Unsur-Unsur Dalam Iklan

Iklan atau pariwara merupakan bab penting dalam mempromosikan atau menunjukkan suatu barang ataupun jasa. Kita sanggup melihat iklan diberbagai media menyerupai koran, majalah, radio, teleivisi, internet. Apa itu Iklan? Iklan yaitu suatu pesan wacana barang atau jasa yang dibentuk oleh pembuat barang yang disampaikan lewat media (cetak, audio, elektronik) yang di tujukan kepada masyarakat umum. Cara yang sangat ampuh untuk memperkenalkannya produk kepada orang banyak yaitu dengan beriklan.

Pada dasarnya tujuan utama iklan yaitu semoga masyarakat mau membeli produk tersebut. Agar masyarakat tertarik untuk membeli produk tersebut maka iklan dibentuk semenarik mungkin dan seefektif mungkin. Iklan mempunyai peranan yang sangat penting dalamm memasarkan produk semoga sanggup di kenal oleh masyarakat. Sehingga sangat penting bagi produsen untuk tetap mempertahankan atau meningkatkan kualitas produknya. Dari sisi si pembuat barang atau si penyedia jasa iklan mempunyai tujuan sebagai berikut :

Memberi tahu masyarakat
Melalui iklan si pembuat barang atau si penyedia jasa ingin memberitahukan bahwa telah ada barang atau jasa yang mungkin mereka butuhkan. Iklan tersebut mengatakan informasi mengenai kelebihan produk tersebut dibandingkan dengan produk sejenis yang lainnya. Adanya iklan membuat konsumen sadar akan merek-merek baru,
Iklan atau pariwara merupakan bab penting dalam mempromosikan atau menunjukkan suatu kafe Unsur-unsur dalam iklan
Mengajak masyarakat supaya membeli produk tersebut

Biasanya dalam iklan ada kata atau kalimat yang berisi undangan untuk membeli produk tersebut. Dengan undangan tersebut masyarakat didorong untuk mencoba memakai produk yang ditawarkan. Iklan yang efektif akan bisa membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.

Mendukung terjadinya penjualan
Iklan dibutuhkan mengatakan rangsangan dan mendorong masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan. Dengan beriklan dibutuhkan konsumen sanggup bertindak untuk membeli produk tersebut.

Untuk membuat iklan yang baik dan menarik ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sehingga iklan akan efektif dan mengatakan manfaat terhadap produk yang ditawarkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah iklan, antara lain sebagai berikut

Kalimatnya singkat dan jelas.
Contoh pada headline atau yang kepala pesan iklan. Headline ini berfungsi untuk menarik perhatian awal pembaca. Headline yang menarik sanggup menahan mata untuk berhenti sejenak melihat produk yang ditawarkan. Ciri-ciri headline antara lain sebagai berikut : Tulisan menonjol, baik dari segi ukuran maupun warna, Umumnya kalimat headline pendek, bahkan satu kata saja bisa menarik perhatian. Berisi kalimat atau kata yang mengandung kesan berpengaruh sehingga menarik minat perhatian masyarakat

Bahasanya gampang dipahami dan menarik
Sajikan iklan dengan bahasa yang gampang dipahami, alasannya kemampuan masing-masing dalam memahami arti bahasa berbeda-beda. Selain itu bahasa juga harus menarik alasannya suatu iklan dengan bahasa yang baik akan lebih menarik.

Tulisan dan gambarnya menarik.
Penggunaan warna pada goresan pena dan gambar harus diperhatikan, misalnya warna merah memberi kesan berani. Warna di yakini mempunyai dampak psikologis terhadap manusia. Dampak tersebut sanggup di pandang dari banyak sekali macam aspek, baik panca indera aspek budaya.

Bagian-bagian Iklan
  • Headline Headline merupakan kepala iklan, biasanya headline merupakanrangkaian kalimat atau kata-kata pendek, dan seringkali berupa slogan. Ciri-ciri headline antara lain :tulisan menonjol, mumnya kalimat pendek, bahkan satu kata saja, berisi kalimat atau kata yang mengandung kesan berpengaruh sehingga menarik minat perhatian masyarakat
  • Subjudul. Sub Judul merupakan bab dari iklan yang bertugas untuk menjabarkan lebih jauh pesan yang terdapat dalam judul. Ciri-ciri subjudul antara lain sebagai berikut : uruf lebih kecil dari headline , terkadang di tulis dengan warna yang berbeda , aksara tebal dan warna yang berbeda. letak sub headline berdekatan dengan headline.
  • Teks iklan Isi iklan atau naskah iklan yang dicetak dengan memakai jenis aksara yang lebih kecil daripada baris display. 
  • Harga. Orang biasanya sangat peka terhadap harga, dan mungkin akan dijengkelkan oleh suatu iklan yang tidak mencantumkan, paling tidak mencantumkan harga yang terendah. 
  • Nama dan alamat Mungkin saja sudah cukup hanya dengan menyebutkan nama produk atau perusahaan pada iklan tersebut, didukung dengan logo, tetapi pengiklam lain ada yang mencantumkan alamat dan nama mereka dengan jelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan semoga pembaca sanggup mengenali mereka dengan jelas. 
  • Signature slogan atau strapline Ini yaitu baris kalimat penutup, dan hal ini sanggup dipakai sebagai alat untuk membuat gambaran perusahaan

Unsur - Unsur Iklan
  • Attention ( perhatian ). Iklan yang baik harus sanggup menarik perhatian masyarakat umum.
  • Interest ( minat ). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  • Desire ( cita-cita ). Suatu cara utuk menggerakkan cita-cita suatu konsumen.
  • Conviction ( rasa percaya ). Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang banyak sekali acara peragaan menyerupai pembuktian atau sebuah kata-kata.
  • Action ( tindakan ). Tindakan merupakan tujuan final dari produsen untuk menarik konsumen semoga membeli atau memakai produk dan jasanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel