Mencari Dan Mengidentifikasi Teks Deskripsi
Tuesday, August 25, 2020
Edit
Di dalam teks laporan terkandung unsur deskripsi. Kalimat deskripsi ialah kalimat yang berisi citra sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Sifat-sifat itu, antara lain, berupa ukuran (besar-kecil, tinggi-rendah), warna (merah, kuning, biru), rasa (manis, pahit, getir, halus, kasar), atau sifat-sifat fisik yang lain. Kalimat deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu sehidup-hidupnya, mirip keaadaan alam, ruangan, dan keindahan wajah seseorang. Dengan kata lain, kalimat deskripsi ialah kalimat yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, mirip benda, orang, daerah sesuai dengan objek yang sebenarnya.
Sebelum menciptakan teks deskripsi wacana “Fungsi Pasar bagi Kehidupan Masyarakat”, perlu dilakukan langkah-langkah berikut. Petama kumpulkan data wacana pasar. Kedua identifikasikan pasar yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Ketiga buatlah deskripsi umum yang berkaitan dengan pasar. Keempat buatlah deskripsi bab yang berkaitan dengan pasar tersebut. Kelima pikirkan apakah pasar itu berkhasiat bagi pariwisata. Keenam cari dan kutip pendapat bahwa pasar menggambarkan budaya masyarakat tertentu. Sehingga susunan teks deskripsi Fungsi Pasar bagi Kehidupan Masyarakat kira-kira mirip di bawah ini.
Fungsi Pasar bagi Kehidupan Masyarakat
Pasar merupakan daerah bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli. Pasar, dalam ilmu ekonomi, ialah daerah bertemunya penjual dan pembeli. Transaksi jual-beli yang terjadi tidak selalu memerlukan lokasi fisik. Transaksi jual beli sanggup dilakukan melalui sarana elektronik mirip telepon, faksimil, atau internet. Pengertian pasar berdasarkan ilmu ekonomi tersebut disebut pasar abstrak.
Pasar sebagai daerah transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli sanggup terbentuk dengan adanya syarat-syarat sebagai berikut. Pertama adanya penjual, kedua adanya pembeli, ketiga tersedianya barang yang diperjualbelikan, dan keempat terjadinya komitmen antara penjual dan pembeli.
Pasar sebagai daerah transaksi jual beli antara penjual dan pembeli mempunyai tugas dan fungsi penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Bagi pembeli pasar mengatakan fasilitas untuk memperoleh barang-barang yang akan dipakai dalam suatu proses produksi. Bagi penjual pasar berperan sebagai daerah untuk memasarkan dan mempromosikan hasil produksi. Pasar sebagai daerah untuk melaksanakan jual beli barang dan jasa mempunyai fungsi sebagai berikut:
Pasar sebagai daerah transaksi jual beli antara pedagang dan pembeli sanggup terbentuk dengan adanya syarat-syarat sebagai berikut. Pertama adanya penjual, kedua adanya pembeli, ketiga tersedianya barang yang diperjualbelikan, dan keempat terjadinya komitmen antara penjual dan pembeli.
Pasar sebagai daerah transaksi jual beli antara penjual dan pembeli mempunyai tugas dan fungsi penting dalam kegiatan ekonomi masyarakat. Bagi pembeli pasar mengatakan fasilitas untuk memperoleh barang-barang yang akan dipakai dalam suatu proses produksi. Bagi penjual pasar berperan sebagai daerah untuk memasarkan dan mempromosikan hasil produksi. Pasar sebagai daerah untuk melaksanakan jual beli barang dan jasa mempunyai fungsi sebagai berikut:
- Fungsi pembentuk harga. Di pasar terjadi proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli. Semula penjual mengatakan barang dengan harga tinggi dan pembeli menawar dengan harga rendah. Jika terjadi kesepakatan, terbentuklah harga pasar atau harga keseimbangan.
- Fungsi distribusi. Pasar memperlancar pendistribusian barang dari produsen kepada konsumen. Produsen sanggup bekerjasama dengan konsumen dalam menyalurkan barang-barangnya baik pribadi maupun tidak pribadi melalui pasar.
- Fungsi promosi. Produsen ingin barang atau jasa hasil produksinya dikenal oleh konsumen. Kegiatan memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen disebut promosi. Pasar sanggup dipakai oleh produsen untuk berpromosi.
- Fungsi peresapan tenaga kerja. Pedagang yang ada di pasar mempekerjakan orang-orang sebagai kuli angkut, pelayan toko, tenaga kasir, dan sebagainya. Oleh alasannya itu, pasar berfungsi sebagai peresapan tenaga kerja.
Beberapa pasar yang ada di Indonesia selain untuk kegiatan ekonomi juga menjadi tujuan wisata, di antaranya ialah Pasar Atas (Bukittinggi), Pasar Beringharjo (Yogyakarta), Pasar Klewer (Solo), Pasar Sokawati (Denpasar), dan Pasar Terapung (Banjarmasin). Situasi pasar, sikap orang-orang di pasar itu, barang atau benda yang dijual di pasar itu menggambarkan suatu budaya masyarakatnya. Pasar merupakan salah satu bentuk refleksi budaya bangsa Indonesia.
Mengerjakan Soal Kebahasaan
Buatlah kelompok kata (frasa) yang terdiri atas tiga hingga empat kata yang bekerjasama dengan gosip wacana pasar dan isinya sekurang-kurangnya sepuluh kelompok kata.
- Pasar tradisional Beringharjo, Pasar terapung Banjarmasin, Pasar Klewer Solo, Pasar Atas Bukittinggi, Pasar Sokawati Denpasar, los pasar bertingkat, penjual barang kelontong. transaksi jual-beli, jajanan-jajanan pasar, dan ikan patin segar.
Buatlah masing-masing sepuluh kalimat, yang bekerjasama dengan fungsi pasar dalam kehidupan masyarakat. Gunakan konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif!
Konjungsi koordinatif merupakan kata penghubung untuk menghubungkan dua atau lebih unsur kalimat yang setara kedudukannya.(dan, serta, atau, sedangkan, padahal, tetapi, namum)
- Pasar merupakan suatu daerah di mana para penjual dan pembeli.
- Penjual mengatakan barang dagangannya biar laris terjual dan memperoleh uang sebagai gantinya.
- Di pasar penjual dan pembeli akan melaksanakan tawar – menawar harga hingga terjadi komitmen harga.
- Pasar ajaib ialah pasar yang kegiatan jual beli barang atau jasa yang diperdagangkannya dilakukan berdasarkan pola – pola yang kualitasnya sudah ditentukan.
- Pasar barang berjangka ialah tubuh perjuangan yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem atau sarana untuk kegiatan jual beli.
- Pasar tenaga kerja atau bursa tenaga kerja ialah suatu kegiatan untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan yang membutuhkan pekerjaan.
- Pada pasar produksi para pemilik perjuangan ( pengusaha ) berperan sebagai pembeli, sedangkan penjualnya ialah pemilik faktor produksi.
- Produk yang dijual di pasar oligopoli bersifat homogen dan sanggup juga berbeda namun memenuhi standar mutu.
- Pasar monopolistik ialah suatu struktur pasar di mana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang sama, tetapi dengan aneka macam macam variasi.
- Jika pasar sanggup berfungsi dengan baik, maka kegiatan distribusi sanggup berjalan dengan lancar, tetapi kalau pasar tidak sanggup berfungsi dengan baik, maka kegiatan distribusi juga akan berjalan kurang lancar.
Konjungsi subordinatif merupakan kata penghubung untuk menghubungkan untuk menghubungkan dua unsur kalimat yang kedudukannya tidak setara.(supaya, agar, biar, bila, jika, kalau, sejak, saat, semenjak, dengan, tanpa, bahwa, ibarat, seolah-olah, dll).
- Semula penjual mengatakan barang dengan harga tinggi, jika terjadi komitmen terbentuklah harga pasar atau harga keseimbangan.
- Barang Homogen ialah barang-barang yang sanggup mengatakan kepuasan/ kegunaan sama bagi konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
- Peran Pasar Modal dalam pembangunan perekonomian bangsa ataupun pembangunan nasional sanggup membawa laba yang sangat besar jika dilakukan dalam koridor yang baik.
- Investasi di Pasar Modal akan evektif jika investor sanggup menganalisa pasar dengan baik sehingga sanggup menghasilkan laba bagi investor itu sendiri.
- Memobilisasi dana masyarakat yang akan saling menunjang dengan pengembangan kegiatan perjuangan yang memerlukan dana.
- Bagi perusahaan, pasar modal juga mengatakan laba besar, yaitu untuk membuatkan usahanya (ekspansi) dengan memakai dana dari hasil penjualan saham di pasar ini tanpa harus hutang ke Bank yang bunganya cukup besar.
- Masyarakat sanggup menikmati laba dari perusahaan walaupun mereka bukan pendiri atau pengelola, yaitu dengan membeli saham perusahaan tersebut.
- Pasar modal mengatakan tugas besar bagi perekonomian suatu negara karena mengatakan dua fungsi sekaligus.
- Fungsi keuangan.Pasar modal dikatakan mempunyai fungsi keuangan, karena pasar modal mengatakan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana.
- Aktivitas dan volume penjualan/pembelian di pasar modal yang semakin meningkat (padat) memberi indikasi bahwa kegiatan bisnis aneka macam perusahaan berjalan dengan baik. Begitu pula sebaliknya.