Produk Kerajinan Dari Materi Lilin

Lilin banyak dipakai sebagai alat penerangan sementara ketika listrik mengalami pemadaman. Lilin yaitu sumber penerangan yang terdiri atas sumbu yang diselimuti oleh materi bakar padat.Menurut seja rah, sebelum kala ke-19, materi bakar yang terkandung di dalam lilin yaitu lemak sapi yang banyak mengandung asam stearat. Sekarang yang biasanya dipakai yaitu parafin. Penerangan listrik sudah hampir merata di setiap daerah. Hal ini mengakibatkan lilin lebih banyak dipakai untuk keperluan lain, contohnya dalam upacara agama, perayaan ulang tahun, pewangi ruangan, dan sebagainya.

Lilin sangat cocok untuk dibuat barang kerajinan alasannya yaitu sifat lilin yang gampang dibentuk. Pembuatan kerajinan materi dasar lilin cukup sederhana dan mudah, sanggup dilakukan oleh semua orang. Yang perlu diperhatikan yaitu keselamatan kerja alasannya yaitu lilin sanggup membahayakan. Jika kita akan mengubah bentuknya menjadi benda kerajinan yang unik, tentunya perlu dicairkan dengan proses pemanasan di atas kompor. Lilin cair panas ini kalau terkena cuilan badan kita sanggup mengakibatkan lepuh, sebaiknya hati-hati pada dikala memakai lilin cair.

Bahan utama dari kerajinan lilin yaitu lilin lebah, parafin, dan silikon fiber untuk cetakan. Alat yang dipakai yaitu cetakan, kompor, panci, wadah/loyang aluminium, pengaduk, dan pewarna lilin (dapat pula dipakai krayon). Ketika mempraktikkan pembuatan kerajinan dari lilin, gunakan celemek supaya lilin tidak mengotori pakaian. Dan yang lebih penting yaitu menjaga keselamatan diri sendiri dan juga orang lain pada dikala menciptakan kerajinan tersebut,

1) Bahan dan Alat Kerajinan Lilin Hias
 Lilin banyak dipakai sebagai alat penerangan sementara ketika listrik mengalami pemadam Produk Kerajinan dari Bahan Lilin
Bahan dan Alat: (a) lilin lampu, (b) parafin, (c) benang katun, (d) cetakan silikon, (e) wadah cetakan, dan (f) panci serta kompor. Lilin dan parafin merupakan materi utama dalam pembuatan kerajinan berbahan dasar lilin. Panci dan kompor dipakai untuk mencairkan materi lilin padat.

3) Langkah-Langkah Pembuatan Kerajinan dari Lilin
  • Untuk menciptakan kerajinan berbahan dasar lilin langkah pertama yaitu mencairkan lilin. Untuk mencaikan lilin dilakukan dengan cara masukkan lilin dan parafin ke dalam panci. Nyalakan kompor dan panaskan lilin dalam panci. Tunggu sampai lilin dan parafin mencair.
  • Setelah cair, lilin sanggup diberi pewarna cair/bubuk. Aduk-aduk supaya warna tercampur merata.
  • Siapkan cetakan seperti: gelas, kulit telur atau wadah/loyang kue, sanggup juga cetakan dibuat dari silikon fiber. Cara menciptakan cetakan silikon ibarat menciptakan cetakan untuk fiberglass yaitu olesi permukaan model dengan polish atau sabun krim secara merata. Model kemudian diolesi cairan silikon sampai berlapis-lapis, keringkan, kemudian cetakan yang terbuat dari silikon rubber siap dilepas dari modelnya.
  • Masukkan tali/benang katun yang sudah dicelupkan cairan lilin dan sudah mengeras ke dalam cetakan pada posisi tengah. (jika perlu gunakan lidi).
  • Tuang lilin cair ke dalam cetakan dan tunggu sampai masbodoh dan kering.
  • Lilin sanggup dicopot dari cetakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel