Kualitas Gerakan Acara Gerak Ritmik
Monday, July 20, 2020
Edit
Senam irama atau disebut juga senam ritmik ialah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ritmik sanggup dilakukan dengan memakai alat ataupun tanpa alat. Alat yang sering dipakai ialah gada, simpai, tongkat, bola, pita dan topi. Pada goresan pena ini yang akan dibahas ialah senam irama tanpa alat. Unsur-unsur yang diharapkan dalam senam irama adalah: kelentukan, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, ketepatan, dan gerak koordinasi. Tujuan senam yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan. Ada tiga hal yang harus ditekankan pada senam irama, yaitu:
Beberapa irama yang dipakai dalam senam ritmik, contohnya irama: 2/3, 3/4, 4/4 dan sebagainya. Misalnya : tanda Irama 2/4, angka 2 mempunyai arti bahwa di antara dua garis berirama dalam lagu tersebut terdapat 2 ketukan/hitungan. Angka 4 atau lengkapnya 1/4 mengandung arti bahwa not itu harganya 1/4 dan menerima 1 hitungan/ketukan. Dengan begitu hitungan dari irama 2/4 cukup dibunyikan dengan hitungan 1-2, 1-2 dan seterusnya (ditandai oleh tangan dirigen yang hanya naik turun). Ini memungkinkan setiap ketukan ketika menyebut satu dan dua diwakili oleh masing-masing satu langkah.
2. Kelentukan (fleksibilitas)
Kelentukan ialah derajat kemampuan gerak pada banyak sekali persendiaan atau beberapa persendiaan. Prinsip kelentukan dalam gerakan akan diperoleh berkat latihan yang tekun dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kelentukan merupakan syarat mutlak untuk mengerahkan kekuatan dengan derajat kemungkinan gerak penus secara efisien.
3. Kontinuitas gerakan
Kontinuitas gerakan akan diperoleh dari rangkaian gerak-gerak senam yang telah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan. Demi terciptanya keserasian dalam gerak senam irama ketiga hal tersebut harus dikuasai secara matang. Sebelum latihan dengan alat menyerupai pita, bola, gada, tali dan simpai, terlebih dahulu harus mengenal dan menguasai latihan dasar yaitu: macam-macam langkah, ayunan lengan dan perilaku tubuh/posisi tubuh di dalam melaksanakan latihan.
A. Gerak Ritmik Langkah Kaki
Langkah ialah berpindahnya salah satu kaki belakang ke depan kaki yang lainnya, dengan banyak sekali variasi. Teknik gerak langkah kaki dalam senam irama sangat penting. Sebab, gerak langkah kaki mendominasi seluruh gerakan dalam senam irama. Berikut ini diuraikan beberapa macam langkah kaki dalam senam irama.
No. | Nama Gerakan Kaki | Keterangan |
---|---|---|
1. | Langkah biasa (looppas) | Gunakan irama 2/4 (dd), 3/4 (ddd), 4/4 (dddd) diambil perilaku tegak, langkah kaki kiri, kedua lengan lepas di samping badan. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan ke depan dengan meletakkan tumit di depan telapak kaki kiri kemudian gres ujung jari kaki yang terakhir. Bilangan “dua” ganti langkah kaki kiri. |
2. | Langkah rapat | Sikap tegak langkah kaki kiri. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kiri ke depan. Bilangan “dua” kaki kanan melangkah dan letakkan telapak kaki kanan sejajar dengan telapak kaki kiri, lutut mengeper. Berikutnya ganti kaki kanan melangkah, kiri rapat, ngeper. Lebih sempurna gunakan irama 3/4 (ddd) dan 4/4 (dddd). |
3. | Langkah kesetimbangan (balancepas) | Sikap tegak langkah kaki kiri. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kiri ke depan. Pada bilangan “dua” kaki kanan menyusul dan sebelum kaki kanan menapak (masih angkat tumit) kaki kiri mundur diikuti kaki kanan menapak (masih angkat tumit) kaki kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat tetapi tidak ada ketika berhenti. Irama 3/4 (ddd) dan 4/4 (dddd). |
4. | Langkah depan (galoppas) | Untuk memudahkan berguru galoppas ini langkah rapat/bijtrekpas hingga lancar gres ke galoppas yang sebenarnya. Sikap tegak kaki kanan. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan. Bilangan “dua” kaki kiri menyusul dan tolong-menolong kaki kanan melangkah lagi (satu-hep-dua). Selanjutnya langkahkan kaki kiri disusul langkah kaki kanan, kemudian langkah kaki kiri lagi. Irama 3/4 (ddd) atau 4/4 (dddd). |
5. | Langkah tiga (wallpas) | Harus memakai irama 3/4 (ddd). Sikap tegak langkah kaki kanan. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan lebar ke depan (selebar langkah normal). Bilangan “dua” langkahkan kaki setengah langkah dan angkat tumit. Bilangan “tiga” langkahkan kaki kanan setengah langkah dan angkat, selanjutnya ganti mulai kiri. Koreksi: lutut jangan ditekuk, pandangan ke depan. |
6. | Langkah silang (kruispas) | Sikap tegak anjur kiri. Pada bilangan “satu” silangkan kaki kiri di muka kaki depan. Bilangan “dua” kaki kanan langkah ke samping kanan. Kruipas: sanggup mengambil perilaku tegak langkah. Irama 2/4 (dd). |
7. | Langkah samping (zijpas) | Sikap tegak langkah kaki kanan. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan ke samping kanan. Bilangan “dua” langkahkan kaki kiri rapatkan kaki kanan (langkah rapat-samping rapat). Irama 2/4 (dd). |
8. | Langkah ganti (wisselpas) | Sikap tegak langkah kaki kanan. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan ke depan. Bilangan “dua” sempurna ketika mengucapkan “du” putar kaki kiri dan tolong-menolong dengan “a” letakkan kaki kiri dan langkahkan kaki kanan ke depan dengan cepat. Langkah berikutnya mulai dengan kaki kiri. Irama 4/4 (dddd) atau 2/4 (dd). |
9. | Langkah lingkar (huppelpas) | Sikap tegak langkah kaki kiri. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kiri ke depan. Bilangan “dua” angkat kaki kanan hingga perilaku paha kurang lebih 90 derajat (kiri-kanan-kanan-kiri). Irama 4/4 (dddd) atau 2/4 (dd). |
10. | Langkah pantul (kaatspas) | Sikap tegak langkah kaki kiri. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kiri ke depan, kaki kanan angkat. Bilangan “dua” (langkah) letakkan kaki kanan ke daerah semula, angkat kaki kiri. Latihan mulai dari kaki kanan pula. Langkah pantul ini bisa dikerjakan, ke samping dan samping ke samping silang. Sikap: tegak langkah kaki kiri. Pada bilangan “satu” langkahkan kaki kanan ke samping kanan kaki kiri. Angkat. Irama 4/4. Variasi I: muka-belakang-kiri-kanan. Variasi II: muka-belakang-samping-silang. |
11. | Langkah silang lingkar (schaatsenrijderpas | Sikap tegak langkahkan kaki kiri. Pada bilangan “satu” angkat kaki kiri, tekuk pada paha silangkan paha kiri di depan kaki kanan. Bilangan “dua” letakkan kaki kiri. Bilangan “tiga” dan “empat” ganti kaki kanan. Irama 2/4, 4/4. |
12. | Langkah putar silang (draipass) | Sikap langkah kaki kiri. Pada bilangan “satu”angkat dan langkahkan kaki kiri ke samping kiri. Bilangan “dua”putar tubuh 180 derajat ke kiri dan langkahkan kaki kanan, hingga menghadap ke arah sebaliknya. Bilangan “tiga”putaran dilanjutkan, angkat kaki kiri dengan putaran melalui belakang kaki kiri diletakan di samping kaki kanan kembali ke hadap semula. Jika mulai dengan tegak anjur, maka pada bilangan “satu” kaki kiri tinggal memegang mengangkat pada “sa” dan diletakan lagi pada “tu” (angkat – putar – samping – belakang ). |
B. Gerak Ritmik Ayunan Lengan
Gerak ayunan tangan sama pentingnya dengan gerak langkah kaki. Terdapat beberapa gerak ayunan satu lengan dalam senam irama. Gerakan lengan dalam senam irama dibedakan menjadi gerakan ayunan dua lengan dan ayunan satu lengan. Berikut ini beberapa macam gerakan mengayun lengan.
No. | Nama Gerakan Ayunan | Keterangan |
---|---|---|
1. | Mengayun Dua Lengan ke Depan dan ke Belakang |
|
2. | Mengayun Dua Lengan ke Samping |
|
3. | Mengayun Dua Lengan dari Samping ke Atas |
|
4. | Mengayunkan lengan setinggi bahu |
|
5. | Mengayun Lengan Lurus ke Atas |
|
6. | Merentangkan tangan |
|
7. | Mendorong Tangan ke Atas |
|
C. Gerak Ritmik Loncat
Loncat ialah gerakan melangkah disertai tolakan kaki sehingga ada ketika tubuh melayang diudara, mendarat dengan salah satu kaki disusul dengan kaki yang lainnya. Beberapa variasi gerakan loncat dalam senam irama antara lain sebagai berikut.
No. | Nama Gerakan Loncat | Keterangan |
---|---|---|
1. | Loncat ke Depan |
|
2. | Loncat ke samping |
|
3. | Loncat Kijang |
|
4. | Meloncat sambil membuka dan menutup kaki | Gerakan ini harus dilakukan dengan bersemangat agar tidak terasa sulit. Cara melakukannya, ialah sebagai berikut:
|
Musik Pengiring Senam Ritmik
Musik atau irama yang biasanya dipakai untuk mengiringi senam ritmik ialah musik balet. Musik balet merupakan sejenis musik klasik, dengan irama ketukan Untuk menyesuaikan antara musik dan gerakan senam yang sudah di rancang perlu memperhatikan :
- Intro musik (pembukaan) : biasanya terdapat 8 hitungan, atau 2 kali 8 hitungan yang sengaja diciptakan untuk gerakan pendahuluan, contohnya berjalan menuju lapangan lomba yaitu area show.
- Musik inti : ialah musik untuk mengiringi gerakan senam ritmik yang dipertunjukkan, dimana jikalau dilombakan ialah gerakan wajib bagi peserta.
- Musik epilog : walaupun tidak khusus diciptakan sebagai musik epilog gerakan, tetapi si atlet harus hafal betul kapan irama akan berhenti, alasannya ialah hal ini merupakan titik puncak dari suatu kebolehan seorang pesenam.
Manfaat Senam Ritmik
Senam irama mempunyai beberapa manfaat, manfaat tersebut dikelompokkan menjadi manfaat fisik, manfaat mental, dan manfaat sosial. Manfaat fisik senam irama ialah orang yang melaksanakan senam irama secara rutin akan menyebarkan kemampuan daya tahan otot, kekuatan, tenaga, kelentukan, koordinasi, kelincahan dan keseimbangan. Sedangkan manfaat mental senam irama ialah orang yang rutin melaksanakan senam irama bisa memakai kemampuan berfikirnya secara aktif dan kreatif melalui pemecahan problem gerak. Senam irama juga mempunyai manfaat sosial yaitu melalui acara senam irama yang dilakukan secara tolong-menolong dalam hal ini maka akan terwujud interaksi sosial.