Membuat Riset Sederhana Binatang Dan Flora Langka

Perubahan lingkungan selalu terjadi, baik yang terjadi secara alami maupun alasannya ialah kegiatan manusia. Perubahan lingkungan akan menimbulkan beberapa tumbuhan dan binatang harus menyesuaikan diri. Beberapa tumbuhan dan binatang berhasil menyesuaikan, namun tidak sedikit yang gagal. Kegagalan binatang atau tumbuhan untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan barunya akan menimbulkan kepunahan. Beberapa jenis tumbuhan dan binatang sekarang berada di ambang kepunahan alasannya ialah tidak bisa bertahan dengan banyak sekali alasan. Hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan merupakan binatang dan tumbuhan langka yang dilindungi oleh pemerintah.

Burung cenderawasih merupakan burung khas dari Papua. Burung ini mempunyai bulu yang indah dan berwarna-warni, sehingga banyak diburu. Sama halnya dengan burung jalak bali. Burung ini harus dilindungi alasannya ialah sering diburu manusia. Burung ini mempunyai bulu yang indah. Komodo merupakan reptil yang bentuknya mirip biawak. Binatang ini hanya terdapat di Pulau Komodo, propinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlahnya di alam bebas semakin sedikit alasannya ialah terbatasnya sumber makanannya yang berupa daging dan bangkai binatang ternak.

Selain binatang langka, terdapat beberapa tumbuhan yang dilindungi alasannya ialah populasinya yang semakin menurun, yaitu Rafflesia arnoldi dan pohon cendana. Bunga raflesia atau bunga bangkai merupakan bunga berukuran besar yang hid up di Taman Nasional Bengkulu. Populasi bunga ini menurun drastis alasannya ialah Habitattnya tergeser oleh pembukaan wilayah hutan untuk banyak sekali kegiatan manusia.

Pohon cendana mempunyai kelebihan yang tidakdimiliki tumbuhan lainnya. Pohon cendana ialah tumbuhan berkayu yang menghasilkan basi harum. Habitatt orisinil pohon cendana berada di Nusa Tenggara Timur. Populasinya menurun alasannya ialah pemanfaatannya oleh insan lebih cepat dibandingkan masa perkembangbiakannya.

Beberapa jenis binatang langka yang dilindungi pemerintah Indonesia antara lain: warak bercula satu dan warak bercula dua, komodo, burung cenderawasih, dan burung jalak bali. Badak merupakan binatang paling langka dan paling terancam punah di Indonesia. Populasi warak ini kian menurun alasannya ialah adanya perburuan liar untuk mengambil cula mereka. Habitat warak bercula satu terdapat di tempat Ujung Kulon, Banten. Sedangkan warak bercula dua Habitatt aslinya di Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera.

Berikut ini beberapa binatang dan tumbuhan langka yang ada di Indonesia, habitat, cara perkembangbiakannya, dan cuilan yang dimanfaatkan manusia.
Nama Hewan/TumbuhanHabitatCara BerkembangbiakMakananBagian Tubuh yang Dimanfaatkan Manusia
Burung CenderawasihPapuaBertelurBiji-bijianBulu
Jalak BaliBaliBertelurBiji-bijianSuara yang Indah
KomodoKomodoBertelurDaging dan BangkaiKulit Komodo
Raflesia ArnoldiBengkuluGeneratif (biji)-Bunga sebagai materi obat
CendanaNTTGeneratif (Biji)-Kayu
Badak JawaBantenMelahirkanTumbuhanCula untuk obat
Badak SumateraBengkuluMelahirkanTumbuhanCula untuk obat

Hewan dan tumbuhan langka perlu dilindungi oleh negara dengan undang-undang. Punahnya salah satu binatang atau tumbuhan dalam sebuah ekosistem, niscaya akan mempengaruhi semua cuilan di dalam ekosistem tersebut. Akan tetapi seringkali masyarakat tidak mengetahui tumbuhan dan binatang mana yang dilindungi. Hal ini menimbulkan populasi binatang dan tumbuhan tersebut terus menurun. Jika masyarakat luas mengetahui dan mengenal jenis-jenis tumbuhan dan binatang langka tersebut, dibutuhkan masyarakat sanggup ikut menjaganya.

Agar binatang dan tumbuhan langka tidak mengalami kepunahan harus dilakukan upaya-upaya untuk melestarikan binatang dan tumbuhan langka. Berikut beberapa upaya pelestarian binatang dan tumbuhan langka, antara lain :
  • Melakukan penangkaran hewan-hewan langka dan menanam bibit tumbuhan yang sudah langka. Bibit tumbuhan tersebut sanggup ditanam dalam aktivitas reboisasi untuk mengisi lahan-lahan kosong.
  • Mendirikan tempat-tempat pemberian tumbuhan dan binatang langka. Misalnya suaka margatsatwa, cagar alam, kebun binatang, kebun raya, dan taman nasional.
Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan biar generasi yang akan tiba juga ikut menikmati kekayaan hayati yang kita miliki. Berikut tujuan pelestarian tumbuhan dan satwa langka :
  • Menjaga keseimbangan ekosistem biar kehidupan di muka bumi ini tetap berjalan dengan baik.
  • Melestarikan keaneka ragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat.
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat. misal materi bangunan, makanan, dan obat-obatan.
  • Menciptakan lingkungan yang nyaman dan mengurangi pencemaran udara dengan adanya banyak sekali jenis pohon.
  • Dapat di manfaat kan sebagai tempat hiburan dengan menciptakan taman rekreasi atau kebun binatang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel