telinga, dan pakaian yang dikenakan.
10. Perhatikan pola bentuk di bawah ini!
Buatlah tabel data masuk dan keluar menurut gambar di atas!
Pola | Banyak Segitiga |
---|---|
1 | 1 x 2 - 1 = 1 |
2 | 2 x 2 -1 = 3 |
3 | 3 x 2 - 1 = 5 |
4 | 4 x 2 - 1 = 7 |
5 | 5 x 2 - 1 = 9 |
6 | 6 x 2 - 1 = 11 |
11. Perhatikan kedua gambar bentuk di bawah ini!
Pola apa yang kau temukan untuk gambar 1? Jelaskan.
Pola | Banyak Persegi |
---|---|
1 | 2 |
2 | 5 |
3 | 6 |
4 | 7 |
Pola apa yang kau temukan untuk gambar 2? Jelaskan.
Pola | Banyak Persegi |
---|---|
1 | 2 |
2 | 4 |
3 | 6 |
4 | 8 |
12. Perhatikan data berikut!
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 1 x 2 = 2 |
2 | 2 x 2 = 4 |
3 | 3 x 2 = 6 |
4 | 4 x 2 = 8 |