Tahapan Pembuatan Jus Wortel Dan Tomat

Minuman sehat merupakan minuman yang mempunyai kandungan nutrisi optimal yang baik dan sehat dan  dapat diperoleh tubuh. Pembuatan minuman kesehatan jus wortel dan tomat merupakan salah satu teladan saja, alasannya yakni masih banyak teladan minuman kesehatan yang lain. Adapun yang harus diperhatikan yakni tahapan/proses pembuatan dalam menciptakan karya pengolahan biar sanggup dihasilkan karya pengolahan yang sesuai kegunaan, nyaman dalam rasa, tepat dalam pengolahan, mempunyai nilai estetis dalam penyajian maupun kemasan, kondusif bagi kehidupan manusia.

Buah-buahan merupakan materi masakan yang banyak mengandung vitamin dan mineral untuk menjalankan metabolisme tubuh. Selain itu buah juga kaya akan vitamin dan enzim yang berperan penting dalam menjaga kondisi organ-organ badan tetap sehat. 

Buah tomat dan wortel mempunyai kandungan vitamin A dan beta-karoten(provitamin A) tinggi. Fungsinya ialah untuk menunjukkan asupan padaorgan penglihatan yaitu mata biar sanggup menjalankan tugasnya secaraoptimal.Selain mempunyai kegunaan bagi kesehatan, jus buah tomat campur wortel jugabagus untuk menutrisi penting bagi badan utamanya vitamin C.Sedangkan senyawa anti-oksidan dalam tomat (likopen) sudah terbuktibaik bagi organ jantung.

Beberapa tips dalam pembuatan jus sayuran dan buah, antara lain ibarat berikut ini.
  • Pilihlah buah dan sayuran yang masih segar dan kulit/daunnya masih mulus biar kandungan vitaminnya masih utuh.
  • Buah/sayuran perlu dikupas dan dicuci higienis biar kondusif dikonsumsi (menghilangkan pestisida).
  •  Agar bau langu dari sayuran hilang, sesudah sayuran dicuci, berikan tambahan jeruk lemon. Misalnya, untuk menciptakan jus dari 5 batang wortel, tambahkan air perasan dari 14 jeruk lemon. Kita juga sanggup menambahkan buah nanas untuk menghilangkan bau atau rasa langu jus sayuran lantaran buah nanas yang mencolok sanggup menciptakan nikmat. Untuk embel-embel rasa jus sayur, gunakan madu biar nikmatnya jus sayuran makin sempurna.
  • Perhatikan kondisi dan kebersihan gelas blender. Jika pisau blender sudah berkarat dan pisau blendernya kotor sebaiknya blender jangan dipakai lantaran akan menyebabkan penyakit.
  • Perhatikan komposisi dosis materi adonan jus buah, sayuran, dan materi embel-embel biar sesuai dengan tujuan pencegahan atau pemeliharaan kesehatan tubuh.
Berikut ini teladan tahapan pembuatan minuman kesehatan jus wortel dan tomat.

a. Perencanaan
  • Identifikasi Kebutuhan : Siswa berguru terus menerus dalam menghadapi ujian final semester yang menyebabkan kelelahan pada mata.
  • Perencanaan fisik : Minuman kesehatan untuk melindungi mata lantaran lelah dan mencegah mata minus yaitu “Jus wortel dan tomat”.
  • Gunakan celemek, ikat rambutmu jikalau panjang biar tidak ada rambut yang terjatuh pada masakan ketika bekerja. Cuci tangan sebelum bekerja. atau gunakan sarung tangan plastik jikalau ada.
  • Hati-hatilah dalam bekerja baik dalam memakai peralatan tajam, listrik, maupun pecah belah.
  • Jaga kebersihan, kerapihan dan kolaborasi ketika menciptakan karya.

b. Pelaksanaan
1) Persiapan
Membeli wortel dan tomat di pasar pada pagi hari biar mendapat sayuran yang masih segar. Mencuci peralatan yang dibutuhkan sebelum dipakai untuk menciptakan jus.
 Minuman sehat merupakan minuman yang mempunyai kandungan nutrisi optimal yang baik dan seh Tahapan Pembuatan Jus Wortel dan Tomat
  • Bahan. Bahan yang diharapkan yaitu wortel dan tomat (2:1), madu atau gula secukupnya, es watu atau air matang secukupnya.
  • Alat: Alat yang diharapkan antara lain : talenan, pisau, blender, saringan, sendok. Untuk penyajian diperlukan: gelas kaca, atau gelas plastik

2) Proses Pembuatan
 Minuman sehat merupakan minuman yang mempunyai kandungan nutrisi optimal yang baik dan seh Tahapan Pembuatan Jus Wortel dan Tomat
  • Membeli wortel dan tomat yang masih segar. Mencuci peralatan yang dibutuhkan sebelum dipakai untuk menciptakan jus. Pengupasan dan pembersihan bahan: Kupas wortel memakai pisau.
  • Pengupasan dan pembersihan bahan: Mencuci peralatan yang dibutuhkan sebelum Kupas wortel memakai pisau. Cuci higienis wortel dan tomat hingga bersih
Pembuatan Jus Wortel :
  • Potong wortel dan tomat biar lebih cepat hancur.
  • Masukkan wortel dan tomat potong dan es watu ke dalam gelas blender.
  • Tutup gelas blender, pasang kabel listrik blender pada stop kontak listrik, kemudian tekan
  • tombol untuk menghidupkan blender. Biarkan blender bekerja selama 2 menit, kemudian matikan mesin blender. Tuang jus wortel-tomat pada gelas saji.
  • Apabila ingin mendapat jus tanpa serat, kita sanggup menyaringnya dan menekan ampas wortel-tomat dengan sendok sehingga hanya tersisa jus murni tanpa ampas.
  • Sesuai selera beri gula atau madu secukupnya dan diaduk hingga tercampur rata.

c. Penyajian/Kemasan
Tempatkan jus wortel pada gelas saji ataupun gelas kemasan yang sanggup dibawa pulang.

d. Evaluasi
Di final pembuatan pengolahan minuman kesehatan jus wortel dan tomat ujilah karenanya dengan cara mencoba/merasakan minumanmu. Jika ada yang kurang sesuai buatlah catatan evaluasinya sebagai materi masukkan dan materi perbaikan nantinya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel