Melaporkan Hasil Pengamatan

Pada dikala kita berada di lingkungan sekolah berbagai aktivitas yang dilakukan oleh warga sekolah. Bapak dan ibu guru mengajar kita di ruang kelas, bapak kepala sekolah mengatur aktivitas yang dilakukan di sekolah, penjaga sekolah melaksanakan kiprah untuk menunjang kelancaran pembelajaran di sekolah.

Para siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran di kelas. Kegiatan-kegiatan tersebut sanggup kita amati dan lalu kita laporkan kepada Bapak atau Ibu Guru. Laporan Pengamatan yaitu goresan pena yang berisi hasil pengamatan terhadap sebuah daerah atau suatu pekerjaan. Isi laporan ialah hal-hal penting yang berkaitan pribadi dengan tanggung jawab yang dibebankan kepada si pembuat laporan.

Sebelum kita melaksanakan pengamatan persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pengamatan. Karena nanti kita akan melaporkan hasil pengamatan, maka alat tulis terperinci dihentikan ketinggalan. Alat tulis tersebut untuk menciptakan catatan perihal hal-hal yang perlu diamati di dalam proses pengamatanmu.

Hal itu dilakukan, semoga proses pengamatan lebih terarah dan data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan pengamatan. Perisapan lain yang perlu diperhatikan yaitu menciptakan beberapa pertanyaan sebagai pedoman kita sebelum melaksanakan wawancara semoga wawancara sanggup berjalan dengan lancar.

Kegiatan yang akan kita amati kali ini yaitu aktivitas pemanfaatan air di sekolah. Agar aktivitas pengamatan sanggup lebih terarah ada beberapa pedoman yang sanggup kita ikuti, menyerupai di bawah ini
Kegiatan Yang DiamatiNarasumber Wawancara
Kegiatan apa yang dilakukan bapak penjaga sekolah sepanjang hari dan memakai air?Bapak penjaga sekolah
Kegiatan apa yang dilakukan murid-murid di sekolah sepanjang hari dan memakai air?Beberapa orang murid
Kegiatan apa yang dilakukan selama proses pembelajaran di sekolah sepanjang hari dan memakai air?Kegiatan basuh tangan, pembelajaran IPA, menyiram tanaman, mencuci piring

Setelah selesai kita melaksanakan pengamatan dan wawancara dengan narasumber, aktivitas selanjutnya yaitu melaporkan hasil pengamatan kita. Laporan hasil pengamatan aktivitas pemanfaatan air di sekolah, menyerupai di bawah ini :
Laporan Pengamatan
Nama narasumber . : Bapak Guru, Penjaga, dan beberapa teman
Pengamat : Aldo Reza
Hari/tanggal : Rabu, 26 Agustus 2014
Topik pengamatan : Pemanfaatan Air di Sekolah
Hasil pengamatan :
  • Banyak aktivitas di sekolah yang memanfaatkan air. Bapak penjaga sekolah mencuci alat-alat dapur memakai air. Beliau juga memanfaatkan air untuk menciptakan minuman untuk para guru. Air juga dimanfaatkan oleh Bapak penjaga sekolah untuk menyiram tumbuhan bunga yang ada di lingkungan sekolah.
  • Para siswa juga memanfaatkan air untuk beberapa kegiatan, antara lain sebagai berikut : untuk basuh tangan, basuh kaki. Selain itu dalam aktivitas pembelajaran para siswa juga memanfaatkan air. Misalnya pada aktivitas praktikum perihal perkembangbiakan tumbuhan, siswa memanfaatkan air untuk menyiram tanaman. Pada dikala pembelajaran Pendidikan Agama Islam para siswa juga memanfaatkan air untuk berwudlu sebelum melaksanakan praktik shalat. Yang lebih banyak lagi yaitu siswa memanfaatkan air untuk air minum yang mereka bawa dari rumah.
  • Para guru juga memanfaatkan air dalam aktivitas pembelajarnnya, menyerupai pada beberapa aktivitas pembelajaran para guru memanfaatkan air sebagai media pembelajaran. Misalnya pada aktivitas praktikum perihal sifat-sifat air salah satunya.
Kesimpulan :
Air sangat mempunyai kegunaan bagi kita. Air sangat penting bagi badan kita.Banyak sekali aktivitas di sekolah yang memanfaatkan air, antara lain untuk minum, media pembelajaran dan yang lainnya.

Ternyata, keberadaan air sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Kita dihentikan menggunakannya dengan boros, apalagi membuang-buangnya. Jika hingga terjadi kelangkaan air bersih, apalagi hingga habis, tentu keadaan di sekolah tidak akan senyaman menyerupai sekarang. Hal-hal apa sajakah yang mungkin akan berubah kalau terjadi kelangkaan air di sekolah?
Tempat /benda di sekolah Prediksiku
1.Rumput dan tumbuhan di sekolah Rumput sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya, kalau tidak ada air maka tumbuhan rumput akan mengering dan mati.
2. Toilet sekolah Toliet sekolah harus dibersihkan sehabis digunakan, materi yang digunakan untuk membersihkan yaitu air. Jika tidak ada air, maka toilet akan kotor dan kedaluwarsa sehingga mengganggu aktivitas di lingkungan sekolah
3. Peralatan laboratorium sekolah yang gres digunakan Peralatan laboratorium yang telah digunakan harus dibersihkan dengan cara dicuci semoga sanggup digunakan kembali di waktu yang akan datang. Jika tidak ada air dan peralatan laboratorium dibiarkan kotor, maka perlatan tersebut akan cepat rusak dan tidak sanggup digunakan lagi.
4.Lantai kelas dan koridor yang kotor Lantai kelas dan koridor sekolah merupakan daerah yang kita gunakan sehari-hari untuk berguru dan bermain. Jika kedua daerah tersebut kotor maka aktivitas pembelajaran akan tidak yaman
5. Semua anggota komunitas sekolah yang kehausan
Kita membutuhkan air untuk minum, dalam satu hari kita membutuhkan beberapa liter air untuk kebutuhan badan kita. Jika tidak ada air sanggup kita bayangkan keadaan kita. Manusia tidak sanggup hidup tanpa air, dan kalau kita kekurangan air kita sanggup meninggal dunia.

Sangat menyedihkan kalau sekolah kita kekurangan atau bahkan mengalami ketiadaan air. Tidak hanya tumbuhan dan insan yang akan kehausan, kebersihan toilet dan barang-barang sekolah pun menjadi masalah. Kita harus menghargai dan memakai air dengan bijaksana, semoga suasana di sekolah tetap bersih, menyenangkan, dan nyaman. Dengan suasana yang higienis dan menyenangkan tersebut kita sanggup berguru dengan baik.

Keadaan lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan kalau kita gambarkan dalam sebuah gambar kira-kira menyerupai di bawah ini.
Pada dikala kita berada di lingkungan sekolah berbagai aktivitas yang dilakukan oleh war Melaporkan Hasil Pengamatan

Keadaan lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan sanggup kita wujudkan dalam sebuah gambar. Sebelum menggambar ada beberapa hal yang perlu kau perhatikan, antara lain sebagai berikut :
  • Perhatikan proporsi atau perbandingan besar dan letak benda-benda yang kau gambar semoga mendekati bentuk aslinya. Proporsi yaitu perbandingan yang ideal dan serasi antara bagian-bagian benda yang menjadi objek gambar atau istilah lainnya keseimbangan.
  • Perhatikan juga komposisi warna yang kau gunakan untuk mewarnai gambarmu. Komposisi warna dalam seni rupa berarti perjuangan untuk mengatur/menyusun warna sehingga menjadi serasi (serasi, selaras, dan seimbang). Komposisi warnamu akan membantu menunjukkan pesanmu kepada semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel