Mengidentifikasi Teks Jawaban Kritis

Teks Tanggapan Kritis merupakan teks yang dibentuk untuk menanggapi suatu pendapat dari seseorang maupun kelompok secara kritis dan masuk akal. Sebelum memperlihatkan jawaban kritis, kita harus memahami dulu fakta atau hal yang kita tanggpi. Tanggapan kita sanggup menguatkan atau melemahkan pendapat yang ada di dalam teks yang ditanggapi. Bahkan, kita bisa menolak pandangan dan gagasan dalam artikel itu melalui alasan yang mendukung data akurat. Pandangan-pandangan itu kita tulis dengan dasar dan referensi yang sempurna supaya tidak menjadi sebuah jawaban yang tidak sanggup diterima orang lain.

Unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks jawaban kritis. Unsur kebahasaan itu menjadi ciri yang sanggup membedakan teks jawaban kritis dengan teks lain. Misalnya, penggunaan ungkapan untuk menguatkan dan melemahkan, ungkapan untuk melihat sudut pandang orang lain, ungkapan untuk menggambarkan penegasan ulang, urutan bilangan, dan gaya bahasa. Untuk lebih jelas, perhatikan uraian berikut. Ungkapan jawaban sanggup dibagi menjadi beberapa ungkapan berikut.

Ungkapan TanggapanContoh
Ungkapan jawaban yang menguatkan atau menyetujui pikiran penulis atau pelempar gagasan
  1. Ide tersebut sangat tepat.
  2. Pendapat yang dikemukakan penulis sangat tepat.
  3. Saya sependapat dengan hal itu.
Ungkapan jawaban yang menolak atau tidak menyetujui pikiran penulis
  1. Tentu pandangan-pandangan itu sanggup terbantahkan.
  2. Pendapat yang penulis ungkapkan tidak menurut fakta.
  3. Saya tidak sependapat dengan hal itu.
Ungkapan jawaban yang mengungkapkan sudut pandang orang lain
  1. Dia menyampaikan bahwa ....
  2. Dia beropini bahwa ….
  3. Penulis menyatakan bahwa ….
Ungkapan jawaban yang menggambarkan simpulan dari data orang lain
  1. Data yang disajikan memperlihatkan bahwa ….
  2. Simpulan goresan pena itu memperlihatkan bahwa ….
  3. Alasan yang disampaikan penulis tidak tepat.
Ungkapan jawaban yang memakai gaya bahasa/majas penghalusan
  1. Saya baiklah dengan pendapat itu, tetapi ....
  2. Data yang dikumpulkan sudah cukup lengkap, tetapi ....
  3. Secara umum saya setuju dengan penulis, tetapi saya mempunyai landasan berpikir sendiri dalam hal itu.
Ungkapan jawaban yang memakai kata bilangan atau urutan informasi
  1. Alasan pertama yakni ....
  2. Alasan kedua sanggup dikemukakan bahwa ....
  3. Dasar berikutnya sebagai penguat pendapat saya yakni ….

Teks jawaban kritis ternyata mempunyai unsur kebahasaan khusus yang belum tentu ditemukan di dalam teks jenis lain. Untuk menambah pemahamanmu, kau diminta mengamati teks “Pesawat Kepresidenan” di bawah ini. 
Struktur TeksKalimat dalam Teks
EvaluasiKeinginan Pemerintah Indonesia untuk mempunyai pesawat khusus kepresidenan sudah usang ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat jawaban yang bermacam-macam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air semenjak Kamis, 10 April 2014. Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di bandara Halim Perdanakusuma.

Meskipun tidah semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat gres dengan perlengkapan yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat.
Deskripsi TeksAda banyak alasan yang memperkuat bahwa dikala ini bukan waktu yang sempurna untuk mempunyai pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya yakni pesawat tersebut mempunyai biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya yakni pada dikala rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati kemudahan negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya yakni dikala ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih sanggup tertangani dengan baik. Penanggap tolong-menolong setuju dengan kesimpulan bahwa dikala ini bukan waktu yang sempurna untuk mempunyai pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang sempurna sebagai jawaban terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional.
 Teks Tanggapan Kritis merupakan teks yang dibentuk untuk menanggapi suatu pendapat dari ses Mengidentifikasi Teks Tanggapan Kritis

Pada zaman Presiden Gus Dur sudah ada perihal pembelian pesawat kepresidenan itu, tetapi dengan mempertimbangkan biaya yang sangat tinggi kesudahannya rencana tersebut tidak direalisasikan. Apakah fakta tersebut sempurna sebagai alasan? Hitungan dan efektivitasnya sanggup diuraikan dengan jelas. Pesawat itu dibeli dengan harga Rp820 miliar dan mulai dibentuk semenjak 2011. Pesawat itu bisa terbang sekitar 10—12 jam, bisa menghalau peluru kendali, sanggup mendarat di bandara kecil, bisa memuat rombongan Presiden hingga 50 orang, dan mempunyai peralatan navigasi, komunikasi, sistem keamanan, isolasi kabin, dan hiburan khusus selama penerbangan. Dari total US$91,2 juta atau Rp820 miliar biaya yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia untuk membeli BBJ2, US$58,6 juta dialokasikan untuk tubuh pesawat, US$27 juta guna interior kabin, US$4,5 juta bagi sistem keamanan, dan US$1,1 juta untuk biaya administrasi.

Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) jilid dua, perihal ini kembali muncul. Dalam perhitungan baru, pesawat untuk RI-1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga Rp114 miliar per tahun. Sekretaris Negara mengklaim bahwa jauh lebih murah mempunyai pesawat kepresidenan sendiri daripada menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia ibarat yang selama ini dilakukan. Sistem carter ini tidak menguntungkan alasannya semakin sering Presiden melaksanakan lawatan, biaya terus meningkat. Pada 2006 misalnya, anggaran lawatan dinas Presiden Rp75 miliar, tahun 2007 melonjak menjadi Rp175 miliar, dan tahun 2009 naik lagi ke angka Rp180 miliar.

Alasan berikutnya terang bahwa Indonesia yakni negara kepulauan yang mau tidak mau Presiden harus mempunyai pesawat sendiri. Tidak mungkin Presiden memakai pesawat komersial alasannya jadwalnya sangat terbatas. Pandangan bahwa mempunyai pesawat kepresiden bukan merupakan prioritas juga sanggup dibantah alasannya dikala ini perekonomian Indonesia sudah stabil. Pertumbuhan cukup baik sehingga operasional sanggup ditutupi. Pembelian pesawat kepresidenan juga bukan hal yang menghilangkan kepekaan terhadap rakyat. Kepekaan kepada rakyat sanggup ditunjukkan secara eksklusif dengan mengeluarkan kebijakan yang memihak kepada rakyat, khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan pujian merupakan hal yang lebih utama kalau dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya sepertinya emosional.
Penegasan UlangDengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas aktivitas Presiden yang sangat padat itu.
Diolah dari sumber: http://www.tempo.com

Kemudian, kerjakan kiprah berikut sesuai dengan perintah. Agar lebih mudah, kerjakan dalam format ibarat berikut!
No.Jenis UngkapanKata/frasa yang digunakan
1.Ungkapan penguatan
  1. Pembelian pesawat kepresidenan juga bukan hal yang menghilangkan kepekaan terhadap rakyat. 
  2. Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan pujian merupakan hal yang lebih utama kalau dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya sepertinya emosional.
  3. Pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas aktivitas Presiden yang sangat padat itu.
2.Ungkapan pelemahan
  1. Alasan ekonominya yakni pesawat tersebut mempunyai biaya operasional yang sangat tinggi. 
  2. Alasan sosialnya yakni pada dikala rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati kemudahan negara yang mewah. 
  3. Alasan keamanan dan politiknya yakni dikala ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih sanggup tertangani dengan baik. 
3.Ungkapan sudut pandang
orang lain
  1. Dalam perhitungan baru, pesawat untuk RI-1 ini bisa menghemat biaya perjalanan hingga Rp114 miliar per tahun. Sekretaris Negara mengklaim bahwa jauh lebih murah mempunyai pesawat kepresidenan sendiri daripada menyewa pesawat dari maskapai Garuda Indonesia ibarat yang selama ini dilakukan. 
  2. Sistem carter ini tidak menguntungkan alasannya semakin sering Presiden melaksanakan lawatan, biaya terus meningkat. Pada 2006 misalnya, anggaran lawatan dinas Presiden Rp75 miliar, tahun 2007 melonjak menjadi Rp175 miliar, dan tahun 2009 naik lagi ke angka Rp180 miliar.
4.Ungkapan simpulan dari data
orang lain
  1. Pesawat itu dibeli dengan harga Rp820 miliar dan mulai dibentuk semenjak 2011. Pesawat itu bisa terbang sekitar 10—12 jam, bisa menghalau peluru kendali, sanggup mendarat di bandara kecil, bisa memuat rombongan Presiden hingga 50 orang, dan mempunyai peralatan navigasi, komunikasi, sistem keamanan, isolasi kabin, dan hiburan khusus selama penerbangan. 
  2. Dari total US$91,2 juta atau Rp820 miliar biaya yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia untuk membeli BBJ2, US$58,6 juta dialokasikan untuk tubuh pesawat, US$27 juta guna interior kabin, US$4,5 juta bagi sistem keamanan, dan US$1,1 juta untuk biaya administrasi.
5.Gaya bahasa penghalusan
  1. Penanggap tolong-menolong setuju dengan kesimpulan bahwa dikala ini bukan waktu yang sempurna untuk mempunyai pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang sempurna sebagai jawaban terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional.
  2. Pada zaman Presiden Gus Dur sudah ada perihal pembelian pesawat kepresidenan itu, tetapi dengan mempertimbangkan biaya yang sangat tinggi kesudahannya rencana tersebut tidak direalisasikan.

Setelah mengetahui unsur kebahasaan yang menjadi ciri teks jawaban kritis, cermati kembali teks Peranan Ibu dalam Keluarga sebagai teks jawaban kritis.
 Teks Tanggapan Kritis merupakan teks yang dibentuk untuk menanggapi suatu pendapat dari ses Mengidentifikasi Teks Tanggapan Kritis
StrukturKalimat dalam Teks
EvaluasiKeluarga merupakan forum sosial yang paling besar kiprahnya bagi kesejahteraan dan kelestarian anggota-anggotanya, terutama anak-anak. Keluarga menjadi lingkungan sosial terpenting bagi perkembangan dan pembentukan pribadi anak. Keluarga juga menjadi wadah kawasan bimbingan dan latihan anak selama kehidupan mereka. Keluarga diperlukan bisa membimbing anak menuju kehidupan yang matang dan penuh dengan tanggung jawab.
Deskripsi TeksJika berbicara mengenai pendidikan anak, orang yang paling besar lengan berkuasa yakni ibu. Keberhasilan pendidikan anak sangat ditentukan oleh sentuhan tangan ibu meskipun keikutsertaan bapak tidak sanggup diabaikan begitu saja. Ibu mempunyai kiprah yang penting di dalam mendidik anaknya, terutama ketika masa balita. Pendidikan yang didapat anak dalam keluarga meliputi, pendidikan iman, moral, fisik/jasamani, intelektual, psikologi, dan sosial.

Peranan ibu di dalam mendidik anaknya dibedakan menjadi tiga. Pertama, ibu sebagai pemenuh kebutuhan anak. Kedua, ibu sebagai suri teladan bagi anak. Ketiga, ibu sebagai pemberi motivasi bagi kelangsungan hidup anak. Peranan ibu sebagai pemenuh kebutuhan bagi anak sangat penting, terutama ketika berusia 0–5 tahun. Pada dikala itu, anak sangat bergantung pada ibu. Kemudian, ketergantungan itu tetap berlangsung hingga dengan periode anak sekolah, bahkan menjelang dewasa. Ibu perlu menyediakan waktu bukan saja untuk selalu bersama, tapi juga untuk berinteraksi atau berkomunikasi secara terbuka dan timbal balik dengan anaknya.

Pada dasarnya kebutuhan seseorang meliputi kebutuhan fisik, psikis, sosial, dan spiritual. Kebutuhan fisik mencakupi􀀃 kebutuhan makan, minum, pakaian, kawasan tinggal, dan lainnya. Kebutuhan psikis meliputi kebutuhan akan kasih sayang, rasa aman, diterima, dan dihargai. Sementara itu, kebutuhan sosial ibarat bermain dengan sobat akan diperoleh anak dari kelompok di luar lingkungan keluarganya.

Seorang ibu harus memperlihatkan atau memenuhi kebutuhan anak secara wajar, tidak berlebihan, dan tidak kurang. Pemenuhan kebutuhan anak secara berlebihan atau kurang akan menjadikan pribadi yang kurang sehat di masa yang akan datang. Dalam memenuhi kebutuhan psikis anak, seorang ibu harus bisa membuat situasi yang kondusif bagi putra-putrinya. Ibu diperlukan sanggup membantu anak apabila mereka menemui kesulitan-kesulitan. Perasaan kondusif anak yang diperoleh dari rumah akan dibawa keluar rumah. Artinya anak tidak akan gampang cemas dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul.

Peranan ibu sebagai suri teladan bagi anaknya bertujuan supaya ibu bisa menjadi rujukan bagi anak-anaknya. Mengingat bahwa sikap orang tua, khususnya ibu, akan ditiru yang kemudian dijadikan panduan dalam sikap anak, Ibu harus bisa menjadi teladan bagi mereka. Dalam hal ini yang harus diperhatikan oleh orang renta dalam mendidik anak yakni proses mendidik yang diubahsuaikan tingkat kecerdasan anak itu sendiri. Kecerdasan anak yang berumur 0–5 tahun terbatas pada inderawinya saja. Akal pikiran dan perasaannya belum berfungsi secara maksimal.

Sejak anak lahir dari rahim seorang ibu, ibulah yang banyak mewarnai dan memengaruhi perkembangan pribadi, perilaku, dan etika anak. Sejak dikala itu, ia akan selalu melihat dan mengamati gerak-gerik atau tingkah laris ibunya. Berdasarkan tingkah laris ibunya itulah, anak akan senantiasa meniru, kemudian menerapkannya dalam kehidupan. Dalam perkembangan anak, proses identifikasi anak sudah bisa mulai dilakukan ketika anak berusia 3–5 tahun.

Kini anak cenderung menjadikan ibu sebagai orang yang sanggup memenuhi segala kebutuhannya atau orang yang paling dekat dengan dirinya dan sebagai figur/contoh/teladan bagi sikap dan perilakunya. Dengan demikian, perkembangan kepribadian anak bermula dari keluarga, kemudian anak mengambil nilainilai yang ditanamkan orang tuanya, baik secara sadar maupun tidak. Dalam hal ini orang renta hendaknya menjadi rujukan yang positif bagi anak-anaknya.

Jadi, untuk melaksanakan kiprah sebagai suri teladan, ibu harus mempunyai nilai-nilai baik yang tercermin dalam sikap dan perilakunya. Hal ini penting artinya bagi proses berguru anak dalam perjuangan untuk menyerap apa yang ditanamkan. Sepatutnya, ibu tidak hanya bisa menyuruh anaknya, tapi juga mengajak anak melaksanakan eksklusif apa yang terbaik.

Ibu berperan sebagai pemberi motivasi bagi kelangsungan kehidupan anaknya. Sejak masa kelahiran seorang anak, proses pertumbuhan banyak sekali organ belum sepenuhnya lengkap. Perkembangan organ-organ ini sangat ditentukan oleh motivasi/ rangsangan yang diterima anak dari ibunya. Rangsangan yang diberikan oleh ibu akan memperkaya pengalaman dan mempunyai imbas yang besar bagi perkembangan kognitif anak. Bila pada bulan-bulan pertama anak kurang mendapatkan stimulasi visual, perhatian terhadap lingkungan sekitar juga akan berkurang.

Stimulasi verbal dari ibu akan sangat memperkaya kemampuan bahasa anak, baik dari kualitas maupun kuantitasnya. Kesediaan ibu untuk berbicara dengan anaknya akan membuatkan proses bicara anak. Jadi, perkembangan mental anak akan sangat ditentukan oleh seberapa motivasi/stimulasi/rangsangan yang diberikan ibu terhadap anaknya. Bentuk rangsangan sanggup berupa cerita-cerita, alat permainan yang edukatif, atau bisa juga mengajak anak berekreasi sehingga sanggup memperkaya pengalamannya. Dalam hal ini sosok ibu dituntut untuk terus meningkatkan kualitas dirinya dengan memperkaya sebanyak mungkin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sebagai modal awal dalam rangka keberhasilannya dalam memberi motivasi supaya kehidupan anak yang cerdas serta sukses tercapai.
Penegasan UlangDari uraian di atas, jelaslah bahwa kunci keberhasilan seorang anak dalam kehidupannya sangat bergantung pada kiprah ibu dalam memotivasi dan mendorong untuk mencapai cita-citanya. Sikap ibu yang baik (penuh dengan kasih sayang, memberi kesempatan pada anak untuk memperkaya pengalaman, menerima, menghargai, dan menjadi teladan yang positif bagi anaknya) akan besar pengaruhnya terhadap perkembangan pribadi anak. Dengan demikian, sanggup dikatakan bahwa bagaimana citra anak akan dirinya ditentukan oleh interaksi yang dilakukan ibu dengan anak.
Diolah dari sumber: http//www/ keluargasakina.com

Identifikasilah unsur kebahasaan yang menjadi ciri teks jawaban kritis tersebut!
No.Jenis UngkapanKata/frasa yang digunakan
1.Ungkapan penguatan
  1. Jika berbicara mengenai pendidikan anak, orang yang paling besar lengan berkuasa yakni ibu.
  2. Ibu mempunyai kiprah yang penting di dalam mendidik anaknya, terutama ketika masa balita.
  3. Peranan ibu sebagai pemenuh kebutuhan bagi anak sangat penting, terutama ketika berusia 0–5 tahun.
2.Ungkapan pelemahan
  1. Pemenuhan kebutuhan anak secara berlebihan atau kurang akan menjadikan pribadi yang kurang sehat di masa yang akan datang. 
  2. Bila pada bulan-bulan pertama anak kurang mendapatkan stimulasi visual, perhatian terhadap lingkungan sekitar juga akan berkurang.
  3. Sepatutnya, ibu tidak hanya bisa menyuruh anaknya, tapi juga mengajak anak melaksanakan eksklusif apa yang terbaik.
3.Ungkapan sudut pandang orang lain
  1. Kecerdasan anak yang berumur 0–5 tahun terbatas pada inderawinya saja. Akal pikiran dan perasaannya belum berfungsi secara maksimal.
  2. Dalam perkembangan anak, proses identifikasi anak sudah bisa mulai dilakukan ketika anak berusia 3–5 tahun.
4.Ungkapan simpulan dari data
orang lain
  1. Keluarga menjadi lingkungan sosial terpenting bagi perkembangan dan pembentukan pribadi anak.
  2. Jadi, perkembangan mental anak akan sangat ditentukan oleh seberapa motivasi/stimulasi/rangsangan yang diberikan ibu terhadap anaknya. 
  3. Pendidikan yang didapat anak dalam keluarga meliputi, pendidikan iman, moral, fisik/jasamani, intelektual, psikologi, dan sosial.
5.Gaya bahasa penghalusan
  1. Keberhasilan pendidikan anak sangat ditentukan oleh sentuhan tangan ibu meskipun keikutsertaan bapak tidak sanggup diabaikan begitu saja.
  2. Ibu perlu menyediakan waktu bukan saja untuk selalu bersama, tapi juga untuk berinteraksi atau berkomunikasi secara terbuka dan timbal balik dengan anaknya.
6.Ungkapan jawaban yang memakai kata bilangan atau urutan informasi
  1. Peranan ibu di dalam mendidik anaknya dibedakan menjadi tiga. Pertama, ibu sebagai pemenuh kebutuhan anak. Kedua, ibu sebagai suri teladan bagi anak. Ketiga, ibu sebagai pemberi motivasi bagi kelangsungan hidup anak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel