Modifikasi Produk Kerajinan Materi Limbah Anorganik

Pada modifikasi produk kerajinan dari materi limbah anorganik sanggup dipelajari mengenai pengembangan penciptaan dari produk kerajinan materi limbah anorganik lunak dan keras. Dengan membuatkan kreatifitas produk kerajinan materi limbah anorganik lunak dan keras yang ada sanggup diolah sedemikian rupa menjadi karya yang lebih unik dan ekonomis.  Modifikasi ialah merubah, menggayakan, menambah/ menyederhanakan bentuk, memadukan aneka bahan, mengatur ulang komposisi warna, motif, sanggup pula membuat hal gres yang sangat berbeda dari asalnya. 

Modifikasi kerajinan tidak hanya menggandakan ataupun memadukan aneka materi limbah organik, namun sanggup juga membuat desain yang baru. Dengan cara ini akan melahirkan karya kerajinan yang kreatif dan artistik. Kegiatan sanggup diawali dngan pembuatan desain modifikasi dengan mengolah materi limbah anorganik yang ada  dan rancang kembali dengan cara disederhanakan bentuknya maupun digayakan bentuknya baik secara keseluruhan maupun sebagian saja. Hal ini perlu dilakukan supaya menghasilkan bentuk maupun cita rasa karya yang unik.

a. Perencanaan
1. Idntifikasi Kebutuhan
Dalam koreografi tari modern sanggup dipadukan dengan musik tradisional. Misalnya pada program pertunjukkan ulang tahun sekolah sanggup ditampilkan menari dengan kostum tari yang bercirikan ramah lingkungan hasil desain sendiri. Kostum tersebut sanggup dibentuk dngan memakai limbah plastik.

Kostum yang dibentuk berwarna hitam dengan aksen rok dari plastik dan kain perca. Atasan dan bawahan hitam merupakan kaos yang sudah jadi dan sanggup dibeli di toko. Sedangkan roknya sanggup dibentuk sendiri dengan teknik tempel dan jahit

2. Menentukan Bahan dan Fungsi
Menentukan materi dan fungsi karya kerajinan modifikasi dari materi limbah organik. Bahan yang dipakai ialah limbah plastik dan kain perca, sedangkan fungsi karya modifikasi ialah untuk kostum tari.

3. Menggali Ide
Menggali inspirasi dari banyak sekali sumber. Sumber sanggup berasal dari majalah, surat kabar, internet maupun pengamatan eksklusif ke pasar.

4. Membuat denah karya dan memilih karya terbaik dari sketsa.

b. Pelaksanaan
  • Mempersiapkan alat dan materi yang diharapkan secara lengkap. Bahan yang dipakai ialah limbah plastik kemasan kopi susu, kain perca, koran bekas, dan renda. Alat yang dipakai antara lain pensil, gunting, pisau kertas, lem, jarum, benang, meteran, dan mesin jahit.
 Pada modifikasi produk kerajinan dari materi limbah anorganik sanggup dipelajari mengenai pe Modifikasi Produk Kerajinan Bahan Limbah Anorganik
  • Bersihkan plastik kemasan kopi susu dan potong supaya bentuk motifnya sama dengan yang lainnya. Tempelkan satu persatu sampai memanjang.
  • Buat contoh pada kertas koran menurut ukuran rok yang akan dibuat.
  • Susun kemasan plastik sesuai ukuran pola.
  • Sambungkan potongan depan dan belakang dengan cara dilem dan dijahit. Semua lapisan harus diulang dengan dijahit supaya kuat. Menjahit sanggup dilakukan dengan tangan memakai tusuk tikam jejak atau jelujur, sanggup pula memakai mesin jahit.
  • Jahit pula potongan pinggang sebagai sabuk memakai sisa kain yang masih panjang atau sanggup pula memakai kain perca yang disambung-sambung.
  • Buat hiasan kecil dari kain perca, dan tempel hiasan renda dan hiasan kain perca pada keliling rok.
c. Evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan menguji karya yang telah dibuat. Dengan menguji karya tersebut diharapkan sanggup mengetahui apa kekurangan dari produk yang telah dibentuk untuk melaksanakan perbaikan produk di masa yang akan datang. Satu hal yang penting dan perlu diingat ialah keselamatan kerja pada dikala pembuatan karya sebab memakai mesin jahit yang sanggup membahayakan keselamatan bila tidak dipakai dengan cara yang baik dan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel