Contoh Soal Lomba Dokter Kecil

Pertumbuhan dan perkembangan anak harus mendapat perhatian yang lebih termasuk anak usia sekolah, lantaran kalau menderita sakit, kurang gizi atau problem kelebihan gizi, menghadapi problem psikologi ataupun kejiwaan akan menghipnotis proses mencar ilmu yang pada jadinya akan berdampak terhadap kualitas sumber daya manusia. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang merupakan belahan dari jadwal anak usia sekolah dan bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk sikap hidup higienis dan sehat penerima didik yang berada di sekolah.

Upaya strategis dalam melibatkan tugas serta aktif masyarakat sekolah melalui pendekatan kelompok sahabat sebaya" (peer counselor) dengan mempersiapkan penerima didik menjadi penggagas sikap hidup higienis dan sehat (PHBS) baik disekolah, keluarga dan masyarakat sekitarnya. Salah satu jadwal yang dikembangkan oleh UKS ialah jadwal Dokter Kecil, yang mempunyai tugas untuk membantu berbagi jadwal UKS`dari anak ke anak (child to child programme), yang salah satu kegiatannya ialah "lomba dokter kecil". Pelaksanaan lomba dokter kecil dimaksudkan untuk meningkatkan minat penerima didik (siswa/Siswi) di tingkat sekolah dasar untuk menjadi dokter kecil, dengan impian sanggup menjadi teladan bagi teman-temannya dalam berperilaku hidup higienis dan sehat.
Pertumbuhan dan perkembangan anak harus mendapat perhatian yang lebih termasuk anak usi Contoh Soal Lomba Dokter Kecil
Berikut ini beberapa pola soal dalam lmba Dokter Kecil.
1.Apa yang dimaksud UKS ?
Jawab : Usaha Kesehatan Sekolah merupakan upaya terpadu lintas jadwal dan lintas sektor dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk sikap hidup higienis dan sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah dan madrasah ibtidaiyah.

2. Sebutkan landasan aturan UKS !
Jawab : Landasan aturan UKS ialah UU No. 23 tahun 1992 perihal kesehatan dalam Bab V Pasal 45 ayat 1. Bahwa : Kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat siswa dalam lingkungan hidup sehat sehingga siswa sanggup mencar ilmu tumbuh kembang secara serasi dan optimal menjadi sumber daya yang lebih berkualitas.

3.Sebutkan 3 target pengembangan UKS ( primer, sekunder, tersier) !
Jawab : Ssaran pengembangan UKS ialah siswa dari tingkat pendidikan dasar hingga tingkat pendidikan menengah dan kejuruan, Perguruan agama, beserta lingkungannya.

4. UKS merupakan hasil keputusan bersama 4 menteri yaitu ?
Jawab : UKS merupakan keptutsan bersama empat menteri yaitu Departemen Dalam Negeri, Departemen Agama, Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan.

5. Apa Pengertian Dokcil?
Jawab : Dokter kecil ialah siswa yang duduk di kelas IV yang sudah mendapat training perihal kesehatan sehingga mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan aneka macam kegiatan UKS.

6. Apa yang dimaksud cara hidup sehat?
Jawab : Cara hidup sehat ialah kebiasaan-kebiasaan yang mengikuti aturan atau tata cara kesehatan

7. Apa manfaat KMS AS ?
Jawab : KMS yaitu kartu yangg berisi grafik pertumbuhan Tinggi Badan dan Berat Badan, catatan perkembangan kesehatan pesertadidik dan imunisasi. KMS penerima didik salah satu teknologi sederhana yang sanggup digunakan untuk memantau tingkat keadaan gizi penerima didik.

8. Bagaimana anak dikatakan pertumbuhan anaknya sehat?
Jawab : Pertumbuhan dan perkembangan anak sanggup dikatakan sehat kalau tinggi dan berat tubuh bertambah dengan normal atau baik atau inggi dan berat badannya sesuai dengan umurnya.

9. Apa sajakah yang dibutuhkan untuk mengukur tinggi badan?
Jawab : Meteran khusus / Microtois, Penggaris kayu / kertas panjang 200 cm, Meteran tinggi badan

10.Apakah yang dimaksud dengan kuliner yang bergizi seimbang ?
Jawab : Makanan yang mengandung zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur yang sesuai kebutuhan tubuh kita. Gizi Seimbang ialah susunan kuliner sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, acara fisik, kebersihan, dan berat tubuh (BB) ideal.

11. Darimana sumber zat pembangun diperoleh?
Jawab : Protein merupakan zat kuliner yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. Selain itu, protein juga berperan dalam penggantian belahan tubuh yang rusak dan membentuk zat kekebalan tubuh. Sama halnya menyerupai lemak, protein terdiri dari dua macam, yaitu protein nabati dan protein hewani. Sumber protein nabati di antaranya ialah tempe, tahu, kacang-kacangan, dan jamur. Adapun sumber protein hewani ialah daging, ikan, telur, dan susu.

12. Sebutkan 4 problem kekurangan gizi di Indonesia!
Jawab : Masalah kekurangan gizi di Indonesia antara lain :Gangguan akhir kekurangan iodium (GAKI), Kekurangan zat besi, Kekurangan energi protein, dan Kekurangan vitamin A.

13.Apa yang dimaksud dengan sampah?
Jawab : Sampah ialah suatu materi yang terbuang atau dibuang dari sumber acara insan maupun proses alam yang belum mempunyai nilai ekonomis.

14. Sebutkan 2 daerah pembuangan sampah!
Jawab : Tempat Pembuangan Sementara (TPS), dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

5 .Bagaimana cara memusnahkan sampah?
Jawab : Sampah sanggup dimusnahkan dengan cara : Dibakar, Ditimbun (tebal 60 cm), Dibuat pupuk (kompos), dan Dibuat kuliner ternak.

16. Apa yang dimaksud dengan air limbah?
Jawab : Air limbah atau air buangan ialah sisa air yang dibuang yang berasal dari rumah tangga, industri maupun tempat-tempat umum lainnya, dan pada umumnya mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang sanggup membahayakan bagi kesehatan insan serta menggangu lingkungan hidup.

17. Jika terjangkit penyakit batuk filek apa yang disarankan ?
Jawab : Jika terkena batuk pilek hal yang disarankan ialah Istirahat yang cukup, Menghentikan aktivitas, Banyak minum dan makan kuliner bergizi.

18.Apa saja gejala penyakit radang mata (belekan) ?
Jawab : Tanda-tanda radang mata ialah :Mata berair, Terasa mengganjal, Terasa perih, dan Silau kalau kena sinar

19. Mengapa anak gampang terjangkit penyakit cacingan?
Jawab : Karena kurang menjaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri dan lingkungan

20.Sebutkan 4 jenis cacing yang kau ketahui!
Jawab : Jenis-jenis cacing antara lain ialah : Cacing Gelang, Cacing Cambuk, Cacing Kremi, dan Cacing Tambang

21. Di bawah ini ialah P3K pada penderita apa?
Memberi banyak minum, Member oralit, Member air sop, air kelapa, air taji, air buah
Jawab : Pertolongan pertama pada penyakit diare

22.Apa sajakah yang mneyebabkan penyakit diare?
Jawab : Penyakit diare sanggup disebabkan lantaran : Kurang gizi, Infeksi virus atau bakteri,  Alergi makanan, Makan buah mentah, dan Keracunan makanan.

23.Apa kehilangan cairan tubuh itu?
Jawab : Dehidrasi ialah gangguan dalam keseimbangan cairan ataupun air yang terdapat pada tubuh. Hal ini sanggup terjadi lantaran pengeluaran air atau cairan lebih banyak daripada pemasukan cairan menyerupai minum. Gangguan kehilangan cairan tubuh disertai dengan adanya gangguan keseimbangan pada zat elektrolit tubuh. Dehidarasi terjadi lantaran :  Kekurangan zat natrium, Kekurangan air, Kekurangan natrium dan air.

24.Usaha untuk menawarkan kekebalan dengan cara menawarkan zat ke dalam tubuh disebut apa ?
Jawab : Imunisasi ialah suatu proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukkan vaksin, yakni virus atau basil yang sudah dilemahkan, dibunuh, atau bagian-bagian dari basil (virus) tersebut telah dimodifikasi.

25.Sebutkan 5 macam imunisasi
Jawab : Macam-macam imunisasi antara lain : DT ( Difteri Tetanus ), DPT ( Difteri, Pertusis, Tetanus ), Polio ( Penyakit Polio ), TT ( Tetanus ), BCG ( Penyakit TBC ), Hepatitis ( Penyakit Hepatitis ), dan Campak ( Penyakit Campak )

26.Apakah yang dimaksud kekebalan alami?
Jawab : Kekebalan yang diperoleh dari diri sendiri. Sistem kekebalan alamiah merupakan sistem kekebalan tubuh yang telah ada semenjak kita lahir dan merupakan alat pertahanan tubuh yang paling terdepan dalam menghadapi penyebab (agent) penyakit lantaran dalam menawarkan respon pribadi terhadap agent tersebut.

27.Penyakit apa yang tanda-tandanya di bawah ini!
Sakit gigi, Gusi bengkak, Sakit pada gigi, Gigi jerawat dan berdarah, Ada karang gigi
Jawab : Sariawan

28.Pada anak normal anak 3 tahun jumlah gigi lengkap ada berapa ? Rincikan !
Jawab : Ada 20 yaitu 8 gigi seri, 4 gigi taring, dan 8 gigi graham

29. Pada anak normal gigi susu tumbuh mulai umur berapa?
Jawab : 6 bulan. Gigi susu pertama seorang bayi biasanya muncul semenjak usia 4 bulan. Namun demikian kisaran normal erupsi usia gigi susu pertama ialah antara usia 5-24 bulan. Bila perkembangan motorik, kognitif dan neurologis seorang bayi normal maka sesungguhnya tinggal menunggu tumbuhnya gigi susu pertamanya. 

30. Apa fungsi gigi taring?
Jawab : Untuk mengoyak makanan

31. Apakah nama vektor penyakit demam berdarah ?
Jawab : Vektor utama penyakit DBD di Indonesia ialah nyamuk A. aegypti sedangkan A. albopictus dianggap vektor potensial.

32. Apakah nama virus penyakit flu babi ?
Jawab : Virus H1N1

33.Apa nama lain dari penyakit kencing bagus ? Sebutkan secara lengkap !
Jawab : Diabetes Mellitus ialah suatu penyakit dimana kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi lantaran tubuh tidak sanggup melepaskan atau memakai insulin secara adekuat. Kadar gula darah bervariasi sepanjang hari.

34.Singkatan dari apa PHBS ?
Jawab : Perilaku Hidup Bersih dan sehat

35.Apakah kepanjangan dari PD3I ?
Jawab : Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi

36. Sebutkan 4 faktor yang memilih derajat kesehatan seseorang !
Jawab : Faktor yang memilih derjata kesehatan antara lain : Perilaku, Pelayanan Kesehatan, Lingkungan, dan Keturunan.

37.Apakah fungsi pembalut dalam PPPK ?
Jawab : Fungsi pembalut
1. Penekanan untuk membantu menghentikan perdarahan.
2. Mempertahankan epilog luka pada tempatnya.
3. Menjadi penopang untuk belahan tubuh yang cedera.

38.Apakah alat yang digunakan untuk mengukur ketajaman mata ?
Jawab : Snellen Cart. Snellen chart => kartu bertuliskan beberapa abjad dengan ukuran yang berbeda => untuk pasien yang bisa membaca.

39.Sebutkan 3 syarat sikat gigi yang baik !
Jawab : Syarat sikat gigi yang baik antara lain : Bulu sikat halus, Permukan bulu sikat datar, Kepala sikat kecil

40.Gigi apa yang pertama kali tumbuh ?
Jawab : Gigi Susu

41.Sebutkan isi dari trias UKS !
Jawab : Penyelenggaraan pendidikan sekolah, Penyelenggaraan pelayanan kesehatan,dan Pembinaan lingkungan sekolah sehat

42. Apakah target UKS !
Jawab : Anak didik

43. Sebutkan 4 macam pencemaran lingkungan !
Jawab : Pencemaran air, Pencemaran udara, Pencemaran tanah, Pencemaran suara

44.Sebutkan 3 unsur syarat kesehatan air !
Jawab : Tidak berbau, berasa, tidak berwarna, dan jernih, Tidak mengandung zat berbahaya, dan Tidak mengandung basil / kuman.

45. Bagaimanakah cara pemisahan obat ?
Jawab : Pemisahan obat dibagi ke dalam kelompok : Obat luar, obat dalam, obat keras

46.Sebutkan 4m plus !
Jawab : 4m Plus ialah : Mengubur, Menutup, Menguras, Menjangkau perkembangan jentik nyamuk, dan Mengurangi gigitan nyamuk.

47. Apa yang kau ketahui perihal Abatisasi ?
Abatisasi ialah menaburkan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air. Abatisasi bisa diulang setiap 2-3 bulan sekali. Abate tidak berbahaya bagi manusia. Abatisasi hanya pada tempat-tempat air tergenang, menyerupai kolam mandi, jambangan bunga, dan selokan kecil. Jangan taburkan abate ke air yang mengalir. Abate juga baik ditaburkan ke tempat-tempat air yang sulit dikuras atau dibersihkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel