Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Tuesday, November 17, 2020
Edit
Penilaian pengetahuan sanggup diartikan sebagai penilain potensi intelektual yang terdiri dari tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi. Seorang pendidik perlu melaksanakan penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi pengetahuan akseptor didik. Penilaian terhadap pengetahuan akseptor didik sanggup dilakukan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Kegiatan penilaian terhadap pengetahuan tersebut sanggup juga dipakai sebagai pemetaan kesulitan berguru akseptor didik dan perbaikan proses pembelajaran.
Pendidik menilai kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Instrumen tes tulis uraian yang dikembangkan haruslah disertai kunci balasan dan pedoman penskoran. Pelaksanaan penilaian melalui penugasan setidaknya memenuhi beberapa syarat, yaitu mengkomunikasikan kiprah yang dikerjakan oleh akseptor didik, menyampaikan indikator dan rubrik penilaian untuk tampilan kiprah yang baik. Tampilan kualitas hasil kiprah yang dibutuhkan disampaikan secara terang dan penugasan mencantumkan rentang waktu pengerjaan tugas. Berikut ini akan disajikan rujukan bentuk instrumen terkait dengan teknik penilaian tes tulis, tes lisan, maupun penugasan.
Contoh Instrumen Penilaian Tes Lisan
Contoh Instrumen Penilaian Tes Penugasan
Contoh Instrumen dan Rubrik Penilaian
Catatan
Catatan
Pendidik menilai kompetensi pengetahuan melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan.
- Instrumen tes tulis berupa soal pilihan ganda, isian, balasan singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen uraian dilengkapi pedoman penskoran.
- Instrumen tes verbal berupa daftar pertanyaan.
- Instrumen penugasan berupa pekerjaan rumah dan/atau projek yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugas.
Teknik Penilaian dan Bentuk Instrumen
Instrumen tes tulis uraian yang dikembangkan haruslah disertai kunci balasan dan pedoman penskoran. Pelaksanaan penilaian melalui penugasan setidaknya memenuhi beberapa syarat, yaitu mengkomunikasikan kiprah yang dikerjakan oleh akseptor didik, menyampaikan indikator dan rubrik penilaian untuk tampilan kiprah yang baik. Tampilan kualitas hasil kiprah yang dibutuhkan disampaikan secara terang dan penugasan mencantumkan rentang waktu pengerjaan tugas. Berikut ini akan disajikan rujukan bentuk instrumen terkait dengan teknik penilaian tes tulis, tes lisan, maupun penugasan.
Contoh Instrumen Penilaian Tes Tertulis
No. | Mata Pelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
1. | PPKn | 3.1.1 Menjelaskan pembentukan BPUPKI sebagai tubuh yang mempersiapkan dasar negara Indonesia merdeka. | Tes Terluis | Jawaban singkat | Mengapa Jepang mengijinkan pembentukan BPUPKI? Kunci:
|
No. | Mata Pelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
1. | Bahasa Inggris | 3.1.1 Merespons ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan usul maaf | Tes Lisan | Daftar Pertanyaan | Listen to the expression and give your respon. 1. A: Hi, Andi B: Hi, Shinta, ....? A: Very well thank you, and you B: I am fine thank you. 2. A: It’s time to go home, Good bye B: .............? 3. A: Hello, Please come in B: .............. 4. A: ........., I’m late B: It’s OK, Please sit down |
No. | Mata Pelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
1. | Bahasa Indonesia | 3.1.1 Menyusun teks hasil observasi secara tertulis. | Penugasan | Pekerjaan Rumah | Tugas: Buatlah goresan pena atau naskah ihwal tata urutan kejadian pada dongeng pendek yang disajikan pada bacaan buku siswa kepingan 1! Kunci: Untuk mengerjakan kiprah ini akseptor didik harus terlebih dahulu membaca beberapa potongan dongeng dan beberapa pertanyaan yang disajikan pada bacaan buku bahasa Indonesia untuk siswa kepingan 1 ihwal Cinta Lingkungan Hidup kemudian akseptor didik menciptakan naskah singkat yang menggambarkan persitiwa secara berurutan. |
Contoh Instrumen dan Rubrik Penilaian
Berikut ini disajikan rujukan soal penilaian kompetensi pengetahuan pada IPA beserta rubrik penilaiannya yang ditampilkan dalam format tabel ibarat rujukan berikut. Penilaian yang disajikan ini merupakan ulangan harian.
KD | Indikator | Ranah Kognitif | Teknik Penilaian | Butir Soal | Kunci Jawaban | Skor *) | |||||||||||||||||||||
3.8 Mendeskripsi-kan interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya | Menentukan pengertian dari beberapa konsep penting terkait komponen ekosistem | C1 | Tes tulis menjodohkan | Petunjuk: Pasangkanlah pernyataan yang ada pada kolom I dengan istilah yang sesuai pada kolom II!
|
| 1 1 1 1 1 |
Nilai Peserta Didik = | Skor yang Diperoleh Peserta Didik | x 100 |
Skor Total (5) |
Tanda bintang *): besarnya skor ditentukan oleh tiap guru mata pelajaran menurut jenjang pengetahuan yang diukur (C1-C6) dan tingkat kesulitan soal.
Contoh Tugas Kelompok Matematika
Indikator
Peserta didik sanggup memilih syarat pasangan tiga (tripel) bilangan yang merupakan ukuran sisi-sisi suatu segitiga, dengan mengerjakan kiprah secara jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam.
Contoh Tugas Kelompok Matematika
Indikator
Peserta didik sanggup memilih syarat pasangan tiga (tripel) bilangan yang merupakan ukuran sisi-sisi suatu segitiga, dengan mengerjakan kiprah secara jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam.
No. | Uraian Tugas | Uraian Jawaban | Kriteria/Skor *) |
1. | Pengetahuan Faktual Dengan memakai potongan lidi, bentuklah segitiga-segitiga dengan sisi-sisi sebagai berikut: a. 7 cm, 5 cm, dan 10 cm b. 6 cm, 12 cm, dan 9 cm c. 15 cm, 6 cm, dan 7 cm d. 10 cm, 13 cm, dan 8 cm e. 17 cm, 8 cm, dan 9 cm Manakah tripel bilangan yang sanggup membentuk segitiga? | Tripel bilangan yang sanggup membentuk segitiga adalah: a. 7 cm, 5 cm, dan 10 cm b. 6 cm, 12 cm, dan 9 cm c. 10 cm, 13 cm, dan 8 cm Sedangkan tripel bilangan berikut tidak sanggup membentuk segitiga d. 15 cm, 6 cm, dan 7 cm e. 17 cm, 8 cm, dan 9 cm | Bila tiap tripel bilangan sanggup ditetapkan sebagai suatu segitiga atau bukan dengan benar, diberi skor 5 |
2. | Pengetahuan Konsepsional Coba tuliskan syarat tripel bilangan, semoga merupakan ukuran sisi-sisi segitiga! | a. 7 cm, 5 cm, dan 10 cm, merupakan ukuran sisi segitiga lantaran 10 < 7 + 5 b. 6 cm, 12 cm, dan 9 cm, merupakan ukuran sisi segitiga lantaran 12 < 6 + 9 c. 10 cm, 13 cm, dan 8 cm, merupakan ukuran sisi segitiga lantaran 13 < 10 + 8 d. 15 cm, 6 cm, dan 7 cm, bukan merupakan sisi-sisi segitiga lantaran 15 > 6 + 7 e. 17 cm, 8 cm, dan 9 cm, bukan merupakan sisi-sisi segitiga lantaran 17 = 8 + 9 Dari uraian di atas, sanggup disimpulkan, suatu tripel bilangan akan merupakan ukuran sisi-sisi segitiga apabila, ukuran bilangan terbesar kurang dari jumlah dua bilangan lainnya. | 5 5 5 5 5 Bila siswa sanggup menciptakan rumusan syarat triple bilangan segitiga dengan benar diberi skor 25 |
3. | Gunakan syarat yang kalian simpulkan, untuk memilih tripel bilangan berikut yang merupakan ukuran sisi-sisi suatu segitiga a. 3 cm, 4 cm, dan 5 cm b. 6 cm, 10 cm, dan 10 cm c. 11 cm, 11 cm, dan 23 cm d. 27 cm, 12 cm, dan 15 cm e. 16 cm, 25 cm, dan 20 cm | Tripel bilangan yang merupakan ukuran sisi-sisi suatu segitiga adalah a. 3 cm, 4 cm, dan 5 cm b. 6 cm, 10 cm, dan 10 cm 16 cm, 25 cm, dan 20 cm | Bila tiap tripel bilangan sanggup ditetapkan sebagai suatu segitiga atau bukan dengan benar, diberi skor 5 |
Skor Total | 100 |
Nilai Peserta Didik = | Skor yang Diperoleh Peserta Didik | x 100 |
Skor Total (100) |
Tanda bintang *): besarnya skor ditentukan oleh tiap guru mata pelajaran menurut jenjang pengetahuan yang diukur (C1-C6) dan tingkat kesulitan soal.
Pelaksanaan Penilaian
Penilaian kompetenti pengetahuan sanggup dilaksanakan sebagai penilaian proses, penilaian tengah semester dan penilaian final semester. Penilaian proses dilakukan melalui ulangan harian dengan teknik tes tulis, tes verbal dan penugasan yang diberikan selama proses pembelajaran berlangsung. Cakupan ulangan harian diberikan oleh pendidik untuk seluruh indikator dari satu kompetensi dasar. Ulangan tengah semester merupakan acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik sesudah melaksanakan 8 – 9 ahad acara pembelajaran. Cakupan ulangan tengah semester mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
Ulangan final semester merupakan acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di final semester. Cakupan ulangan final semester mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Rincian pelaksanaan penilaian ditampilkan pada tabel berikut:
Rincian Pelaksanaan Penilaian
Pelaksanaan Penilaian
Penilaian kompetenti pengetahuan sanggup dilaksanakan sebagai penilaian proses, penilaian tengah semester dan penilaian final semester. Penilaian proses dilakukan melalui ulangan harian dengan teknik tes tulis, tes verbal dan penugasan yang diberikan selama proses pembelajaran berlangsung. Cakupan ulangan harian diberikan oleh pendidik untuk seluruh indikator dari satu kompetensi dasar. Ulangan tengah semester merupakan acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik sesudah melaksanakan 8 – 9 ahad acara pembelajaran. Cakupan ulangan tengah semester mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
Ulangan final semester merupakan acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di final semester. Cakupan ulangan final semester mencakup seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut. Rincian pelaksanaan penilaian ditampilkan pada tabel berikut:
Rincian Pelaksanaan Penilaian
Waktu Pelaksanaan | Cakupan Penilaian | Teknik Penilaian yang Memungkinkan | Bentuk Instrumen |
Penilaian Proses | Seluruh indikator dari satu kompetensi dasar (KD) | Tes tulis, Tes lisan, Penugasan |
|
Ulangan Tengah Semester | Seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD selama 8-9 ahad acara berguru mengajar | Tes tulis | Pilihan ganda, isian, balasan singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. |
Ulangan Akhir Semester | Seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut | Tes tulis | Pilihan ganda, isian, balasan singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. |