Berkarya Kerajinan Dari Materi Sedotan

Sedotan yakni sebuah tabung yang dipakai untuk memindahkan minuman dari wadah ke lisan peminum, dengan penerapan kekuatan mengisap. Sedotan sanggup dimanfaatkan untuk kegunaan lainnya selain sebagai alat bantu menyedot minuman. Salah satunya yakni dipakai sebagai materi kerajinan. Sedotan sangat gampang didapatkan di banyak sekali daerah dan harganya yang relatif murah, maka tidak heran jikalau sedotan banyak dimanfaatkan sebagai materi kerajinan. Kerajinan yang terbuat dari sedotan ini sangat menarik dan banyak dibentuk sebagai barang hiasan dalam rumah.

Contoh kerajinan yang berbahan dasar sedotan yakni aneka macam bunga. Bunga berwarna-warni tersebut sanggup dibentuk memakai materi seotan plastik yang banyak kita jumpai baik di warung maupun toko. Untuk membuat kerajinan bunga dari sedotan diharapkan ketekunan dalam membuat hiasan tersebut.

Kreasi kerajinan tangan bunga dari sedotan ini muncul ketika para konsumen mulai mengeluhkan biaya tinggi untuk membeli bunga orisinil yang biasanya hanya tahan untuk beberapa hari saja. Sejak itu, sekarang banyak muncul para penjual bunga yang membuat bunga plastik atau bunga tiruan. Biasanya materi yang banyak  digunakan yakni plastik sedotan.

Hasil kreasi bunga dari sedotan sekarang dipasarkan, mempunyai bentuk yang sangat menyerupai dengan bunga aslinya. Sehingga bunga plastik diminati pula oleh para konsumen. Selain itu bunga dari sedotan juga sanggup bertahan lebih usang daripada bunga asli. Bunga dari sedotan juga sanggup dibersihkan jikalau mulai kotor. Hanya dengan merendamnya dengan deterjen, maka warnanya akan kembali cerah menyerupai gres lagi. Kreasi bunga sedotan juga sanggup dirangkai, menyerupai rangkaian bunga asli. Dengan merangkai bunga plastik yang disertai dengan vas, menunjukkan nilai keindahan. Berikut ini beberapa langkah dalam pembuatan bunga dari sedotan.

a. Perencanaan
  • Menentukan materi dan fungsi karya kerajinan dari materi buatan. Bahan yang dipakai yakni sedotan plastik, sedangkang fungsi hasil karaya yakni sebagai benda penghias ruangan.
  • Menggali inspirasi dari banyak sekali sumber. Untuk membuat kerajinan dari materi sedotan sanggup dicari melalui media internet maupun pengamatan eksklusif ke pengrajin.
  • Membuat denah karya dan memilih sebuah karya terbaik dari sketsa. Sebelum membuat kerajinan perlu membuat denah produk yang akan dibuat. Pilihlah denah yang terbaik menurut musyawarah dalam kelompok.

Identifikasi Kebutuhan
Pada ketika ini akan ada perayaan wisuda/kelulusan siswa kelas IX. Beberapa siswa yang terlibat panitia membutuhkan bunga sebagai hiasan meja. Siswa membuat bunga dari sedotan plastik dan vas yang akan diletakkan di meja sebagai penghias.

Ide/Gagasan
Siswa akan membuat karya kerajinan bunga dari materi sedotan plastik. Hasil penggalian ide/gagasan dari banyak sekali media, siswa tertarik pada kerajinan yang terbuat dari materi dasar plastik tersebut. Selain bentuknya yang indah juga biaya yang dibutuhkan relatif kecil jikalau dibandingkan dengan materi yang lain.

b. Pelaksanaan
Alat dan Bahan
  • Bahan : Sedotan, Putik dan mahkota, Vas bunga, Daun, Kawat, Clorotipe/kertas krep
  • Alat: Gunting, Pisau/Cuter, Sisir

Langkah-langkah pembuatan karya
  • Siapkan 3 batang sedotan, potong menjadi 3 sampai berjumlah 9 batang.
  • Lipat sedotan menjadi dua bab dan potong bab tengah membentuk lubang.
  • Potong pada bab sisi kanan dan kiri sedotan.
 Sedotan yakni sebuah tabung yang dipakai untuk memindahkan minuman dari wadah ke lisan Berkarya Kerajinan dari Bahan Sedotan
  • Potong-potong bab sisi sedotan untuk membuat rumbai.
  • Gunakan alat sisir untuk membuat rumbai.
  • Masukkan bunga ke tangkai putik.
  • Pasang kelopak di bab dasar mahkota bunga.
  • Lilitkan kawat dengan kertas lilit tangkai (clorotipe, atau krep). Pasang tangkai di tengah kelopak bunga.
  • Buat daun dan pasang di bab tangkai.
  • Siapkan vas, sanggup pula dibentuk dengan kreasi sendiri.
c. Evaluasi
Menguji dan mengevaluasi karya. Evaluasi hasil karya bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan produk kerajinan yang dihasilkan. Kelebihan hasil kerajinan harus dipertahankan, sementara kelemahan dijadikan sebagai dasar perbaikan pada ketika membuat kerajinan di masa yang akan datang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel