Reklame Komersil
Tuesday, November 17, 2020
Edit
Reklame yakni sarana untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menunjukkan produk kepada konsumen dengan, sehingga konsumen ingin memiliki, memakai atau membeli produk tersebut. Fungsi reklame yakni untuk mempekenalkan suatu produk pada masyarakat, dengan adanya reklame tersebut dibutuhkan masyarakat tertarik untuk memakai produk yang ada dalam reklame. Dengan laris dan digunakannya produk tersbut perusahaan produk tersebut akan memperoleh keuntungan.
Reklame sangat membantu calon pembeli untuk memahami produk yang akan ditawarkan. Reklamejuga dipakai sebagai media untuk mengenalkan budaya bangsa melalui produk yang ditawarkan. Tidak semua reklame bertujuan hanya untuk memperoleh keuntungan. ada reklame yang sifatnya hanya untuk mengajak melaksanakan sesuatu. Berdasarkan tujuan pembuatannya, reklame dibedakan menjadi reklame komersial dan reklame non komersial.
Tujuan utama sebuah reklame komersil diantaranya untuk menunjukkan barang dan jasa kepada konsumen. Dengan adanya reklame komersil tersebut dibutuhkan pembeli lebih tertarik untuk memakai produk yang ditawarkan dan laba yang diperoleh lebih banyak. Agar masyarakat tertarik reklame komersil yang kita tampilkan harus mempunyai beberapa syarat. Atau dengan kata lain reklame komersil yang kita buat lebih lebih menonjol dari iklan komersil yang lainnya. Agar lebih menonjol berikut ini beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah reklame komersil :
Reklame yang baik tentunya akan sanggup memenangkan persaingan. Reklame yang sanggup memenangkan persaingan biasanya yakni reklame yang menarik perhatian, yang menciptakan konsumen ingin tau akan barang yang kita tawarkan, di dalam reklame tersebut ditonjolkan keunggulan produk kita dari produk lain yang sejenis, sebab akan menambah tingkat keyakinan konsumen Pesan dikemas dengan unik dan kreatif, isi pesan harus mengatakan alasan calon pembeli untuk melaksanakan tindakan.
Saat ini kita sanggup menemukan reklame di banyak sekali media, contohnya saja media elektronik menyerupai televisi banyak sekali menayangkan banyak sekali reklame. Hampir sekitar setengah jam sekali muncul di televisi. Media elektronik yang lain yakni radio. Selain itu reklame juga sanggup kita jumpai di media cetak menyerupai koran dan majalah. Media sosial juga sanggup dipakai untuk menampilkan reklame, contohnya saja Facebook, Twitter. Dan yang tak kalah dengan media-media yang lain yaitu internet, di internet banyak sekali reklame yang ditampilkan baik di sebuah web maupun blog.
Reklame sangat membantu calon pembeli untuk memahami produk yang akan ditawarkan. Reklamejuga dipakai sebagai media untuk mengenalkan budaya bangsa melalui produk yang ditawarkan. Tidak semua reklame bertujuan hanya untuk memperoleh keuntungan. ada reklame yang sifatnya hanya untuk mengajak melaksanakan sesuatu. Berdasarkan tujuan pembuatannya, reklame dibedakan menjadi reklame komersial dan reklame non komersial.
- Reklame Komersial (Ekonomis). Reklame komersil yakni reklame yang dibentuk untuk menunjukkan barang dan jasa. Dengan reklame komersil ini dibutuhkan pembeli lebih tertarik untuk memakai produk yang ditawarkan dan laba yang diperoleh lebih banyak. Jenis reklame komersil banyak dipakai para pedagang atau pengusaha dalam meningkatkan keuntungan. Contoh iklan komersil sanggup kita saksikan di televisi, contohnya iklan barang elektronik, tv, komputer, dan lain-lain
- Reklame Non- Komersial (Sosial). Reklame non komersil yang dibentuk untuk mengajak atau menghimbau orang lain untuk mau melaksanakan sesuatu. Misalnya poster PIN (Pekan Immunisasi Nasional), poster tawaran untuk hidup bersih, poster peringatan ancaman Demam Berdarah, Keluarga Berencana, dan sebagainya.
Tujuan utama sebuah reklame komersil diantaranya untuk menunjukkan barang dan jasa kepada konsumen. Dengan adanya reklame komersil tersebut dibutuhkan pembeli lebih tertarik untuk memakai produk yang ditawarkan dan laba yang diperoleh lebih banyak. Agar masyarakat tertarik reklame komersil yang kita tampilkan harus mempunyai beberapa syarat. Atau dengan kata lain reklame komersil yang kita buat lebih lebih menonjol dari iklan komersil yang lainnya. Agar lebih menonjol berikut ini beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah reklame komersil :
- Teks atau slogan yang terperinci dan gampang dipahami. Terdiri dari teks utama (headline) dan teks klarifikasi yang mendukung headline. Dengan kalimat yang gampang dipahami konsumen akan tahu apa yang kita tawarkan.
- Bahasa yang baik dan menarik dengan bentuk aksara yang sesuai. Pemilihan bahasa dan kalimat harus diadaptasi dengan target konsumen/pembaca yang akan memakai produk, begitu juga dengan bentuk dan warna hurufnya.
- Gambar illustrasi menarik dan gampang diingat. Ilustrasi gambarnya harus sesuai dengan produk aslinya. Obyek yang dipakai juga menyesuaikan dengan tema dan tujuan reklamenya. Misalnya gambar-gambar kartun yang lucu banyak dipakai pada reklame produk anak-anak.
- Lay Out yang baik (tata letak antara gambar dengan tulisan). Harus sempurna dalam menempatkan posisi teks dan gambarnya. Dalam hal ini pengaturan komposisi mempunyai tugas penting sehingga secara keseluruhan reklame menjadi lezat dilihat dan pesan yang disampaikan cepat dipahami.
- Warna yang menarik dan sempurna sesuai dengan isi reklame. Sifat-sifat warna perlu diperhatikan, sebab jenis warna sangat mensugesti psikologis orang yang melihatnya. Contohnya bawah umur menyukai warna-warna yang terang dan cerah, sehingga untuk reklame produk anak-anak, jenis warna menyerupai merah, kuning, biru, banyak digunakan.
Reklame yang baik tentunya akan sanggup memenangkan persaingan. Reklame yang sanggup memenangkan persaingan biasanya yakni reklame yang menarik perhatian, yang menciptakan konsumen ingin tau akan barang yang kita tawarkan, di dalam reklame tersebut ditonjolkan keunggulan produk kita dari produk lain yang sejenis, sebab akan menambah tingkat keyakinan konsumen Pesan dikemas dengan unik dan kreatif, isi pesan harus mengatakan alasan calon pembeli untuk melaksanakan tindakan.
Saat ini kita sanggup menemukan reklame di banyak sekali media, contohnya saja media elektronik menyerupai televisi banyak sekali menayangkan banyak sekali reklame. Hampir sekitar setengah jam sekali muncul di televisi. Media elektronik yang lain yakni radio. Selain itu reklame juga sanggup kita jumpai di media cetak menyerupai koran dan majalah. Media sosial juga sanggup dipakai untuk menampilkan reklame, contohnya saja Facebook, Twitter. Dan yang tak kalah dengan media-media yang lain yaitu internet, di internet banyak sekali reklame yang ditampilkan baik di sebuah web maupun blog.