Format Evaluasi Antar Penerima Didik

Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik evaluasi dengan cara meminta akseptor didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang dipakai untuk evaluasi antarpeserta didik ialah lembar evaluasi antarpeserta didik. Lembar evaluasi masing-masing guru mungkin berbeda, Penilain ini termasuk dalam evaluasi sikap sosial. Penilaian kompetensi sikap sosial dilakukan oleh semua pendidik selama satu semester, kesannya diakumulasi dan dinyatakan dalam bentuk deskripsi kompetensi oleh wali kelas/guru kelas.

Deskripsi sikap dirumuskan menurut akumulasi capaian sikap selama pembelajaran sejumlah kompetensi dasar (KD) pada semester berjalan. Sikap sosial merupakan bab dari Kompetensi Inti 2 yaitu Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,tetangga, dan guru.
Penilaian antarpeserta didik merupakan teknik evaluasi dengan cara meminta akseptor didik  Format Penilaian Antar Peserta Didik
Penilain sikap sosial antar akseptor didik sanggup memakai format evaluasi menyerupai di bawah ini (hanya referensi sja, mungkin anda juga mempunyai bentuk yang lain).

Berikut ini referensi format evaluasi antar akseptor didik .
Nama Teman yang Diamat:Agus
Nama Pengamat:Budi
Kelas:V (lima)
Tanggal Pengamatan:4 Desember 2014
Tema/Sub Tema:Usaha Pelestarian Lingkungan
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti !
2. Berilah tanda cek (√) pada kolom pilihan berikut dengan :
4 = selalu, apabila selalu melaksanakan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melaksanakan sesuai pernyataan dan adakala tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila adakala melaksanakan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
No.Perilaku yang DiamatiSkor
4321
1.Berusaha berguru dengan sungguh-sungguh....................
2.Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian....................
3.Mengerjakan kiprah yang diberikan guru sempurna waktu....................
4.Mengajukan pertanyaan kalau ada yang tidak dipahami....................
5.Berperan aktif dalam kelompok....................
6.Menyerahkan kiprah sempurna waktu....................
7.Selalu menciptakan catatan hal-hal yang dianggap penting....................
8.Menguasasi dan sanggup mengikuti acara pembelajaran dengan baik....................
9.Menghormati dan menghargai teman....................
10.Menghormati dan menghargai guru....................
Jumlah Skor...........

Setelah akseptor didik saling menilai, guru mengumpulkan nilai yang diperoleh dari siswa dan memasukkan ke dalam format evaluasi menyerupai di bawah ini.
NoNama SiswaPerilaku yang Diamati
Perl 1Perl 2Perl 3Perl 4Perl 5Perl 6Perl 7Perl 8Perl 9Perl 10NilaiKonversiKet.
1Agus23222312432,80BTuntas
2Budi......................................................

Nilai Peserta Didik = Skor/Skor maks (40) x 100
Nilai Agus = 24/40 x 100 = 60. Konversi = 60/100 x 4 = 2,8 = B

Keterangan :
KKM = 2,33
>3,33 =SB, >2,33 =B, >1,33 C, <1,33 = K

Perilaku yang Dinilai :
  1. Berusaha berguru dengan sungguh-sungguh
  2. Mengikuti pembelajaran dengan penuh perhatian
  3. Mengerjakan kiprah yang diberikan guru sempurna waktu
  4. Mengajukan pertanyaan kalau ada yang tidak dipahami
  5. Berperan aktif dalam kelompok
  6. Menyerahkan kiprah sempurna waktu
  7. Selalu menciptakan catatan hal-hal yang dianggap penting
  8. Menguasasi dan sanggup mengikuti acara pembelajaran dengan baik
  9. Menghormati dan menghargai teman
  10. Menghormati dan menghargai guru

Penilaian Antar Peserta Didik 2
Pada format evaluasi akseptor didik yang kedua jumlah pertanyaan lebih banyak yaitu 22 pertanyaan sehingga untuk skor maksimum menjadi 88 (22 x 4). Teknik evaluasi sama menyerupai pada teknik evaluasi di atas. Berikut ini daftar pertanyaannya
  1. Memberi salam kepada guru setiap bertemu dengannya dan menjabat tangannya serta menghadapinya dengan wajah yang tersenyum.
  2. Bersikap hormat dan tabiat kepada guru
  3. Menyenangkan dan tidak menyakiti perasaan / hati orang/siswa lain.
  4. Bertanya kepada guru bila ada sesuatu yang belum beliau mengerti dengan cara baik
  5. Menghindari pertanyaan-pertanyaan yang tidak ada faedahnya, sekedar mengolok-olok atau yang dilatarbelakangi oleh niat yang buruk
  6. Berpakaian rapi dan bersih
  7. Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan.
  8. Datang lebih awal (tidak terlambat)
  9. Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR)
  10. Mengerjakan soal latihan ke depan (papan tulis)
  11. Membuang sampah pada tempatnya.
  12. Menolong orang lain yang sedang dalam kesulitan/kesusahan.
  13. Aktif bertanya di dalam proses pembelajaran
  14. Berdo’a di awal dan final pembelajaran
  15. Masuk sempurna waktu
  16. Mengumpulkan kiprah sempurna waktu
  17. Memakai seragam sesuai tata tertib
  18. Mengerjakan kiprah yang diberikan
  19. Tertib dalam mengikuti pembelajaran
  20. Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
  21. Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
  22. Membawa buku teks mata pelajaran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel