Membuat Simulasi Hari Pasar

Pasar merupakan salah satu daerah berlangsungnya acara ekonomi masyarakat. Pasar ialah sarana bertemunya pembeli dan penjual, baik secara pribadi maupun tidak pribadi untuk melaksanakan acara transaksi jual beli. Pada dikala melaksanakan transaksi jual-beli, selalu ada barang atau jasa yang ditawarkan. Pembeli dan penjual merupakan dua komponen penting dalam melaksanakan acara ekonomi pada sebuah pasar. Penjual ialah orang yang menjual dagangannya dengan tujuan memperoleh laba sedangkan pembeli ialah orang yang membeli barang kebutuhan.

Pasar sanggup dikelompokkan menjadi pasar tradisional dan pasar moden.
  • Pasar tradisional merupakan daerah bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara pribadi dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. 
  • Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara pribadi melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga.

Pernahkah kau mengunjungi sebuah pasar tradisional? Di pasar tradisional biasanya daerah berjualanya kios, dan los, serta transaksi terjadi secara pribadi dan terjadi tawar menawar harag. Itulah yang menjadi ciri pasar tradisional yang ada di sekitar kita. Untuk lebih memahami kegiatan-kegiatan yang dilakukan di pasar tradisional sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan simulasi hari pasar. Untuk melaksanakan acara simulasi hari pasar, ikutilah petunjuk di bawah ini:
  • Tentukan barang apa yang akan kau jual. Ingat, kau tidak akan menjual barang sebenarnya. Kamu akan menciptakan barang yang akan kau jual dengan memakai bahan-bahan yang ada di kelas atau sekolah.
  • Buatlah sejumlah barang yang akan kau jual secukupnya untuk dijual hari itu.
  • Tentukan harga barang yang akan kau jual dan bagaimana kau akan menjualnya: satuan, ditimbang, atau dalam pak, atau lainnya.
  • Aturlah barang-barang jualanmu di meja kelas semenarik mungkin.
  • Undanglah siswa kelas lain untuk berbelanja di tempatmu.
  • Mereka juga tidak akan memakai uang sebenarnya, tetapi memakai uang mainan.
  • Bekerja samalah dengan anggota kelompokmu untuk sanggup menjual barang sebanyak-banyaknya.
  • Hitunglah pendapatan yang dihasilkan dari penjualan tersebut.

Tuliskanlah pengalamanmu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Bagaimana pendapatmu wacana acara Simulasi Hari Pasar?
Simulasi hari pasar ternyata sangat menyenangkan, selain mengetahui acara apa saja yang terjadi di pasar kita juga sanggup berguru bagaimana tata cara berjual beli di pasar tradisional.

2. Manfaat apa yang kau dapatkan?
Manfaat yang saya dapatkan dari acara simulasi hari pasar antara lain wacana acara jual beli di pasar, barang apa saja yang di jual di pasar, harga-harga barang kebutuhan di pasar, cara menawar harga barang, dan lain-lain.

3. Bagaimana kau bekerja sama dengan sobat sekelompok untuk menciptakan produk dan menjualnya?
Pembuatan produk yang akan dijual pada acara simulasi pasar dibagi kepada setiap anggota kelompok sesuai dengan kemampuan masing-masing. Jika ada anggota yang tidak bisa menciptakan produk yang akan dijual, sobat yang merasa bisa segera membantu sehingga pekerjaan menjadi cepat selesai. Dibutuhkan kerjasama antar anggota kelompok supaya acara sanggup berjalan dengan lancar.

4. Apakah pentingnya saling menolong dalam acara tersebut? Ceritakanlah!
Tolong menolong sangat diharapkan dalam acara simulasi hari pasar. Ternyata kita tidak bisa bekerja sendirian, kita butuh santunan orang lain. Dengan tolong menolong pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan alasannya dikerjakan oleh banyak orang. Dengan tolong menolong juga memperat pesaudaraan alasannya selain anggota kelompok, siswadari kelas lain juga ikut hadir dalam acara simulasi hari pasar.

5. Sikap-sikap apa saja yang diharapkan supaya kelompokmu sanggup mencapai tujuan yang diinginkan melalui acara Simulasi Hari Pasar?
Kemampuan bekerja sama dengan siapa pun tanpa memandang perbedaan selalu diharapkan untuk mencapai tujuan bersama. Di dalam bekerja sama, ada beberapa perilaku yang harus dikembangkan, antara lain perilaku tenggang rasa, saling menghormati dan toleransi. Selain sikap-sikap itu, dalam bekerja sama, terutama untuk memecahkan masalah, diharapkan kreatifitas untuk menemukan aneka macam cara penyelesaian masalah.
Simulasi Hari Pasar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel