Mengidentifikasi Dan Menelaah Teks Diskusi

Mengidentifikasi dan menelah teks diskusi merupakan penggalan pelajaran bahasa Indonesia. Mengidentifikasi berasal dari kata identifikasi yang berarti tanda kenal diri, sehingga mengidentifikasi teks mempunyai arti upaya menentukan atau menetapkan identitas suatu teks. Kemampuan mengidentifikasi teks yaitu kemampuan menentukan suatu teks kedalam suatu kelompok dengan ciri atau gejala tertentu. Identifikasi teks diskusi sanggup dilihat dari struktur teks, fungsi sosial teks, dan pembagian terstruktur mengenai unsur kebahasaan.

Membaca telaah isi merupakan suatu acara membaca untuk menangkap informasi penting dari suatu bacaan yang menarik perhatian pembaca, dengan melibatkan pemahaman, keterampilan menangkap wangsit bacaan serta ketelitian dalam membaca materi bacaan. Artinya, membaca telaah isi yaitu membaca yang dilakukan untuk menelaah isi bacaan. Dengan kata lain, menelaah yaitu mengamati perbagian isi bacaan. Tujuan dari membaca telaah bahasa yaitu sebagai berikut: (1) bertambahnya kosakata yang dimiliki siswa dan (2) bertambahnya pengetahuan tata bentukan kata, tata kalimat, tata tulis, dan semantik siswa.

Identifikasi Teks Diskusi
1. Struktur Teks
Struktur TeksKalimat
IsuInternet telah banyak membantu insan dalam segala unsur kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa pun sanggup kita lakukan baik hal nyata maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi, internet sanggup dipakai untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.
Argumen
Mendukung
Keberadaan internet memperlihatkan manfaat nyata bagi dunia informasi, tetapi banyak juga dampak negatifnya. Banyak siswa yang mendapat ilmu dengan proteksi internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun sekarang terasa lebih gampang dengan mencarinya di internet. Tidak bisa dipungkiri adanya internet memperlihatkan dampak kepada pelajar. Ada dampak positif, tetapi ada juga dampak negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
 Mengidentifikasi dan menelah teks diskusi merupakan penggalan pelajaran bahasa Indonesia Mengidentifikasi dan Menelaah Teks Diskusi
Argumen
Menolak
Banyak manfaat nyata yang sanggup diperoleh siswa dari internet kalau dipakai secara bijak. Namun, tidak sedikit pula dampak negatif yang ditimbulkan internet.

Berikut ini beberapa dampak negatif dari internet. Beberapa berita, baik televisi maupun koran melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di anak-anak yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang gampang percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

Kecanduan permainan online yang melanda siswa juga merupakan dampak negatif internet. Kecanduan dan ketergantungan sanggup menciptakan siswa kehabisan waktu dan energi untuk bermain. Akibatnya, prestasi siswa pun menurun.

Untuk menangkal dampak negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu selalu mendampingi anak dikala mereka sedang mengakses internet. Hal ini untuk memastikan bahwa anak telah mengakses situs yang tepat. Jangan hingga anak asyik bermain internet, sedangkan orang bau tanah tidak mengetahui keberadaan anak. Jika akomodasi internet tersedia di rumah, letakkan akomodasi tersebut di ruang bersama. Hal ini untuk memudahkan orang bau tanah mengawasi anak. Jika harus memakai akomodasi internet di warnet, bantu anak menentukan warnet “sehat”. Akan lebih bijaksana, kalau Anda mengenal pemilik dan petugas di sana. Ini untuk memudahkan Anda mengawasi anak. Beri pemahaman yang baik pada anak wacana dampak nyata dan negatif internet bagi dirinya. Dengan demikian, Anda sudah membekalinya dengan benteng pertahanan diri.
SimpulanDiharapkan semua pihak, baik orangtua, guru, pemerintah maupun siswa untuk
bahu-membahu mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet. Pemerintah diperlukan sanggup memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang bau tanah juga diperlukan sanggup lebih memperhatikan anaknya biar anak sanggup terus terpantau dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.

2. Fungsi Sosial Teks Teks Diskusi
Fungsi sosial teks diskusi “Dampak Internet bagi Pelajar” yaitu untuk membahas isu dampak penggunaan internet dilihat lebih satu sisi, dengan memaparkan argumen yang mendukung dan argumen yang menentang isu tersebut. Tujuan komunikatif dari teks diskusi itu sendiri yaitu untuk mengetengahkan suatu dilema atau isu yang ditinjau paling tidak dari dua sudut pandang, sebelum hingga pada suatu kesimpulan atau saran.
  • Dampak Positif banyak siswa yang mendapat ilmu dengan proteksi internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun sekarang terasa lebih gampang dengan mencarinya di internet.
  • Dampak negatif penculikan anak atau kasus pelarian anak di anak-anak yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Kecanduan permainan online mengakibatkan prestasi siswa pun menurun.

3. Klasifikasi Unsur Kebahasaan Teks Diskusi
Ciri-ciri kebahasaan itu, antara lain, penggunaan tanda hubung perlawanan menyerupai tetapi, sedangkan, tidak … tetapi, bukan … melainkan, penggunaan kata kerja dan kata benda.

Penggunaan Konjungsi Perlawanan
Konjungsi perlawanan memakai kata hubung : tetapi, sedangkan, tidak...tetapi, bukan...melainkan. Di dalam teks ‘’Dampak Internet bagi Pelajar” konjungsi perlawanan sanggup dilihat pada teladan berikut.
  • Keberadaan internet memperlihatkan manfaat nyata bagi dunia informasi, tetapi banyak juga dampak negatifnya.
  • Ada dampak positif, tetapi ada juga dampak negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
  • Jangan hingga anak asyik bermain internet, sedangkan orang bau tanah tidak mengetahui keberadaan anak.
  • Tidak bisa dipungkiri adanya internet memperlihatkan dampak kepada pelajar. Ada dampak positif, tetapi ada juga dampak negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
Selanjutnya, buatlah kalimat dengan tanda hubung perlawanan, sekurang-kurangnya sepuluh kalimat. Sebaiknya, kalimat yang kau buat tidak terdapat di dalam teks di atas.
  1. Ada yang menyampaikan internet mempunyai aneka macam manfaat, tetapi ada juga yang menyampaikan internet mempunyai aneka macam dampak buruk.
  2. Seorang pemimpin boleh berprestasi tinggi untuk dirinya sendiri, tetapi itu tidak memadai apabila ia tidak berhasil menumbuhkan dan menyebarkan segala yang terbaik dalam diri para bawahannya.
  3. Sebaiknya Guru tidak hanya dipandang sebagai profesi saja, tetapi sebagai penggalan hidup dan idealisme seorang guru memang harus dijunjung setinggi-tingginya.
  4. Kepemimpinan mencakup proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, sedangkan kekuasaan yaitu kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melaksanakan apa yang diinginkan pihak lainnya.
  5. Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang memperlihatkan fondasi primer bagi perkembangan anak, sedangkan lingkungan sekitar dan sekolah ikut memperlihatkan nuansa pada perkembangan anak. 
  6. Bagaimana orang bau tanah sanggup mendidik anaknya menjadi remaja yang sholeh, sedangkan orang tuanya jarang menjalankan sesuatu yang mencerminkan kesholehan.
  7. Tanggung jawab guru tidak hanya terdapat seorang anak, tetapi dalam jumlah yang cukup banyak.
  8. Hal ini disebabkan rumusan tujuan yang guru buat tidak hanya satu, tetapi bisa lebih dari dua rumusan tujuan.
  9. Memberikan pendidikan bukan hanya dalam penambahan pengetahuan dan keterampilan, melainkan pendidikan mental dan langsung melalui pengajaran agama, kecerdikan pekerti dan etiket.
  10. Dia bukan seorang karyawan biasa, melainkan seorang direktur manager yang sudah berpengalaman berpuluh-puluh tahun.

4. Menelaah Teks Diskusi
Ejaan
Ejaan yaitu seperangkat hukum wacana cara menuliskan bahasa dengan memakai huruf, Kata, dan tanda baca sebagai sarananya. Setelah membaca teks di atas, tandai ejaan yang salah, kemudian betulkan. Kalau di dalam teks di atas tidak ditemukan kesalahan ejaan, cari teks diskusi di koran, majalah, atau internet, kemudian betulkan kesalahan ejaannya.
Ejaan yang SalahEjaan yang BenarEjaan yang SalahEjaan yang Benar
di buktikandibuktikanmetodametode
diseluruh duniadi seluruh duniajadualjadwal
kriminilkriminalprosenpersen
sekedarsekadarapotikapotek
analisaanalisispraktekpraktik

Kalimat
Setelah membaca teks di atas, cari kalimat simpleks (tunggal) dan kalimat kompleks (majemuk )(setara dan bertingkat) sekurang-kurangnya 10 kalimat.
Kalimat tunggal:
  • Banyak siswa mendapat ilmu dengan proteksi internet
  • Pemerintah diperlukan sanggup memblokir situs-situs yang tidak baik.
  • Berikut ini beberapa dampak negatif dari internet.
Kalimat beragam setara:
  • Dengan adanya internet, apapun sanggup kita lakukan baik hal nyata maupun hal negatif 
  • Keberadaan internet memperlihatkan manfaat positf bagi dunia informarsi, tetapi banyak juga dampak negatifnya.
  • Banyak manfaat nyata yang sanggup diperoleh siswa dari internet kalau dipakai secara bijak.
  • Beri pemahaman yang baik pada anak wacana dampak nyata dan negatif internet bagi dirinya
Kalimat beragam bertingkat:
  • Ada dampak positif, tetapi ada juga dampak negatif internet, bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
  • Diharapka semua pihak, baik orang tua, guru, pemerintah maupun siswa untuk bahu-membahu mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet.
  • Untuk menangkal dampak negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu selalu mendampingi anak dikala mereka sedang mengakses internet.

Telaah Paragraf
Pada penggalan ini diminta menelaah paragraf yang ada di dalam teks diskusi. Perlu diketahui bahwa paragraf yang baik yaitu paragraf yang terdiri atas satu kalimat topik dan beberapa kalimat pengembang. Untuk itu, tentukan kalimat topik dan kalimat pengembang yang ada di dalam paragraf berikut.
Paragraf 1 : 
Kalimat topik : Internet telah banyak membantu dalam segala unsur kehidupan. Kalimat pengembang : Internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apapun sanggup kita lakukan baik nyata maupun negatif. Sebagai media komunikasi internet, internet sanggup dipakai untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.

Related:

    Paragraf 2 :
    Kalimat topik :  Keberadaan internet memperlihatkan manfaat nyata bagi dunia informasi. Kalimat pengembang : Banyak siswa yang mendapat ilmu dengan proteksi intenet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun sekarang terasa lebih gampang dengan mencarinya di internet. Ada dampak nyata dan ada dampak negatif internet.

    Paragraf 3 :
    Kalimat topik : Banyak manfaat nyata yang sanggup diperoleh siswa dari internet kalau dipakai secara bijak. Kalimat pengembang : Tidak sedikit pula dampak negatif yang ditimbulkan internet. Berikut ini beberapa dampak yag ditimbulkan  dari internet. Penculikan anak atau kasus pelarian anak di anak-anak yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang gampang percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.

    Paragraf 4 :
    Kalimat topik : xxxxgrafi yaitu dampak negatif internet lainnya. Kalimat pengembang : Tidak hanya orang cukup umur yang mengunjungi situs-situs terlarang. Hal ini tentu saja merupakan situasi yang sangat memprihatingkan. Kecanduan permainan online yang melanda siswa juga merupakan dampak internet.

    Paragraf 5 :
    Kalimat topik : Untuk menangkal dampak negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Kalimat pengembang : Hal ini untuk memestikan kepada anak bahwa telah mengakses situs yang tepat. Jangan hingga anak asyik bermain internet. Jika akomodasi internet  tersedia di rumah, letakkan akomodasi tersebut  di ruang bersama.

    Paragraf 6 :
    Kalimat topik : Diharapkan semua pihak baikorang tua,guru,pemerintah,maupun siswa sendiri untuk bahu-membahu untuk mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet. Kalimat pengembang : Pemerintah diperlukan dapt memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang bau tanah juga diperlukan sanggup lebih memperhatikan anaknya

    Related Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel