Struktur Teks Eksposisi
Saturday, August 29, 2020
Edit
Teks eksposisi merupakan paragraf atau karangan yang didalamnya terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi berfungsi untuk memaparkan dan menjelaskan suatu informasi. Tujuan tersebut sanggup dengan gampang kita pahami menurut eksposisi berarti ‘menyingkap’ atau ‘membongkar’. Teks eksposisi sanggup berisi satu topik (permasalahan) tertentu. Topik yang berisi permasalahan tersebut kemudian dikaji menurut sudut pandang penulis. Di sini kiprah penulis ialah berusaha membuktikan, mengevaluasi, atau mengklarifikasi permasalahan tersebut.
Teks eksposisi disusun dengan struktur yang terdiri atas pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang pendapat. Bagian pernyataan pendapat (tesis) berisi perihal pendapat yang dikemukakan oleh penulis teks. Bagian argumentasi berisi perihal argumen-argumen (alasan) yang mendukung pernyataan penulis, sedangkan penegasan ulang berisi perihal pengulangan pernyataan yang dipakai untuk meyakinkan pembaca perihal kebenaran pernyataan (tesis). Struktur teks eksposisi terdiri atas tiga bagian: tesis, argumentasi, dan penegasan ulang.
Perhatikan teks eksposisi yang diambil dari buku bahasa Indonesia kelas VII berikut ini.
Struktur Teks | Paragraf |
Tesis | Remaja ialah masa transisi dari masa bawah umur ke masa awal dewasa. Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun hingga dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya. Oleh alasannya itu, remaja harus menerima pendidikan abjad biar sanggup mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif. Pendidikan abjad yang sanggup diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli. |
Argumentasi | Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerlukan pengendalian diri yang berpengaruh ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat. Dalam keadaan menyerupai ini, remaja membutuhkan orang cukup umur untuk mengarahkan dirinya. Untuk itu, biar tidak terjerumus pada hal hal negatif, remaja harus mempunyai pendidikan karakter. Pendidikan abjad ini sanggup membentuk mereka menjadi remaja berprestasi. Di dalam pendidikan abjad mereka diajari nilai religius yang menguraikan kebaikan biar remaja tumbuh sebagai insan yang peka pada lingkungan sosial. Di samping itu, mereka diajari juga nilai toleransi dan nilai cinta tenang atau nilai-nilai kemanusiaan yang membentuk remaja mempunyai sifat pengasih, berbudi pekerti, dan cinta damai. Dalam pendidikan abjad itu mereka diajari juga nilai suka bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi yang sanggup mengakibatkan remaja sebagai orang yang berprestasi. |
Penegasan | Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan abjad itu sanggup membentuk remaja yang unggul. Mereka akan sanggup bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang mempunyai abjad berpengaruh akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan alasannya sehat secara fisik, stabil dalam emosi, dan intelektualnya berkembang baik. |
Mengurutkan Unsur Teks Eksposisi
Berikut ini kalimat acak dari teks eksposisi "Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia"
- Prestasi itu telah dibuktikan oleh siswa Indonesia yang meraih medali pada kategori Lingkungan Hidup.
- Siswa Indonesia sangat berprestasi.
- Prestasi yang diraih siswa Indonesia itu telah diuji lebih duhulu di tingkat nasional.
- Kedua siswa itu secara kreatif memanfaatkannya untuk industri garmen.
- Penelitian yang mereka lakukan ialah mengelola limbah binatang yang terdapat pada kulit udang dan kepiting yang mengandung materi anti bakteri.
- Prestasi itu diraih di antaranya oleh siswa yang berasal dari sekolah siswa Sekolah Menengan Atas Kharisma Bangsa, Banten.
- Metode penelitiannya oleh para juri sudah dinilai baik.
- Kreativitas yang dilakukan tinggi.
- Ada beberapa keunggulan dari penelitian yang dilakukan itu.
- Pada ketika menyajikan hasil penelitiannya di depan dewan juri, kedua siswa Indonesia ini menerima pujian.
- Menangnya siswa Indonesia di tingkat internasional ini menjadi bukti bahwa siswa Indonesia mempunyai prestasi yang tinggi.
- Di samping itu, idenya juga dianggap orisinal dan hasil penelitiannya gampang diaplikasi.
Setelah diurutkan menurut strukturnya teks eksposisi "Siswa Indonesia Juara Olimpiade Iptek Dunia" menjadi menyerupai di bawah ini
Struktur Teks | Paragraf |
Tesis | Siswa Indonesia sangat berprestasi.Prestasi itu telah dibuktikan oleh siswa Indonesia yang meraih medali pada kategori Lingkungan Hidup. Prestasi itu diraih di antaranya oleh siswa yang berasal dari sekolah siswa Sekolah Menengan Atas Kharisma Bangsa, Banten. Prestasi yang diraih siswa Indonesia itu telah diuji lebih duhulu di tingkat nasional. |
Argumentasi | Ada beberapa keunggulan dari penelitian yang dilakukan itu. Penelitian yang mereka lakukan ialah mengelola limbah binatang yang terdapat pada kulit udang dan kepiting yang mengandung materi anti bakteri. Pada ketika menyajikan hasil penelitiannya di depan dewan juri, kedua siswa Indonesia ini menerima pujian. Metode penelitiannya oleh para juri sudah dinilai baik. Di samping itu, idenya juga dianggap orisinal dan hasil penelitiannya gampang diaplikasi. Kedua siswa itu secara kreatif memanfaatkannya untuk industri garmen. Kreativitas yang dilakukan tinggi. |
Penegasan | Menangnya siswa Indonesia di tingkat internasional ini menjadi bukti bahwa siswa Indonesia mempunyai prestasi yang tinggi |