Produk Kerajinan Materi Sabun

Sabun merupakan materi buatan yang dihasilkan dari deterjen, yaitu Sodium Lauryl Sulfate (SLS) yang berfungsi sebagai surfactant (surface active agent) atau distributor pembersih. Sabun mandi yaitu materi buatan yang kita pergunakan sehari-hari sebagai materi untuk membersihkan diri. Permukaannya yang licin dan juga lunak gampang untuk dibuat menjadi kerajinan. Kerajinan dari sabun sangat unik. Meskipun hanya sanggup dipergunakan sebagai hiasan, namun kerajinan dari sabun sanggup menjadi sarana latihan mengukir, sebelum mengukir pada materi tanah liat, batu, dan kayu.

Umumnya sabun berupa padatan tercetak yang disebut batang, sehingga disebut sebagai sabun batangan. Meskipun ketika ini terdapat jenis sabun cair, namun yang digunakan dalam kerajinan tangan yaitu sabun batangan. Bahan yang diharapkan yaitu sabun batangan. Sabun sanggup diolah dengan dua cara. Cara pertama dengan mengukir yang menghasilkan karya seperti: binatang, buah, tanaman ukiran, dan lain-lain. 

Cara kedua membentuk sabun, yaitu: sabun diparut hingga menjadi bubuk dicampur dengan sagu dan sedikit air, kemudian dibuat campuran gres ibarat menciptakan bentuk dari plastisin. Benda yang sanggup dibuat yaitu benda 2 dan 3 dimensi ibarat bunga, relief, dan binatang. Bahan dari sabun yang dibuat akan menjadi keras ibarat semula.

Cara 1
1) Bahan dan Alat Kerajinan Sabun
Bahan sabun dan alat cukil

2) Aneka Produk Kerajinan Sabun
Beberapa produk kerajinan dari materi sabun batangan antara lain ibarat di bawah ini.
 Sabun merupakan materi buatan yang dihasilkan dari deterjen Produk Kerajinan Bahan Sabun
3) Langkah-Langkah Pembuatan Kerajinan Sabun
Berbeda dengan proses memahat kayu yang lebih sulit dan harus dilakukan oleh orang terlatih. Memahat sabun sanggup dilakukan dengan mudah. Berikut ini cara memahat sabun
  • Pilih sabun batangan yang besar, semakin besar batangan sabun semakin gampang dalam mengukir sabun.
  • Buat desain terlebih dahulu, buat denah gambar di sabun dengan pensil. Tentukan obyek untuk dipahat. Seekor kura-kura, dan ikan yaitu pilihan yang gampang bagi pemula sebab bentuknya ibarat dengan bentuk sebagian batang sabun. 
  • Pilih alat cukil yang tepat. Sabun memang lunak dan licin, sehingga pisau sangat tajam tidak terlalu dibutuhkan. Buang cuilan background terlebih dahulu, kemudian ukir cuilan objek dengan detail sehingga objek yang digambar akan timbul. Iris perlahan dan hati-hati dalam bagian-bagian kecil sebab lebih gampang untuk membuang daripada menambal. Memotong terlalu besar sanggup menciptakan sabun pecah menjadi bongkahan.
  • Amplas objek dengan amplas halus biar bentuk menjadi rapi. Perbaiki retakan kecil dan ukiran diluar impian kemudian perhalus dengan jari Anda.
  • Sabun sanggup diwarnai dengan dengan diberi tekstur dengan cara digores dengan ujung paku atau alat cukil. Jika ingin lebih alami, gunakan sabun yang sudah berwarna.

    Pastikan tangan selalu kering. Bila tangan berair atau lembab, sabun akan menjadi sangat licin. Hati-hati dalam mengukir objek pada sabun. Karena sifat sabun yang lunak, sabun gampang sekali rusak. Gunakan sarung tangan plastik untuk menghindari rasa pedih jikalau jari tangan terkena sabun. Jari yang terluka meskipun kecil sangat pedih jikalau terkena sabun.

    Cara 2 :
    Cara yang kedua yaitu dengan cara membentuk campuran sabun sehingga sabun menjadi lunak ibarat plastisin dan gampang dibentuk. Cara menciptakan kerajinan sabun dengan cara menciptakan campuran yaitu sebagai berikut.

    Bahan dan Alat :
    • 1 buah Sabun Mandi
    • 5 sdm Air Panas
    • Tepung Maizena secukupnya
    • Pewarna secukupnya
    • Parutan kelapa untuk memarut sabun.
    Cara menciptakan :
    • Sabun batangan diparut dengan parutan kelapa sehingga menjadi butiran-butiran kecil.
    • Campur dengan air panas dan diaduk hingga rata.
    • Jika akan memakai pewarna masukkan beberapa tetes pewarna makanan.
    • Masukkan tepung maizena secukupnya biar campuran yang dibuat tidak lengket di tangan. Jika campuran masih lengket tambahkan tepung maizena lagi.
    • Bentuk menjadi bunga sesuai selera ibarat bunga mawar, bunga melati, bunga matahari, bunga sepatu, dan lain-lain 

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel