Latihan Kekuatan Dan Daya Tahan

Salah satu komponen kesejukan jasmani ialah kekuatan, kekuatan merupakan kemampuan otot atau sekumpulan otot untuk melaksanakan suatu tegangan terhadap beban. ketahanan otot merupakan kemampuan otot atau sekelompok otot untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang berulang-ulang atau kemampuan otot untuk melaksanakan suatu kiprah gerak dalam waktu tertentu. Makara perbedaan yang fundamental antara kekuatan otot dan daya tahan otot terletak pada penekanannya. Kekuatan otot berkembang bila beban yang dilakukan makin meningkat. Sedangkan daya tahan otot terbentuk melalui beban tetap namun dilakukan secara berulang-ulang dalam satu kesempatan.

Kekuatan otot merupakan komponen yang sangat penting untuk meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan, hal ini alasannya sebagai berikut : Kekuatan merupakan daya pelopor setiap kegiatan fisik. Kekuatan memegang peranan penting dalam melindungi atlet atau orang dari kemungkinan cedera. Dengan kekuatan atlet akan sanggup lari lebih cepat, melempar atau menendang lebih jauh dan efisien, memukul lebih kuat demikian pula sanggup membantu memperkuat stabilitas sendi-sendi.

Latihan-latihan yang cocok untuk menyebarkan kekuatan ialah latihan-latihan tahanan ibarat mengangkat, mendorong, atau menarik suatu beban, baik beban dari anggota tubuh kita sendiri atau dari beban luar. Kekuatan otot didefinisikan sebagai tegangan yang sanggup dikerahkan oleh otot-otot atau sekelompok otot terhadap beban atau tahanan dengan sekali perjuangan secara maksimal.

1. Melakukan sit up untuk kekuatan otot perut
  • Mula-mula tidur telentang, kedua lutut ditekuk, dan
  • kedua tangan ditekukkan di belakang kepala.
  • Kemudian tubuh diangkat ke atas, sampai dalam posisi
  • duduk, kedua tangan tetap berada di belakang kepala.
  • Setelah itu kembali lagi ke perilaku yang pertama.
  • Gerakan ini dilakukan sebanyak-banyaknya (15-30 detik)
2. Latihan kekuatan otot punggung (back-up)
  • Mula-mula tidur telungkup, kaki rapat dan
  • kedua tangan berpegangan di belakang kepala.
  • Kemudian angkatlah tubuh dengan dada tidak
  • menyentuh ke lantai.
  • Setelah itu kembali lagi ke perilaku yang pertama.
  • Posisi kaki tetap masih menyentuh lantai supaya kedua kaki tidak bergerak.
  • Pergelangan kaki bisa dipegang oleh teman dan sanggup pula tidak dipegang.
  • Gerakan ini dilakukan berulang-ulang selama 15-30 detik.
Selain menjaga kebugaran tubuh, kita juga perlu menjaga kebersihan lingkungan. Sekarang amati gambar berikut. Berikut ialah kegiatan yang dilakukan warga di sekitar daerah tinggalku untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Deskripsikan gambar tersebut memakai kata-katamu sendiri.
 Salah satu komponen kesejukan jasmani ialah kekuatan Latihan Kekuatan dan Daya Tahan
Menjaga lingkungan supaya tetap sehat dan bersih, sangatlah mudah. Hal ini harus berawal dari niat dari dalam diri dan hati Anda. Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi teladan kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya ialah dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Lakukan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dimana saja anda berada baik di rumah, di sekolah, dan di lingkungan sekitar.

Cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan juga sanggup dilakukan dengan cara menciptakan souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah. Sampah atau barang sisa lainya sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan barang kerajinan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya menciptakan tas dari koran, tabloid atau kertas bekas, kerajinan tangan dari botol bekas dan lain-lain. Selain sampah sanggup dimanfaatkan sekaligus juga menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Cara lain yang sanggup dilakukan ialah dengan melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Kerja bakti sanggup dilakukan dengan selalu melibatkan tokoh masyarakat yang kuat untuk menawarkan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya kerja bakti kebersihan lingkungan. Sertakan para cowok untuk ikut aktif kerja bakti dan menjaga kebersihan lingkungan. Biasakanlah untuk menerapkan kebiasaan tersebut di rumah dan di lingkungan sekitar Anda. Hal ini sangat penting bagi Anda supaya terhindar dari basil dan penyakit.

Mendaur ulang kertas menjadi sesuatu yang bermanfaat ialah salah satu cara yang sanggup dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan. Salah satunya ialah dengan menciptakan vas terbuat dari kertas daur ulang, yaitu kertas koran. Kerajinan tangan ini sanggup dibentuk dengan mudah. Bahan yang diharapkan ialah kertas koran, lem, cat, dan vernis.

Cara pembuatan vas dari kertas bekas antara lain sebagai berikut :
  • Ambil koran 2 lembar, Setiap lembar dilipat menjadi 8 lipatan. Kemudian gunting ibarat gambar. sehabis dipotong , buatlah lintingan
  • Ambil cetakan pot bunga/kaleng bekas yang ukurannya sedang. Beri lem ke permukaan pot, kemudian lilitkan lintingan tersebut pada cetakan, sampai penuh.
  • Jemur apabila lintingan sudah menutup seluruh bab luar pot supaya lem cepat kering.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel